📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

5 Faktor Penyebab Blower AC Belakang Avanza Mati

Faktor Penyebab Blower AC Belakang Avanza Mati

Blower AC belakang pada Toyota Avanza merupakan salah satu komponen penting pada AC mobil. Fungsinya untuk mengatur aliran udara AC ke bagian belakang sehingga menciptakan suasana yang nyaman bagi penumpang di baris belakang.

Namun, terkadang blower AC belakang Avanza dmati tanpa alasan yang jelas. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab umum mengapa blower AC belakang Avanza bisa mati, serta solusi yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Blower AC Belakang Avanza Mati

Bagian blower AC belakang Avanza mati ini bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, diantaranya sebagai berikut:

  1. Koneksi Listrik yang Longgar

Salah satu penyebab umum blower AC belakang Avanza mati adalah koneksi listrik yang longgar. Blower AC belakang terhubung ke sistem listrik kendaraan melalui kabel-kabel tertentu.

Jika kabel-kabel ini mengalami kendor atau longgar, aliran listrik menjadi terputus, dan blower pun tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kondisi ini sering terjadi akibat getaran dan goncangan selama perjalanan, yang dapat membuat koneksi menjadi kendur dari waktu ke waktu.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa koneksi listrik pada blower AC belakang Avanza secara cermat.

Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada yang kendor. Jika ada kabel yang rusak atau aus, segera ganti dengan kabel yang baru untuk memastikan koneksi yang stabil dan tidak mudah terputus.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pengikat kabel atau klip untuk memastikan kabel tetap terorganisir dan tidak bergerak secara bebas.

  1. Motor Blower Rusak

Motor blower adalah komponen krusial dalam sistem AC kendaraan. Fungsinya adalah menghasilkan aliran udara yang masuk ke dalam kabin melalui blower.

Jika motor blower mengalami kerusakan, maka blower AC belakang Avanza mati dan tidak akan berfungsi sama sekali.

Kerusakan pada motor blower dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk umur pemakaian yang sudah lama, kotoran yang menumpuk di sekitar motor, atau keausan pada bagian-bagian penting motor tersebut.

Untuk mengatasi masalah motor blower yang rusak, penggantian motor blower dengan yang baru akan menjadi solusi terbaik.

Pastikan untuk memilih motor blower yang sesuai dengan model Avanza Anda untuk mendapatkan performa yang optimal.

Selain itu, lakukan pembersihan secara berkala pada motor blower dan area sekitarnya untuk menghindari kotoran yang dapat merusak motor.

Dengan merawat motor blower dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur pemakaian motor tersebut dan mencegah masalah blower AC belakang Avanza mati.

  1. Resistor Blower Bermasalah

Resistor blower berfungsi untuk mengatur kecepatan blower pada berbagai tingkat. Jika resistor mengalami masalah, blower AC belakang Avanza mungkin hanya berfungsi pada satu kecepatan atau bahkan blower AC belakang Avanza mati.

Resistor dapat mengalami kerusakan akibat panas berlebih atau komponen yang aus karena pemakaian yang terus menerus.

Ganti resistor blower yang bermasalah dengan yang baru. Pastikan untuk memilih resistor yang sesuai dengan model Avanza Anda untuk mendapatkan performa yang optimal.

Penting untuk memeriksa secara berkala kondisi resistor blower dan membersihkannya dari debu atau kotoran yang dapat mengganggu kinerjanya.

Jika Anda mengabaikan masalah pada resistor, bukan hanya sebabkan blower AC belakang Avanza mati, tetapi juga merusak sistem AC secara keseluruhan.

  1. Blower Kemasukan Debu dan Kotoran

Blower AC belakang Avanza yang kemasukan debu dan kotoran dapat mengalami gangguan dalam kinerjanya. Debu dan kotoran dapat menghambat putaran kipas blower, sehingga mengurangi aliran udara yang dihasilkan.

Hal ini dapat membuat performa blower menjadi kurang optimal, bahkan menyebabkan blower AC belakang Avanza mati.

Untuk mencegah masalah blower AC belakang Avanza mati ini, penting untuk secara rutin memeriksa dan membersihkan blower AC belakang Avanza.

Periksa area di sekitar blower untuk mengidentifikasi adanya debu atau kotoran yang menumpuk. Bersihkan kipas blower dan area di sekitarnya dengan sikat halus atau menggunakan kompresor udara dengan tekanan rendah.

Lakukan pembersihan secara berkala untuk menjaga blower tetap berfungsi dengan baik dan meningkatkan umur pemakaian komponen.

Untuk cuci AC mobil agar blower AC mobil bersih dari kotoran, bawa ke Dokter Mobil bisa jadi rekomendasi tepat untuk Anda coba.

Selain dapatkan harga filter AC mobil yang murah, promo ini juga memberikan Anda layanan cuci AC mobil TANPA BONGKAR.

Sayangnya promo menarik ini bisa Anda dapatkan hanya di hari Minggu hingga Jumat untuk 10 mobil per-hari saja. Jadi pastikan Anda segera pesan sebelum ketinggalan.

Caranya sangat mudah, cukup reservasi melalui WhatsApp dengan cara klik di sini.

  1. Saklar AC Bermasalah

Saklar AC pada Toyota Avanza adalah tombol atau tuas yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan sistem AC pada kendaraan.

Jika saklar AC mengalami masalah, blower AC belakang Avanza mungkin tidak dapat diaktifkan.

Periksa saklar AC dan pastikan tombol atau tuasnya berfungsi dengan baik. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengaktifkan blower, periksa apakah saklar AC mengalami kerusakan atau keausan.

Jika ada masalah, segera ganti dengan saklar AC yang baru. Pastikan juga untuk memeriksa kabel-kabel yang terhubung ke saklar AC, karena koneksi yang longgar juga dapat menyebabkan masalah pada saklar AC.

Untuk beragam penyebab blower AC belakang Avanza mati, percayakan service AC mobil di Dokter Mobil bisa jadi pilihan paling tepat untuk dituju.

Dengan reputasi Dokter Mobil sebagai bengkel spesialis AC mobil sejak 2015, hadir di 28 titik di Indonesia, serta sudah resmi kantongi sertifikasi ISO 9001:2015, membuat kualitas penanganan AC mobilnya tak perlu diragukan.

Anda bisa datangi langsung cabang-cabang Dokter Mobil untuk dapatkan promo terbaik pada service AC mobil Anda, seperti di titik-titik lokasi berikut:

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru