📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

8 Tips Perawatan Rutin Freon AC Mobil: Agar Nyetir Nyaman Selalu!

Tips Perawatan Rutin Freon AC Mobil

AC mobil merupakan salah satu komponen penting yang menjamin kenyamanan saat berkendara, terutama pada musim panas yang panas dan lembap. Freon AC mobil berperan sebagai zat pendingin utama dalam sistem AC, yang membantu mendinginkan udara di dalam kabin. Namun, seiring waktu, freon bisa mengalami kebocoran atau berkurang jumlahnya. Inilah mengapa perawatan rutin freon AC mobil sangatlah penting.

Agar Anda bisa lebih ‘aware’ dan bisa terhindar dari permasalahan di freon AC mobil, artikel ini akan membahas beberapa tips perawatan rutin freon AC mobil yang bisa Anda perhatikan dan Anda lakukan. Mari disimak!

Langkah-langkah Perawatan Rutin Freon AC Mobil

Perawatan rutin freon AC mobil penting untuk dilakukan karena freon AC mobil ibarat ‘darah di tubuh manusia’. Keberadaan freon AC mobil sangat berguna agar AC mobil bisa terus menghembuskan udara sejuk demi kenyamanan para pengguna mobil saat berkendara. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah atau tahapan perawatan rutin freon AC mobil yang bisa Anda lakukan agar kondisi AC mobil selalu prima:

1. Cek secara Teratur

Cek secara teratur jumlah freon yang ada pada AC mobil Anda. Anda bisa mengunjungi bengkel terpercaya atau teknisi AC mobil untuk melakukan pengecekan ini. Biasanya, pengecekan freon dilakukan dengan menggunakan alat pengukur tekanan dan kandungan freon dalam sistem. Jika freon berkurang, Anda perlu melakukan pengisian ulang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

2. Hindari Overcooling

Meskipun AC mobil memberikan kesejukan yang menyegarkan, hindari penggunaan AC pada suhu terlalu rendah atau dalam mode overcooling yang berlebihan. Penggunaan AC dengan suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan tekanan freon tidak stabil dan mempercepat kebocoran freon. Pastikan Anda menggunakan suhu yang nyaman, sejuk, dan sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.

3. Gunakan AC Mobil secara Rutin

Gunakan AC mobil secara rutin, bahkan saat cuaca tidak terlalu panas. Penggunaan AC secara teratur membantu menjaga sirkulasi freon dalam sistem AC mobil. Jika AC mobil jarang digunakan, freon bisa berada dalam keadaan tidak terdistribusi dengan baik, yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kebocoran. Sebaiknya, hidupkan AC mobil minimal selama 10-15 menit setiap minggu untuk menjaga kestabilan freon.

4. Jaga Kebersihan Filter Udara

Pastikan Anda membersihkan atau mengganti filter udara AC mobil secara berkala. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat sirkulasi freon dan mempengaruhi kinerja AC mobil secara keseluruhan. Periksa petunjuk penggunaan kendaraan Anda untuk mengetahui frekuensi pembersihan atau penggantian filter udara yang disarankan.

5. Periksa Kebocoran secara Berkala

Lakukan pemeriksaan kebocoran freon secara berkala. Kebocoran freon dapat terjadi pada pipa atau konektor yang menghubungkan sistem AC mobil. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi AC mobil yang berpengalaman. Jika terdapat kebocoran, segera perbaiki dan lakukan pengisian ulang freon sesuai dengan instruksi pabrikan.

Baca Juga: 4 Penyebab Kondensor AC Mobil Bocor

6. Jaga Kondisi Sistem Pendingin

Selain perawatan rutin pada freon, pastikan Anda juga menjaga kondisi sistem pendingin lainnya, seperti kompresor AC, kipas, dan kondensor. Periksa secara berkala keadaan komponen-komponen tersebut dan pastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran yang dapat mempengaruhi kinerja freon dan sistem AC secara keseluruhan.

7. Hindari Paparan Suhu Ekstrem

Hindari memarkir mobil Anda di tempat yang terlalu panas atau terik sinar matahari langsung. Suhu yang ekstrem dapat mempengaruhi kinerja freon dan sistem AC secara negatif. Usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh atau gunakan sunshade saat tidak digunakan untuk mengurangi paparan panas langsung pada kabin mobil.

8. Simpan Catatan Perawatan

Selalu simpan catatan perawatan rutin freon AC mobil Anda. Catat tanggal pengisian ulang freon terakhir, tanggal pemeriksaan kebocoran, dan perawatan lainnya yang telah dilakukan. Dengan memiliki catatan yang lengkap, Anda dapat melacak dan memantau kondisi freon serta memastikan bahwa perawatan rutin dilakukan secara teratur.

Perawatan Rutin Freon AC Mobil Toyota Alphard hingga Toyota Agya, di Dokter Mobil Aja!

Perawatan rutin freon AC mobil sangat penting untuk menjaga kinerja AC tetap optimal dan memberikan kesejukan yang nyaman saat Anda berkendara. Pastikan juga untuk memilih bengkel spesialis AC mobik yang tepat agar perawatan rutin freon AC mobil bisa dilakukan dengan cermat.

Nah, salah satu bengkel spesialis AC mobil dengan kualitas dan kredibilitas terbaik yang bisa Anda tuju untuk perawatan rutin freon AC mobil terpercaya adalah Dokter Mobil.

Sebagai salah satu bengkel spesialis AC mobil terkemuka di Indonesia, adanya teknisi yang ahli, peralatan canggih berteknologi tinggi, serta SOP yang sistematis, membuat penanganan seputar permasalahan AC mobil di Dokter Mobil begitu terpercaya kualitasnya. Untuk menegaskan akan kualitasnya, bahkan service AC mobil di Dokter Mobil juga disertai dengan masa garansi yang bisa Anda klaim di seluruh cabang Dokter Mobil di Indonesia.

Bahkan Dokter Mobil juga sudah resmi mengantongi sertifikasi ISO 9001:2015 Quality Management System, semakin meyakinkan Anda untuk tak perlu ragu akan kualitas layanan dari penanganan AC mobil di Dokter Mobil ini.

Tertarik coba langsung layanan service AC mobil di Dokter Mobil untuk perawatan rutin freon AC mobil Anda? Beberapa titik lokasi cabang Dokter Mobil ini bisa Anda tuju untuk langsung dapatkan penanganan:

  1. Dokter Mobil Kelapa Gading
    Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

  1. Dokter Mobil Kelapa Gading 2
    Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

  1. Dokter Mobil Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Khusus di tiga cabang ini kini sedang berlaku promo khusus untuk service AC mobil hingga isi freon AC mobil, lho! Sayangnya promo bersifat terbatas. Maka dari itu pastikan untuk segera reservasi untuk bisa dapatkan biaya service AC hingga isi freon AC mobil dengan harga yang kompetitif.

Proses reservasinya pun sangat mudah, Anda cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp di 0877-7760-0371 (atau hubungi di sini).

Karena apapun masalah AC mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi