ac mobil innova panas

8 Komponen Yang Membuat Ac Mobil Innova Panas

Kijang Innova ini termasuk salah satu jenis mobil MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang diproduksi oleh Toyota Astra Motor (TAM). Mobil Kijang Innova sekarang ini merupakan upgrade terbaru dari Kijang Innova terdahulu. Sehingga mobil All New Kijang Innova sekarang memilki spesifikasi mesin, desain interior dan eksterior yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Di Indonesia sendiri, Toyota Kijang Innova ini sangat laku di pasaran.

Banyak peminat otomotif yang memiliki setidaknya satu unit mobil Toyota Kijang Innova ini di garasi rumah. Untuk Toyota Kijang Innova terbaru ini memiliki banyak kelebihan. Terlebih lagi kendaraan roda empat ini memiliki dua versi. Yakni Toyota Kijang Innova Diesel dan Toyota Kijang Innova Bensin. Dari varian ini saja sudah diketahui bahwa kapasitas yang dimiliki oleh kedua mobil ini berbeda.

Baca juga : ac mobil crv panas

Spesifikasi dari Toyota Kijang Innova Diesel sudah menggunan mesin 4 silinder segaris katup 16, DOHC D-4D dan kapasitas silinder mesin 2494cc. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 102 PS/putaran 3.600 rpm dengan torsi sebesar 26.5 Kgm/putaran 4.000 rpm. Sedangkan untuk Toyota Kijang Innova Bensin mempunyai kapasitas mesin 1998cc dengan silinder 4 segaris, 16 katup DOHC VVT-I. Yang mana menghasilkan tenaga 136 PS/putara 5.600 rpm dan torsi 18.6 Kgm/putaran 4.000 rpm.

AC Mobil Innova Panas Disebabkan Oleh 8 Komponen Berikut Ini

AC pada sebuah mobil menjadi salah satu bagian penting, karena bisa mengalirkan udara dingin ke dalam kabin. Ketika sedang macet dan udara di dalam mobil semakin panas, dengan menghidupkan AC maka akan terasa sejuk. Anak-anak di dalam mobil yang ikut terjebak mobil pun tidak akan rewel tentunya. Karena menjadi salah satu bagian penting selain multimedia. Maka ketika ac mobil innova panas tentu akan membuat suasa di dalam mobil menjadi tidak nyaman. Untuk ac mobil sendiri terdiri dari beberapa komponen. Jadi misalnya komponen ac ada yang terganggu, maka sirkulasi angin menjadi tidak bisa berjalan baik.

Sehingga mengakibatkan ac mobil hanya mengeluarkan hawa panas. Dan hawa panas ini tentunya akan membuat penumpang di dalam mobil menjadi lebih kepanasan. Juga membuat penumpang menjadi tidak nyaman ketika berada di dalam mobil. Awalnya ac akan terasa dingin ketika berada di jalanan lenggang, namun ketika sudah dijalan padat dan macet maka akan terasa panas. Setelah jalanan mulai lenggang kembali, maka ac mobil akan terasa dingin kembali. Bagi orang awam yang kurang teliti, mungkin akan membiarkan hal tersebut. Lain hal dengan pemilik Toyota Kijang Innova yang sudah lama memilikinya, pasti akan merasakan ada masalah. Jadi harus cepat-cepat diatasi, jika tidak akan merembet ke bagian-bagian lain.

ac mobil innova panas

Berikut 8 komponen sebab ac mobil innova panas yang perlu anda ketahui dengan baik. Sehingga bisa mengatasinya atau sebagai informasi pribadi.

  1. Magnetic Clutch (Magnet, pulley dan center piece)

Magnet Clutch Compressor sendiri merupakan magnet buatan yang memanfaatkan energi listrik aki pada mobil. Dimana dimaksudkan untuk menarik center piece kompresor supaya melekat pada pulley kompresor. Sehinga center piece ini bisa memutar as kompresor agar mengikuti arah putaran pulley kompresor. Tetapi jika magnet clutch ini tidak bisa berfungsi maka membuat sistem ac menjadi panas dan tidak dingin. Hal ini dikarenakan magnet clutch rusak, terbakar atau lemah. Pulley sendiri miliki fungsi untuk menyalurkan tekanan dari center piece supaya bisa menekan dan mendorong freon ke sistem ac. Sesaat setelah AC diaktifkan. Apabila pulley dan center piece ini aus, tekanan dorongan ke kompresor tidak akan maksimal. Dan akibatnya ac mobil innova panas. Tidak hanya itu saja, nantinya akan terdengar bunyi berisik seperti gesekan dua buah komponen ketika diaktifkan. Hal ini dikarenakan pulley dan center piece yang bergesekan, menandakan ketidakcocokan.

  1. Sekring/fuse dan relay

Putusnya sekring membuat arus listrik tidak mengalir ke kompresor. Sehingga membuat freon tidak bersirkulasi dan ac menjadi panas. Oleh sebab itulah ketika ac mobil innova panas jangan langsung menghakimi freon habis atau bermasalah-nya komponen ac. Karena perlu diketahui bahwa freon tidak akan bisa habis atau berkurang jika tidak terjadi kebocoran. Akan lebih baik jika memeriksa terlebih dahulu sekring listrik. Jika memang benar putus, maka lanjutkan memeriksa check ke Relay atau amplifier-nya.

  1. O ring atau Seal

Untuk komponen yang satu ini bentuknya seperti karet gelang atau huruf O. Yang mana berguna merekatkan sambungan antar ac supaya tekanan udara tidak bocor. Perlu diketahui bahwa seal karet ini gampang sobek. Sehingga penggantian seal atau o ring ini menjadi prioritas utama. Meski terlihat masih layak pakai, akan lebih baik segera diganti jika sambungan nepel sudah dibuka. Sebab hal ini nantinya bisa menyebabkan kebocoran.

  1. Extra fan atau kipas kondensor

Bagian ini mengalirkan udara supaya kondensor bisa mendinginkan freon yang panas. Beberapa kasus mobil, kipas kondensor ini menyatu dengan kipas pendingin mesin. Dan masalah yang cukup sering terjadi adalah lemah atau matinya putaran kipas.

  1. Filter dryer

Fungsi dari filter dryer ini adalah menyerap uap air dan kotoran yang terbawa ketika bersirkulasi bersama gas freon. Apabila komponen ini tersumbat, maka membuat ac mobul innova panas. Filter dryer ini akan lebih baik jika bisa diganti tiap 1 tahun sekali dan bersama ketika service. Karena ketika ingin mengganti komponen filter dryer ini maka freon akan terbuang.

  1. Katup ekspansi

Peran dari katup ekspansi ini adalah mengubah freon yang panas menjadi dingin dan masuk ke evaporator. Pada katup ekspansi ini memiliki pegas katup, bola thermal dan diafragma. Katup nantinya ditekan pegas supaya selalu menutup, sedangkan bila thermal ini berusaha mendorong katup untuk terbuka. Jika komponen tersebut tersumbat, gas freon tidak bisa tersembur maksimal. Sehingga membuat ac panas.

  1. Oli kompresor habis atau berkurang

Jika oli habis atau kurang, tentu kinerja AC akan terhambat. Sehingga menyebabkan kinerja kompresor menjadi terganggu dan udara dingin tidak bisa mengalir. Lebih parahnya apabila oli habsi adalah kompresor macet atau jebol.

  1. Freon habsi atau kurang

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas, bahwa freon tidak akan bisa berkurang atau habis jika tidak bocor. Freon sendiri cara kerjanya hanya bersirkulasi saja. Jadi jika freon berkurang, maka jangan langsung membawa ke bengkel untuk isi ulang. Karena bisa saja terjadi satu kebocoran dan bisa diperbaiki.

Nah itulah 8 komponen sebab ac mobil innova panas yang perlu anda ketahui. Jika anda kurang mampu memperbaiki sendiri kerusakan ac pada mobil dan masih terbilang awam. Maka anda bisa membawa mobil Innova anda ke bengkel resmi. Anda bisa ke bengkel Dokter Mobil untuk memperbaiki ac mobil yang terasa panas.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC mobil innova panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *