📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Tips! Cara Mengatasi dan Penyebab Suara AC Mobil Kamu Mendesis

suara ac mobil mendesis

Doktermobil.co.id Kali ini akan menjelaskan penyebab suara AC mobil mendesis yang perlu Kamu ketahui nih. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

Apakah Kamu pernah mengalami momen di mana Kamu menikmati perjalanan dengan AC mobil yang nyaman, namun tiba-tiba suara mendesis mengganggu ketenangan?

Suara AC Mobil Mendesis

Suara AC mobil yang mendesis mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya bisa menjadi pertanda adanya masalah pada sistem pendinginan kendaraan Kamu.

Kali ini akan membawa Kamu memahami lebih dalam mengenai suara AC mobil yang mendesis, apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasi masalah ini.

Mengapa AC Mobil Mengeluarkan Suara Mendesis

AC mobil sering mengeluarkan suara mendesis karena beberapa akibat hal ini sering terjadi.

  1. Perlu Diketahui, AC Mobil Bekerja seperti Kulkas

Untuk memahami mengapa AC mobil mengeluarkan suara mendesis, mari kita analogikan dengan kulkas di rumah kita. Kulkas bekerja dengan mengatur suhu dalam ruang tertutup.

Sama halnya dengan AC mobil, sistemnya beroperasi untuk menjaga suhu di dalam kabin kendaraan agar tetap nyaman.

  1. Kompresor dan Peran Vitalnya dalam Sistem AC

Suara mendesis pada AC mobil sering kali berasal dari kompresor. Kompresor adalah jantung dari sistem pendinginan ini.

Ketika suara mendesis muncul, bisa jadi terdapat tekanan yang tidak seimbang dalam kompresor, atau mungkin terdapat kebocoran yang mengganggu aliran pendingin.

Penyebab Suara AC Mobil Mendesis

Suara mendesis pada AC mobil dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa penyebab umum suara AC mobil mendesis meliputi:

  1. Kebocoran Refrigeran, Musuh Utama Sistem AC

Salah satu penyebab umum suara AC mobil mendesis adalah kebocoran refrigeran. Refrigeran adalah cairan yang berperan dalam menyerap panas dan mendinginkan udara.

Jika terdapat kebocoran pada sistem, tekanan refrigeran bisa terganggu dan menghasilkan suara mendesis.

  1. Kondensor Kotor, Gangguan Kesejukan yang Tak Terlihat

Kondensor berfungsi untuk mendinginkan refrigeran yang telah dipanaskan oleh kompresor. Jika kondensor kotor atau terblokir oleh kotoran dan debris, kinerjanya terganggu dan suara mendesis pun bisa muncul.

  1. Pendingin atau Kipas yang Bermasalah

Sistem AC menggunakan kipas untuk menghembuskan udara dingin ke dalam kabin. Jika kipas mengalami kerusakan atau terdapat hambatan pada aliran udara, suara mendesis bisa menjadi akibatnya.

Cara Mengatasi Suara Mendesis pada AC Mobil

Suara mendesis pada AC mobil dapat disebabkan oleh beberapa faktor, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Kamu coba untuk mengatasinya:

  1. Segera Periksakan ke Bengkel Resmi

Jika Kamu mengalami suara mendesis yang mencurigakan, langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah segera periksakan kendaraan Kamu ke bengkel resmi.

Para teknisi yang berpengalaman akan dapat mengidentifikasi masalah dengan tepat.

  1. Lakukan Pembersihan Kondensor dan Kipas Secara Rutin

Memastikan kondensor dan kipas tetap bersih dari kotoran sangat penting. Kamu bisa melakukan pembersihan rutin untuk menghindari terjadinya masalah yang mengakibatkan suara mendesis.

  1. Periksa Sistem Refrigeran dan Lakukan Pengisian Ulang Jika Perlu

Pastikan tidak terdapat kebocoran pada sistem refrigeran. Jika ditemukan kebocoran, segera lakukan perbaikan dan pengisian ulang refrigeran.

Baca Juga: 8 Masalah AC Mobil Double Blower Honda Mobilio yang Sering Terjadi

Service AC Mobil Secara Berkala di Dokter Mobil

Bingung cari bengkel spesialis AC mobil untuk percayakan perawatan dan permasalahan AC mobil Kamu terkait suara AC mobil mendesis?

Bengkel Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur bisa jadi pilihan tepat untuk Kamu tuju dan cari!

Tentunya dapat berkonsultasi terkait suara AC mobil mendesis dengan para teknisi yang berpengalaman.

Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan solusi yang tepat, untuk memperbaiki masalah suara AC mobil mendesis.

Kualitas dan kredibilitas Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam menangani berbagai masalah perawatan dan perbaikan suara AC mobil mendesis.

Berkat penggunaan peralatan canggih dan terkini serta ditangani langsung oleh teknisi AC mobil yang sudah sangat ahli.

Sehingga pelayanan seputar AC mobil begitu banyak dipercayakan oleh pengguna mobil di Indonesia, termasuk soal permasalahan suara AC mobil mendesis.

Semakin terjamin kualitasnya, layanan service AC di Dokter Mobil Kelapa Gading sudah sesuai standar internasional dengan mengantongi ISO 9001:2015 Quality Management System.

Membuktikan bahwa setiap layanan yang diberikan oleh Dokter Mobil Kelapa Gading memang sudah terjamin mutunya.

Ditambah kualitas layanan Service AC mobil sudah banyak direkomendasikan dengan kredibilitas kuat sejak tahun 2015 dan kini Dokter Mobil sudah tersebar di 28 titik daerah di Indonesia.

Langsung saja kunjungi Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam perbaiki masalah AC mobil Kamu, terkait suara AC mobil mendesis.

Berikut adalah titik-titik lokasi bengkel Dokter Mobil spesialis AC mobil yang bisa dengan mudah Kamu tuju:

Hubungi cabang dokter mobil terdekat dibawah ini:

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi