📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Selang AC Mobil Lepas Sendiri, Ini Penyebab dan Solusinya

Selang AC Mobil Lepas Sendiri

Selang AC mobil jadi satu komponen penting pada sistem AC mobil, yakni untuk menyalurkan tekanan freon ke seluruh komponen AC mobil. Sehingga kondisinya perlu dijaga selalu.

Lalu bagaimana jika selang AC mobil lepas? Seringkali masalah ini terjadi tanpa diketahui oleh pengguna mobilnya, mengakibatkan fungsi AC mobil jadi terasa ‘pincang’.

Apa penyebab dari selang AC mobil lepas ini? Bagaimana cara memperbaikinya? Cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Apa yang Menyebabkan Selang AC Mobil Lepas?

Saat selang AC mobil lepas, ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Berikut adalah beberapa faktor tersebut:

  1. Pemasangan yang Tidak Tepat

Salah satu penyebab umum selang AC mobil lepas adalah pemasangan yang tidak tepat.

Saat pemasangan selang AC tidak dilakukan dengan benar pada komponen AC lainnya, seperti kompresor, evaporator, atau kondensor, tekanan freon dalam sistem AC dapat menyebabkan selang terlepas dari sambungannya.

Pemasangan yang buruk atau tidak sesuai prosedur dapat mengakibatkan kebocoran refrigeran dan mengurangi efisiensi pendinginan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pemasangan selang AC dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan terampil.

Mereka akan mengetahui tata letak yang benar, penggunaan klem pengikat yang sesuai, dan melakukan penyegelan yang baik untuk memastikan selang terpasang dengan aman dan kokoh.

  1. Keausan dan Korosi

Selang AC mobil juga dapat mengalami keausan dan korosi seiring berjalannya waktu dan penggunaan.

Faktor-faktor seperti panas yang tinggi, kelembaban, dan paparan bahan kimia dapat menyebabkan selang menjadi rapuh, kaku, atau bahkan berlubang.

Korosi pada sambungan selang juga dapat menyebabkan selang terlepas dari komponen AC.

Untuk mencegah keausan dan korosi, penting untuk melakukan perawatan rutin pada sistem AC mobil Anda. Pastikan untuk membersihkan selang secara berkala dan menjaga kebersihan komponen AC lainnya.

Hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau korosif yang dapat merusak selang. Jika ditemukan tanda-tanda keausan atau kerusakan pada selang, segera ganti dengan yang baru untuk mencegah kebocoran dan masalah yang lebih serius di masa depan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki AC Mobil Sesuai Penyebab Kerusakannya

  1. Getaran yang Berlebihan

Getaran yang berlebihan saat berkendara juga dapat menyebabkan selang AC mobil lepas.

Terutama ketika melintasi jalan berlubang, jalanan bergelombang, atau medan yang tidak rata, getaran tersebut dapat menyebabkan stress pada sambungan selang dan melemahkan daya rekatnya.

Seiring waktu, selang dapat longgar dan akhirnya terlepas dari komponen AC.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan suspensi mobil Anda dalam kondisi yang baik dan sesuai dengan spesifikasi pabrik.

Periksa secara rutin suspensi, per dan baut pengikat, serta sistem pegas untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan baik.

Jika terdapat kebisingan atau getaran yang tidak biasa saat berkendara, segera periksakan ke bengkel untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem AC dan komponen lainnya.

Solusi untuk Selang AC Mobil Lepas

Meski selang AC mobil lepas, bukan berarti hal ini tidak bisa diperbaiki, lho. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa Anda lakukan saat selang AC mobil lepas:

  1. Pemeriksaan dan Pemasangan yang Tepat

Jika Anda mengalami masalah selang AC mobil yang lepas, langkah pertama adalah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap seluruh sistem AC.

Periksa dengan teliti apakah ada kerusakan pada selang, sambungan, atau komponen AC lainnya. Perhatikan apakah ada kebocoran refrigeran atau tanda-tanda keausan pada selang.

Jika ditemukan kerusakan pada selang atau komponen AC lainnya, segera ganti dengan yang baru. Pastikan untuk membeli selang yang sesuai dengan merek dan model mobil Anda.

Selain itu, pastikan pemasangan dilakukan dengan benar oleh teknisi yang berpengalaman dan mengikuti petunjuk pemasangan yang disarankan oleh produsen mobil.

  1. Perawatan dan Pencegahan

Selain memperbaiki masalah yang sudah ada, langkah-langkah perawatan dan pencegahan juga penting untuk mencegah selang AC mobil terlepas di masa depan.

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Bersihkan selang AC secara teratur untuk menghindari penumpukan kotoran dan debu yang dapat merusak selang.

  • Pastikan tidak ada korosi pada sambungan selang. Jika ditemukan korosi, segera bersihkan atau ganti sambungan yang rusak.
  • Perhatikan kondisi klem pengikat selang dan pastikan mereka cukup kuat untuk menjaga selang terhubung dengan baik. Ganti klem yang longgar atau rusak.
  • Hindari paparan panas yang berlebihan pada selang AC, seperti parkir di bawah sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Hal ini dapat merusak selang dan menyebabkannya menjadi lepas atau bocor.
  • Lakukan perawatan berkala pada sistem AC mobil Anda. Bawa mobil ke bengkel yang terpercaya untuk pemeriksaan rutin dan servis AC sesuai dengan rekomendasi produsen mobil.

Salah satu bengkel spesialis AC mobil yang bisa mengatasi berbagai permasalahan AC mobil dengan kualitas terpercaya untuk Anda tuju adalah Dokter Mobil.

Dokter Mobil hadir sebagai ‘ahlinya AC mobil’ dengan menawarkan beberapa keunggulan sebagai poin pembeda dari bengkel lain, seperti:

  • Reputasi tangguh sebagai bengkel spesialis AC mobil sejak 2015.
  • Memiliki 28 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Penggunaan peralatan canggih terkini, SOP sistematis, dan teknisi yang ahli.
  • Mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System.
  • FREE General Checkup hingga di 32 titik.
  • Pengerjaan cepat hingga 2 jam saja.
  • Jaminan garansi di seluruh layanan yang bisa diklaim di seluruh cabang Dokter Mobil.
  • Pionir service AC mobil tanpa bongkar di Indonesia.

Untuk konsultasi hingga lakukan reservasi perbaikan selang AC mobil lepas, Anda bisa hubungi langsung dengan cara klik tombol reservasi di bawah ini!

Hubungi cabang dokter mobil terdekat dibawah ini:

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/