Cara Mengatasi AC Mobil Honda CRV Panas

Mengetahui Penyebab Ac Mobil Honda Crv Panas Dan Cara Mengatasinya

Honda CRV menjadi salah satu andalan dari perusahaan Honda yang semakin laris di pasar otomotif. Kendaraan roda empat pabrikan Honda ini menawarkan spesifikasi lengkap. Mulai dari body luaran mobil dirancang dengan begitu stylish dan elegan. Selain itu Honda CRV ini sudah dilengkapi dengan double suspensi wishbone pada bagian belakang mesin dan bagian depan. Sehingga membuat penumpang merasakan nyaman secara maksimal saat berkendara. Jadi tidak heran jika Honda CRV menjadi andalan dan masih menjadi salah satu primadona khususnya pada segmen city car. Spesifikasi dari Honda CRV ini adalah memiliki 4 silinder 16 katup dengan torsi mencapai 180Nm pada putaran 4500 Rpm. Memiliki real time 4WD dan FWD CKD.

Untuk transmisi-nya menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi matic percepatan. Selain itu dilengkapi dengan sistem keamanan rem tromol di bagian belakang dan rem depan cakram. Dengan kelebihan-kelebihan ini membuat banyak orang memiliki mobil Honda CRV ini. Kelebihan dari Honda CRV ini juga bisa dilihat dari keamanan pada sistem Airbag. Serta dilengkapi dengan mesin terkini dengan tenaga DOHC dan VTEC. Pada area kabin pun luas, sehingga membuat penumpang dan pengendara semakin nyaman tentunya. Performa yang dimiliki oleh Honda CRV ini pun canggih, tenaga tinggi dan manuver mantap ketika dikendarai.

6 Penyebab AC Mobil Honda CRV Panas

Salah satu bagian penting dari sebuah mobil adalah AC. Dengan adanya AC maka hawa panas yang ada di dalam kabin mobil bisa teratasi. Dan anda tentu bisa membayangkan sendiri ketika mobil anda tiba-tiba AC-nya panas ketika dinyalakan. Salah satu permasalahan ini bisa dikatakan pernah terjadi pada pemilik kendaraan Honda CR-V. Dimana ac mobil crv panas, sehingga hal ini membuat penumpang menjadi kurang nyaman.

Terlebih lagi ketika anda membawa anak kecil, pasti akan sangat kerepotan karena si anak yang kepanasan. Untuk pemilik mobil Honda CRV generasi kedua yang diproduksi sekitar 2002 – 2006 memang harus waspada jika tiba-tiba AC mendadak panas. Tetapi kemudian akan dingin kembali, dan terus terulang kejadian seperti hal tersebut. Padahal AC dalam keadaan ON dan lampu indikator berwarna hijau, namun berubah menjadi OFF dan temperatur menjadi panas.

Cara Mengatasi AC Mobil Honda CRV Panas

Kondisi ini disebut dengan climate control problem, diindikasikan pada fan yang menyala. Jadi meskipun tingkat blower fan sudah tingkatkan ke level 2 atau 3, namun tetap saja tidak terjadi perubahan. Terkadang dengan menaikkan blower memang bisa berhasil, tetapi hanya untuk sementara saja. Kejadian AC mobil menjadi panas ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada Honda CRV 2002 – 2006 saja. Melainkan bisa pada keluaran terbaru dan bisa menyerang kendaraan mobil merek lain.

Untuk anda yang termasuk baru memiliki mobil atau memang sudah lama. Dan AC pada mobil terasa panas ketika dinyalakan. Maka penyebab ac mobil honda crv panas ini perlu anda ketahui. Dengan begitu bisa anda bisa mengantisipasinya terlebih dahulu.

  1. Kekurangan atau kehabisan freon

Perlu diketahui freon tidak akan bisa berkurang atau habis jika tidak bocor. Cara kerja freon pada sistem pendingin hanya bersirkulasi saja. Jadi jika ac mobil crv panas karena terdeteksi freon kurang. Maka anda harus melakukan pengecekan kebocoran dimana, setelah mengetahuinya maka bisa mengisi kembali freon tersebut.

  1. Oli kompresor yang habis atau berkurang

Jika kekurangan oli atau habis, maka ac mobil Honda CRV pun akan terhambat. Sehingga bisa mengakibatkan kompresor menjadi terganggu dan membuat AC tidak dingin. Paling parah, apabila oli sampai habis bisa membuat kompresor menjadi macet atau jebol.

  1. Filter Dryer

Untuk filter dryer ini berguna menyerap dan menyaring kotoran serta uap air yang terbawa ketika bersirkulasi bersama dengan freon. Apabila bagian ini tersumbat maka membuat ac tidak bisa mengalirkan hawa dingin ke dalam kabin. Untuk mengatasi ac mobil honda crv panas karena filter dryer, ada baiknya jika diganti tiap 1 tahun sekali. Perlu diketahui apabila mengganti komponen ini maka freon pun akan terbuang dan mengisinya kembali.

  1. Katup ekspansi

Peran dari katup ekspansi ini mengubah freon yang awalnya panas menjadi super dingin, kemudian masuk ke evaporator. Selain itu katup ekspansi ini pun dilengkapi dengan pegas katup, diafragma dan bola thermal. Katup akan ditekan pegas supaya tetap menutup, pada bola thermal ini akan selalu berusaha mendorong katup untuk terbuka. Jika bagian tersebut tersumbat atau kotor, tentu freon tidak akan maksimal tersembur. Sehingga berefek pada ac mobil crv panas.

  1. O Ring atau Seal

Bentuknya seperti karet gelang atau huruf O. Fungsinya sendiri untuk merekatkan sambungan antar bagian AC supaya tekanan udara tidak mengalami kebocoran. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa sela karet ini gampang robek karena faktor usia. Oleh sebab itulah jika ingin memperbaiki AC, maka penggantian sela ini pun juga harus diprioritaskan. Sebab meski terlihat masih bagus, namun kualitasnya belum tentu bagus. Karena nantinya akan menyebabkan kebocoran tidak terduga.

  1. Fuse/sekring dan relay

Apabila sekring sering putus, tentu arus listrik menjadi terganggu ketika mengalir ke kompresor. Sehingga freon tidak bisa bersirkulasi dengan baik dan AC menjadi panas. Oleh sebab itulah jika ac mobil crv panas jangan langsung menyalahkan freon habis. Karena seperti yang diketahui bersama, bahwa freon tidak akan bisa habis jika tidak terjadi kebocoran. Juga jangan menyalahkan komponen AC. Akan lebih baik jika memeriksa bagian sekring listrik terlebih dahulu. Jika sekring memang tidak putus, maka bisa dilanjutkan untuk memeriksa bagian relay atau amplifier-nya.

Cara Mengatasi AC Mobil Honda CRV Panas

Nah itulah beberapa penyebab ac mobil honda crv panas yang perlu anda ketahui dengan baik. Sebelum terjadi kerusakan yang semakin parah, akan lebih baik jika anda melakukan pengecekan rutin. Hal ini dilakukan untuk menjaga AC mobil tetap dingin dan tidak membuat rusak bagian lain. Lain hal jika AC mobil Honda CRV anda sudah benar-benar parah. Maka satu-satunya pilihan untuk mengatasi ac mobil honda crv panas adalah dengan melakukan perbaikan.

Baca juga : ac mobil brio panas

Untuk melakukan perbaikan ini pun tidak bisa asal memiliki bengkel. Jika anda memilih bengkel yang tidak sesuai, maka belum tentu hasilnya akan baik. Bisa jadi AC mobil anda malah akan bertambah parah. Oleh sebab itulah, Dokter Mobil hadir untuk membantu anda untuk memperbaiki AC mobil crv panas. Kami memiliki tenaga ahli dan memakai peralatan canggih untuk memperbaiki kerusakan pada ac mobil anda. Sudah banyak pelanggan yang mempercayakan perbaikan ac mobil ke bengkel kami. Dan semua pelanggan tersebut puas dengan hasil pengerjaan kami dan menjadi pelanggan tetap. Jadi jangan ragu memilih kami sebagai bengkel perbaikan ac mobil anda.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC mobil crv panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *