📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

5 Penyebab Magnetic Clutch AC Mobil Berputar Terus yang Wajib Diketahui!

Magnetic clutch adalah salah satu komponen penting dalam sistem penggerak otomatis. Fungsinya adalah menghubungkan dan memutuskan putaran antara mesin dan transmisi pada kendaraan.

Magnetic Clutch Berputar Terus

Namun, terkadang magnetic clutch dapat mengalami masalah di mana ia terus berputar tanpa henti.

Dokter Mobil akan membahas penyebab umum dari masalah tersebut dan memberikan solusi yang mungkin untuk mengatasi permasalahan ini.

Apa itu Magnetic Clutch

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang penyebab magnetic clutch berputar terus, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu magnetic clutch.

Magnetic clutch adalah mekanisme penghubung yang menggunakan medan magnet untuk mengatur perpindahan daya putaran antara mesin dan transmisi pada kendaraan.

Ketika medan magnet diaktifkan, clutch akan menghubungkan poros mesin dengan poros transmisi, memungkinkan tenaga dari mesin untuk dipindahkan ke sistem penggerak kendaraan.

 

 

Atasi Berbagai Masalah AC Mobil Anda

Penyebab Magnetic Clutch Berputar Terus

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum mengapa magnetic clutch bisa berputar terus:

1. Terjadi Kegagalan Kelistrikan

Salah satu penyebab utama magnetic clutch berputar terus adalah terjadinya kegagalan kelistrikan pada sistem pengontrol clutch.

Ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada kabel penghubung, relay yang rusak, atau kegagalan pada saklar pengontrol clutch.

Ketika sistem kelistrikan gagal, medan magnet tidak bisa dikendalikan dengan benar, sehingga clutch tidak dapat diputuskan.

2. Pemanasan Berlebih

Magnetic clutch dapat mengalami pemanasan berlebih akibat beban kerja yang berat atau kondisi lingkungan yang ekstrem.

Pemanasan berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal magnetic clutch, seperti coil atau clutch plate. Ketika komponen internal rusak, clutch tidak akan berfungsi dengan baik dan terus berputar.

3. Gesekan yang Berlebihan

Gesekan yang berlebihan antara clutch plate dan flywheel dapat menyebabkan magnetic clutch tetap terhubung secara terus menerus.

Hal ini biasanya terjadi ketika ada kotoran atau kontaminan lain yang masuk ke dalam sistem clutch.

Gesekan yang berlebihan dapat mengakibatkan ausnya clutch plate atau pengencangan yang tidak memadai, sehingga clutch tidak dapat diputuskan dengan benar.

4. Kerusakan pada Bearing

Bearing yang rusak atau aus juga dapat menjadi penyebab magnetic clutch berputar terus. Bearing yang buruk atau aus akan mengganggu pergerakan clutch plate, sehingga tidak dapat memutuskan putaran dengan baik.

Kerusakan pada bearing ini bisa disebabkan oleh keausan yang normal akibat penggunaan kendaraan dalam jangka waktu yang lama, atau kerusakan akibat kontaminasi atau kecelakaan.

5. Masalah pada Sistem Pengontrol

Terakhir, masalah pada sistem pengontrol clutch juga dapat menyebabkan magnetic clutch berputar terus. Sistem pengontrol yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik akan gagal mengendalikan putaran clutch.

Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada sensor, saklar, atau modul pengontrol clutch. Jika sistem pengontrol tidak bekerja dengan benar, magnetic clutch tidak akan menerima sinyal yang tepat untuk memutuskan putaran.

Solusi untuk Masalah Magnetic Clutch Berputar Terus

Untuk mengatasi masalah magnetic clutch berputar terus, berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba:

1. Periksa kelistrikan

Periksa semua kabel, relay, dan saklar pengontrol pada sistem clutch. Pastikan tidak ada kerusakan pada kabel dan saklar berfungsi dengan baik.

2. Cek suhu

Pastikan magnetic clutch tidak terlalu panas. Jika terjadi pemanasan berlebih, periksa sistem pendingin dan pastikan kondisi lingkungan kendaraan tidak ekstrem.

3. Bersihkan clutch

Periksa apakah ada kotoran atau kontaminan pada clutch plate. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan pembersih yang sesuai untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

4. Periksa bearing

Periksa keadaan bearing pada magnetic clutch. Jika ada kerusakan atau keausan yang signifikan, gantilah dengan bearing yang baru.

5. Periksa sistem pengontrol

Periksa sensor, saklar, dan modul pengontrol clutch. Pastikan tidak ada kerusakan dan semuanya berfungsi dengan baik. Jika diperlukan, gantilah komponen yang rusak.

Baca Juga: Berikut 8 Penyebab Magnet Clutch AC Mobil Rusak yang Wajib Diketahui!

Namun jika Anda masih ragu dengan penyebab magnetic clutch berputar terus yang telah dipaparkan di atas.

Dalam situasi ini, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel terpercaya agar mekanik dapat melakukan perbaikan yang diperlukan.

Tentunya dapat berkonsultasi terkait penyebab magnetic clutch berputar terus, dengan para teknisi atau bengkel yang berpengalaman.

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru