Apakah anda pernah mengalami mesin mobil ngelitik di tengah perjalanan? Stay tune disini ya, aku bakal jabarkan bengkel service, penyebab dan solusinya. Mesin ngelitik atau makna gaulnya knocking adalah suatu suasana dimana mesin mobil mengalami pembakaran yang tidak normal, supaya membuahkan tekanan yang tidak tepat di pas yang seharusnya. Biasanya perihal ini berjalan pada mobil bensin yang punya usia pakai yang cukup lama. Namun, kasus knocking sanggup berjalan pada rentang rpm 1.800-2.200 dan bakal terdengar mengerti pas anda menghimpit pedal gas. Tentu saja, suasana ini kudu langsung diatasi atau bakal menyebabkan kasus yang lebih parah.
Daftar isi
TogglePenyebab Mesin Mobil Ngelitik, Sebelum Mencari Bengkel Service Mesin Mobil Ngelitik
Oktan yang dipakai sangat rendah
Terkadang pengguna mobil tidak cukup mengerti bahwa pemakaian oktan yang sangat rendah tak hanya menyebabkan mesin mobil ngelitik terhitung sanggup menyebabkan mesin lebih cepat panas dan pada kasus ekstrim piston sanggup rusak dan berlubang. Biasanya pada mesin moderen efek ngelitik ini sanggup diakali bersama dengan memajukan pas pengapian, tetapi langkah ini menyebabkan tenaga tidak terlihat maksimal supaya bahan bakar jadi lebih boros.
Solusinya pakai oktan tinggi di atas oktan 91 terlebih untuk mobil bersama dengan mengolah 5 th. terakhir. Hal ini dikarenakan mesin bersama dengan mengolah 5 th. terakhir di desain untuk membuahkan performa maksimal tetapi senantiasa hemat bahan bakar. Sehingga perlu bahan bakar dan pelumas yang sesuai.
Saringan Bahan Bakar Kotor
Memang perihal ini terlihat sepele tetapi sanggup jadi akibat saringan bahan bakar atau pompa bensin kotor sanggup menyebabkan mesin mobil ngelitik. Kondisi saringan yang kotor sanggup menyebabkan bahan bakar yang masuk ke mesin jadi tidak bersih prima supaya untuk pemakaian di dalam jangka yang cukup lama sanggup mengganggu kenyamanan anda pas berkendara.
Solusinya, langsung tukar saringan bahan bakar bersama dengan yang baru supaya suasana bahan bakar senantiasa terjaga dan bersih berasal dari zat-zat lain yang sanggup mengganggu pembakaran. Selain itu, anda terhitung kudu mengerti bagaimana langkah merawat tangki bahan bakar mobil anda. Beberapa diantaranya adalah melakukan pengurasan tangki bahan bakar secara berkala terlebih bagi mobil yang sudah cukup tua.
Hal ini dikarenakan di di dalam tangki bahan bakar sudah ada pengendapan kotoran baik berasal dari bahan bakar itu sendiri ataupun debu yang masuk. Proses kuras tangki kebanyakan memakan pas kurang lebih 2-2,5 jam. Metode kuras dan biayanya tergantung pada style mobil. Untuk mobil kelas LCGC layaknya sedan dan low mpv biayanya dibanderol bersama dengan harga Rp. 250.000,- hingga Rp. 500.000,-. Sedangkan untuk mobil kelas mewah dibanderol bersama dengan harga rata-rata Rp. 1.000.000,- sanpai Rp. 2.500.000,-.
Hal ke dua yang sanggup anda melakukan untuk merawat tangki bahan bakar adalah pakai bahan bakar begitu banyak ragam tetapi senantiasa bersama dengan bahan bakar beroktan diatas 91. Kemudian yang ketiga, pastikan mesin mobil dipanaskan atau dihidupkan jika mobil tidak digunakan di dalam jangka pas yang lama dan langkah terakhir melakukan servis secara berkala ke bengkel resmi pabrikan.
Busi fail atau mati
Busi merupakan komponen penting yang bermanfaat untuk membakar bahan bakar yang sudah dikompresi oleh piston. Seperti komponen mobil yang lain, busi terhitung punya batas usia pemakaian. Biasanya pada pemakaian normal busi punya usia hingga 20.000 kilometer. Gejala yang sanggup anda rasakan jika salah satu busi mati atau fail adalah mesin yang merasa pincang atau putaran mesin yang berputar merasa tidak sesuai tak hanya itu, mesin mobil ngelitik atau getaran pada mesin lebih kasar daripada biasanya.
Solusinya, langsung tukar busi jika anda sudah merasakan tanda-tanda ini dan disarankan untuk mengganti ke dua busi, walaupun yang mati atau fail hanya satu saja. Hal ini supaya tenaga jadi sembuh kembali.
Filter Udara Kotor
Filter udara yang kotor dan tidak sering dibersihkan terhitung sanggup jadi biang keladi mesin mobil ngelitik. Filter udara yang kotor menyebabkan suplai udara jadi terhambat supaya kotoran atau debu yang masuk ke ruang bakar mencegah proses pembakaran. Hal ini tentu saja bakal menyebabkan mengkonsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Sehingga pengemudi seringkali menginjak pedal gas lebih di dalam untuk meningkatkan kecepatan.
Solusinya, cek sendiri suasana filter udara pas tengah tidak ada pekerjaan. Kemudian jika dirasa filter udara sudah cukup kotor anda sanggup melakukan 2 cara.
Cara pertama adalah bersama dengan mencucinya. Ambil filter udara anda, kemudian siapkan larutan air yang dicampur bersama dengan sabun atau sampo mobil bersama dengan keseluruhan rasio air kudu lebih banyak daripada rasio sampo. Sebelum anda memasukkan filter udara ke di dalam larutan ada baiknya anda merontokkan debu halus bersama dengan langkah mencucinya atau merendam di air bersih kemudian dikibaskan. Jika debu halus sudah lepas saatnya anda memasukkan filter ke di dalam larutan lalu tunggu sepanjang tidak cukup lebih 2 menit, angkat filter gosok bersama dengan sikat gigi berbulu lembut dan jangan pakai sikat kawat ya.
Setelah kotoran lepas bilas bersama dengan air mengalir atau air di ember. Lakukan langkah ini hingga dirasa filter bersih. Kemudian bilas sekali lagi bersama dengan air mengalir. Setelah itu filter kudu dianginkan atau jika anda punya kompresor di rumah, anda sanggup memakainya. Ingat ya, filter tidak boleh dijemur di bawah terik matahari.
Cara ke dua adalah bersama dengan menggantinya. Biasanya anjuran yang diberikan untuk mengganti filter udara tiap-tiap 20.000 km jika sering digunakan pada jalanan berdebu layaknya sering lewat tempat proyek, tukar filter udara tiap-tiap 40.000 km jika mobil berada di tempat perkotaan dang anti filter udara tiap-tiap 30.000 km pada mobil bertenaga solar atau diesel.
Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) Rusak
Biasanya sensor ini terkandung pada mobil-mobil bersama dengan proses injeksi elektronik atau disebut terhitung Electronic Fuel Injector (EFI). Sistem injeksi ini pakai sensor yang bermanfaat sebagai isyarat input ECU (Electronic Control Unit) yakni pusat otak yang sesuaikan semua jalannya proses yang ada di mobil-mobil canggih. Salah satu sensor yang ada pada kendaraan canggih ini adalah sensor MAP.
Sensor MAP ini bermanfaat untuk mengukur kuantitas udara yang masuk berdasarkan bersama dengan tekanan di intake manifold. ECU bakal pakai informasi berasal dari sensor MAP untuk sesuaikan kuantitas bahan bakar yang bakal diinjeksi supaya performa mesin senantiasa optimal dan mengkonsumsi BBM jadi efisien. Jika, sensor MAP ini hingga rusak kebanyakan tanda-tanda yang ditimbulkan adalah pas di gas akselerasi mobil jadi lambat supaya emisi gas membuang jadi lebih banyak. Kemudian mesin mobil ngelitik hingga lampu cek engine di dashboard mobil menyala.
Memang sensor MAP tidak menyebabkan kasus yang cukup serius. Namun, pembakaran bahan bakar bakal jadi tidak cukup efektif dikarenakan mesin anda memperoleh sangat banyak bahan bakar atau udara supaya BBM jadi lebih boros daripada biasanya.
Solusinya, anda kudu mempunyai mobil anda ke bengkel resmi terdekat dan nyatakan kasus anda. Harganya sensor MAP sendiri di E-Commerce begitu banyak ragam merasa berasal dari Rp. 350.000,- hingga Rp. 400.000,-.
Rekomendasi Bengkel Service Mesin Mobil Ngelitik
Jika Anda bingung karena bengkel service mesin mobil ngelitik dari tempat tinggal Anda tidak memiliki kriteria tersebut, mudah saja, Anda bisa langsung datang ke bengkel Dokter Mobil. Bengkel Dokter Mobil sudah terpercaya sejak dulu yang menangani berbagai permintaan servis. Mulai dari servis AC tanpa bongkar, penggantian oli mesin, tune up mesin karburator, mesin injeksi, mesin diesel hingga mengatasi mesin mobil ngelitik. Bengkel Dokter Mobil sudah memiliki cabang di beberapa kota besar di Indonesia, mulai dari Tangerang, Makassar, Jakarta hingga Surabaya.
Baca Juga : Mobil Injeksi Ndut Ndutan
Itulah tadi, sebagian penyebab mesin mobil ngelitik dan solusinya. Semoga artikel ini sanggup jadi tambahan informasi bagi sobat otomotif semuanya. Jadi jangan sepelekan jika mesin mobil ngelitik lagi ya, jangan hingga kasus sepele jadi runyam dikarenakan anda menunda pas yang seharusnya anda pakai untuk melakukan perbaikan mesin mobil yang ngelitik. Salam.