ac mobil grand livina panas

Ketahui Sebab Ac Mobil Grand Livina Panas Berikut Dengan Baik

Pada tahun 2007, Nissan Grand Livina mengaspal untuk pertama kalinya di Indonesia. Sudah satu dekade lebih usia dari Grand Livina ini, dan belum menambah generasi. Padahal kendaraan rival sudah banyak berubah. Bahkan dari kompetitor-kompetitor lain banyak menawarkan fitur modern. Small MPV (Multi-Purpose Vehicle) andalan Nissan ini tetap mengalami penyegaran. Pertama kali diluncurkan, kendaraan ini dihadirkan sebagai alternatif Avanza-Xenia. Untuk eksterior dari Grand Livina ini mengusung konsep serupa dengan station wagon atau sedan tanpa buntut. Yang mana memiliki dimensi panjang.

Sehingga dianggap sebagai small MPV ternyaman untuk penumpang dan pengendara sampai sekarang ini. Pada bagian kemudi pun terasa mantap dibandingkan dengan MPV lain yang mempunyai ground clearance lebih tinggi. Hal ini dikarenakan Nissan menerapkan suspensi berkualitas. Bagian kabin didukung dengan fitur hiburan terbaik sehingga membuat nyaman para penumpangnya. Dan hanya Grand Livina saja yang dengan berani memberikan roof monitor secara gratis untuk varian tertinggi.

Interior Grand Livina untuk bagian jok dan lingkar kemudi ini berlapis kulit. Selain itu juga memiliki kursi baris ketiga yang bisa dilipat sehingga bisa digunakan untuk meletakkan barang-barang lain. Grand Livina ini pun mempunyai banyak ruang untuk menyimpan di kabin. Salah satunya adalah arm rest pada bagian kursi tengah dengan dua lubang untuk cup holder.

Ketahui Sebab AC Mobil Grand Livina Panas

Tentunya hampir semua kendaraan mobil memiliki AC. Karena AC sendiri merupakan salah satu hal penting, ini karena berfungsi tidak hanya mendinginkan suhu di dalam kabin mobil saja. Tetapi juga untuk mengatur kelembaban, memurnikan udara sampai mengatur sirkulasi udara di dalam mobil. Ketika ac mobil grand livina panas pastinya tidak akan terasa nyaman, juga tidak betah saat mengemudi. Ac sendiri mempunyai banyak komponen di dalamnya, yang mana bekerja dalam sebuah sistem.

Jadi jika sistem kinerja tersebut tidak baik, maka akan terjadi masalah. Komponen tersebut diantaranya ada kompresor, kipas kondensor, kondensor, blower dan masih banyak lainnya. Ketika suhu di dalam kabin tidak dingin padahal ac sudah dalam kondisi menyala. Maka terjadi masalah dengan komponen-komponen tersebut, bisa karena rusak atau memang terjadi masalah kecil. Misalnya saat radiator dan kabin filter kotor karena debu menumpuk. Hal tersebut bisa menyebabkan ac mobil grand livina panas.

Sehingga anda sebagai pemilik mobil harus bisa membersihkan kabin filter sekurang-kurangnya satu bulan sekali. Kondisi tersebut jika anda sering menggunakan mobil untuk berbagai kebutuhan. Lain hal jika anda tidak sering pergi menggunakan mobil. Pembersihan filter AC mobil ini bisa dilakukan 2 bulan sekali. Apabila perawatan ac mobil bisa intensif, maka bisa terhindar dari ac mobil grand livina panas.

ac mobil grand livina panas

Jika anda penasaran apa saja yang bisa membuat ac mobil grand livina panas. Simak beberapa hal dibawah ini dengan baik.

  1. Magnetic clutch

Magnetic clutch bermasalah ditandai ac berjalan baik di awal, tetapi saat dijalan padat atau macet maka ac akan panas. Dan ketika di jalanan yang lenggang atau sudah mulai lancar, maka ac akan dingin kembali.

  1. Fan radiator atau cooling fan ac mati

Ketika cooling fan atau extra fan mati, hal ini membuat pembuangan panas tidak sempurna di kondensor. Juga tekanan pada kondensor kepanasan dan terjadi overheating. Dan hal ini akan membuat kinerja kompresor menjadi turun, akan terasa ketika mobil macet atau terhenti.

  1. Freon yang berlebihan

Apabila gas freon pada sistem ac berlebihan, hal ini akan membuat tekanan menjadi tinggi (high pressure) dan menyebabkan overheating. Dan secara otomatis membuat kompresor menjadi pana dan menurunkan suhu dingin pada kabin. Overheat ini pun akan membuat kompresor menjadi cut/off. Gas freon yang berlebihan ini juga bisa dikarenakan human error dari sebuah bengkel. Biasanya pemilik mobil awam yang merasa ac mobil grand livina panas karena kekurangan freon. Sehingga meminta pihak bengkel untuk menambah freon.

  1. Sistem ac mampet

Umumnya hal ini terjadi pada dryer filter, kondensor dan ekspansi valve yang mampet. Dan efeknya membuat sirkulasi freon menjadi terhambat, sehingga membuat ac tidak konstan dalam mengeluarkan hawa dingin.

  1. Aus-nya komponen kompresor

Biasanya komponen kompresor aus karena memang sudah sepantasnya untuk diganti. Adanya bunyi kasar serta bagian sight glass terlihat menghitam menjadi gejala umum komponen kompresor aus. Dan hal ini bisa menimbulkan dampak lain, yakni tersumbatnya bagian dryer filter serta ekspansi valve.

  1. Kotornya evaporator

Apabila evaporator kotor, tentunya aliran udara ke kabin mobil akan tersumbat dan membuat angin yang keluar kecil. Biasanya dikarenakan debu menumpuk pada bagian evaporator. Sehingga lebih baik dipasang kabin filter, dengan begitu debu tidak gampang masuk ke evaporator.

  1. Sistem ac mengalami kebocoran

Penyebab ac mobil grand livina panas yang selanjutnya karena terjadi kebocoran pada sistem ac. Seperti kebocoran pada kondensor atau evaporator. Sampai kebocoran pada sambungan seal o ring atau komponen lain.

  1. Kelistrikan

Sebagian komponen AC bisa hidup karena listrik, jadi ketika jalur listrik tersebut mengalami gangguan. Sudah tentu salah satu komponen akan tidak jalan dan membuat ac mobil grand livina panas.

  1. Fan belt putus

Hal ini bisa dikarenakan puly kompresor tidak terhubung dengan putaran mesin.

  1. Suhu mesin overheat

Water pump rusak, kebocoran radiator, radiator mampet, termostat rusak hingga silinder heat mesin bisa membuat suhu mesin overheat. Efeknya sendiri bisa berimbas pada AC mobil panas. Apabila mesin overheat, maka tekanan freon juga overheat dan membuat kompresor kepanasan. Dan secara otomatis pula membuat kompresor menjadi cut/off sementara waktu.

Mengatasi AC Mobil Grand Livina Panas Yang Bisa Dilakukan

Bisa dikatakan cukup banyak mengenai sebab ac mobil grand livina panas. Sehingga pemilik mobil bisa menganalisa sendiri apa yang menjadi penyebab ac mobil panas. Apabila bukan disebabkan oleh komponen penunjang sistem AC. Maka bisa mengecek suhu mesin apakah terjadi overheat atau tidak. Apabila mesin overheat sudah barang tentu membuat kompresor tidak bisa bekerja. Dan untuk sistem AC yang sudah benar-benar rusak atau mati. Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

Baca juga : ac mobil hrv panas

Sekarang ini sudah banyak bengkel-bengkel yang bisa memperbaiki AC dan menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah Dokter Mobil, bengkel resmi terbaik di kota Jakarta ini sudah berpengalaman dan dipercaya banyak pelanggan. Memiliki tenaga ahli, sehingga proses perbaikan benar-benar maksimal dan bisa selesai tepat waktu. Untuk perbaikannya sendiri pun juga dibantu oleh alat-alat canggih dan modern. Serta masih ada banyak keuntungan lain yang bisa konsumen dapatkan ketika memperbaiki AC mobil grand livina panas ke tempat kami. Oleh sebab itulah, pastikan anda memilih Dokter Mobil sebagai tempat untuk memperbaiki AC yang rusak.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC mobil grand livina panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *