tips merawat ac mobil
tips merawat ac mobil

Tips Merawat AC Mobil Agar Selalu Dingin- AC Mobil adalah salah satu komponen utama yang sangat berkontribusi dalam memberikan kenyamanan saat berkendara. Bagi sebagian orang, melakukan perawatan AC Mobil agar tetap dingin menjadi hal yang wajib sehingga suhu dingin yang dihasilkan oleh AC mobil menjadi lebih maksimal.

Berikut ini adalah Tips merawat AC Mobil agar selalu dingin dari Om Domo :

1. Kebersihan Mobil

Salah satu faktor yang mempengaruhi udara didalam mobil adalah tingkat kebersihan mobil. Untuk itu selalu jaga kebersihan didalam mobil terutama karpet mobil yang ada di bagian depan. Usahakan karpet mobil tersebut selalu dibersihkan sebelum AC Mobil dihidupkan. Hal ini bertujuan mengurangi kotoran atau bau yang tertinggal pada karpet tidak akan terhisap oleh evaporator yang dapat menimbulkan tumbuhnya jamur.

2. Pastikan kondensor AC disemprot dengan air yang kencang

Pada saat anda mencuci mobil, pastikan kondensor AC disemprot dengan air yang kencang. sehingga setiap kotoran yang melekat akan rontok dengan sendirinya. Jika kotoran yang melekat pada kondensor AC tidak dibersihkan, maka akan membuat korosi pada konsensor AC.

3. Pilihlah tempat parkir yang teduh atau rindang sehingga mobil tidak terpapar sinar matahari langsung

Saat anda melakukan bepergian dan memarkirkan kendaraan anda, maka pilihlah tempat parkir yang teduh atau rindang sehingga mobil tidak terpapar sinar matahari langsung. Karena jika mobil diparkir di tempat yang panas, maka mobil akan berada pada suhu yang tinggi, sehingga pada saat AC Mobil dihidupkan, maka mesin pendingin akan memiliki kerja yang lebih berat dalam mendinginkan suhu didalam mobil.

4. Patikan AC mati ketika mesin mobil juga dimatikan

Hal yang paling sering dilupakan dalam Tips merawat AC Mobil agar selalu dingin adalah, selalu mematikan AC Mobil terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil dan juga sebaliknya, sebelum menghidupkan mesin mobil, pastikan AC Mobil sudah dalam keadaan mati.

5. Hindari pengharum ruangan yang berlebihan yang mengandung alkohol

Hindari pemakaian pengharum mobil yang berlebihan dengan merk tidak jelas sehingga tidak akan menghasilkan residu bau yang tidak jelas didalam mobil. Selain itu hindari juga pengharum ruangan dengan model colok ke grill, karena jika patah maka akan sulit dicari penggantinya.

6. Lakukan perawatan dengan gunakan pembersih khusus

Lakukan perawatan AC Mobil sendiri seperti membersihkan kerak, karat, debu, kotoran, minyak oil pada coil, sirip-sirio AC dengan mengggunakan pembersih yang kuat serta diformulasikan khusus untuk membersihkan bagian-bagian AC Mobil.

7. Cek suhu AC mobil

Selalu cek suhu yang keluar dari AC Mobil anda, apakah masih dingin seperti mesin baru atau dinginnya sudah berkurang. Jika suhu AC Mobil tidak sedingin dulu ada baiknya anda memeriksakan AC Mobil anda ke bengkel kesayangan anda sehingga jika ada kerusakan, anda tidak akan keluar uang lebih banyak karena kerusakan tersebut sudah diketahui di awal. Selain itu, melakukan pengecekan AC Mobil di doktermobil sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis, sehingga anda dapat lega jika AC mobil anda diperiksakan dan tidak ada masalah yang berarti.

8. Hindari menurunkan temperatur AC mobil saat melaju kencang

Tips Merawat AC Mobil yang terakhir adalah jangan menurunkan temperature AC Mobil ke suhu paling rendah saat kendaraan anda melaju kencang.

Begitulah Tips Merawat AC Mobil yang bisa Om Domo berikan semoga bermanfaat bagi anda. Selain itu, selalu lakukan perawatan rutin AC Mobil minimal setahun sekali agar komponen-komponen AC Mobil anda memiliki umur yang lebih lama dan udara yang akan dikeluarkan juga menjadi lebih segar.

Dokter Mobil :
Jalan Boulevard Raya Blok QJ1 No.17
Kelapa Gading – Telp (021) 2245 4429
Phone / WA – Chelsea : 087787133366
Felice : 087787133350
Aurell : 087880884576

Leave a Reply

Your email address will not be published.