📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

AC Mobil Berisik dan Ganggu, Inilah Penyebab dan Solusinya

AC Mobil Berisik dan Ganggu

Masalah AC mobil berisik sering mengganggu kenyamanan Anda selama berkendara? Berarti artikel ini adalah jawaban yang tepat untuk Anda!

Di tengah cuaca panas yang melanda, kinerja AC mobil memiliki peranan penting dalam menjaga kenyamanan Anda saat mengemudi.

Meskipun menjadi alat yang sangat diperlukan, AC mobil terkadang dapat mengeluarkan suara berisik yang tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem AC.

Artikel ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai berbagai penyebab AC mobil berisik dan solusi-solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Umum AC Mobil Berisik

Masalah AC mobil berisik biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut:

  1. Kipas AC yang Aus

Kipas AC berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dalam mobil dan membantu proses pendinginan.

Namun, seiring berjalannya waktu, baling-baling pada kipas dapat mengalami keausan karena paparan debu, kotoran, dan suhu ekstrem.

Akibatnya, kipas menjadi tidak seimbang dan menghasilkan suara berisik ketika berputar. Suara ini dapat berkisar dari desingan halus hingga gemuruh yang mengganggu.

Jika Anda mengalami masalah ini, solusinya adalah mengganti baling-baling kipas yang aus dengan yang baru.

  1. Kompressor AC Rusak

Kompressor AC adalah komponen utama dalam sistem pendinginan mobil. Fungsinya adalah mengkompres gas refrigeran menjadi cairan untuk menjaga suhu udara dalam mobil tetap dingin.

Kerusakan pada kompressor dapat mengakibatkan suara berisik yang mencolok. Desingan atau gemuruh yang terdengar saat AC dinyalakan adalah indikasi umum dari kompressor yang rusak.

Penyebab kerusakan bisa bervariasi, mulai dari tekanan yang tidak seimbang hingga keausan mekanikal. Jika terjadi masalah pada kompressor, segera gantilah dengan yang baru untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

  1. Pipa AC Bergesekan

Sistem AC mobil terdiri dari berbagai pipa dan saluran yang mengalirkan refrigeran ke berbagai komponen.

Saat mobil bergerak, getaran dan pergerakan bisa menyebabkan pipa-pipa ini bersentuhan satu sama lain atau dengan komponen lain.

Gesekan ini dapat menghasilkan suara berisik yang mengganggu. Suara tersebut bisa bervariasi dari gemuruh hingga desingan, tergantung pada jenis gesekan yang terjadi.

Solusi sederhana untuk masalah ini adalah memasang pelindung pipa atau material isolasi pada area yang berpotensi bergesekan.

Tindakan ini akan membantu mengurangi suara dan kerusakan akibat gesekan berkepanjangan.

  1. Kualitas Freon Rendah

Freon adalah substansi yang penting untuk pengoperasian sistem pendinginan AC. Kualitas dan kuantitas refrigeran yang tepat adalah kunci untuk menjaga suhu udara dalam mobil tetap sejuk.

Jika kualitas freon rendah, sistem AC harus bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan. Hal ini bisa menghasilkan suara berisik akibat beban kerja yang berlebihan.

Pastikan Anda selalu menggunakan freon berkualitas dan secara teratur memeriksa serta mengisi ulang jika diperlukan.

Baca Juga: Cara Membedakan Freon Asli dan Palsu AC Mobil

Solusi Praktis untuk Mengatasi AC Mobil Berisik

Masalah AC mobil berisik ini memang terjadi karena beberapa faktor. Oleh karena itu solusinya pun ada beberapa cara, diantaranya sebagai berikut:

  1. Perawatan Rutin

Merawat sistem AC mobil secara teratur adalah kunci untuk menjaga kinerja yang optimal dan mencegah suara berisik.

Lakukan pembersihan terhadap komponen-komponen utama seperti kipas, kompressor, dan kondensor. Bersihkan debu, kotoran, dan kotoran lain yang dapat mengganggu kinerja.

Periksa juga level refrigeran dan pastikan tidak ada kebocoran yang dapat memengaruhi kinerja AC.

  1. Penggantian Komponen Rusak

Jika Anda mendengar suara AC mobil berisik, jangan ragu untuk memeriksakan mobil ke bengkel yang kompeten.

Jika komponen seperti kompressor, baling-baling kipas, atau pipa-pipa mengalami kerusakan, segera gantilah dengan yang baru.

Mengabaikan masalah ini dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada sistem AC dan bahkan mobil secara keseluruhan.

  1. Pemilihan Freon yang Tepat

Pastikan Anda selalu menggunakan refrigeran yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda.

Freon yang sesuai akan membantu menjaga kinerja AC dalam suhu yang optimal dan mengurangi kemungkinan suara berisik akibat tekanan yang tidak seimbang.

Selalu periksa level freon dan isi ulang jika diperlukan sesuai panduan.

Jika ingin atasi masalah AC mobil berisik dengan kualitas penanganan yang dijamin terpercaya, bawa ke Dokter Mobil adalah solusi paling recommended untuk Anda pertimbangkan.

Dokter Mobil sudah dikenal kredibilitasnya sebagai bengkel spesialis AC mobil sejak 2015 dengan hadir di 28 titik lokasi yang tersebar di Indonesia.

Layanan service AC mobil di Dokter Mobil juga merupakan pionir service dan cuci AC mobil tanpa bongkar di Indonesia sekaligus pionir bengkel mobil bersertifikasi ISO 9001:2015 di Indonesia.

Jadi soal kualitas, jelas tak perlu diragukan.

Bahkan di momen-momen tertentu, Anda bisa dapatkan promo untuk service AC mobil yang lebih murah, lho!

Tertarik untuk coba atasi masalah AC mobil berisik dengan service AC mobil yang berkualitas di Dokter Mobil?

Anda bisa langsung hubungi cabang-cabang Dokter Mobil terkait atau langsung kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil tersebut di:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Kontak Reservasi Live Call

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250
Kontak Reservasi Live Call

Dokter Mobil Lontar
Lokasi Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216
Kontak Reservasi Live Call

Karena apapun masalah AC mobilnya, di Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/