ac mobil jazz panas

Faktor Ac Mobil Jazz Panas Ketika Siang Hari

Mobil Honda Jazz sejak dikeluarkan tahun 2001 sampai sekarang ini tetap menjadi salah satu mobil hatchback favorit masyarakat Indonesia. Khususnya untuk kalangan anak muda yang selalu ingin tampil eksklusif dengan mengendarai mobil. Mobil hatchback Honda yang populer ini ditandai dengan penjualan yang laris manis. Sehingga membuat pabrikan Honda ini terus melakukan inovasi dari tahun ke tahun untuk mengembangkan mobil Jazz supaya lebih sempurna.

Sampai sekarang ini sudah ada 3 generasi Honda Jazz yang mengaspal di Indonesia. Generasi pertama dikeluarkan tahun 2001 – 2007, generasi kedua 2007 – 2014, dan generasi ketiga 2014 – sampai sekarang ini. Untuk generasi ketiga atau yang sering disebut All New Honda Jazz ini tentu memiliki kelebihan banyak dibandingkan generasi sebelum-sebelumnya. Dari segi body yang sporty dan nyaman, dibalut desain futuristik sehingga Honda Jazz lebih modern. Dipadukan dengan grill depan dan menyatu dengan headlamp semakin apik. All New Honda Jazz dilengkapi fitur keselamatan Dual Airbags, Rem ABS dan lainnya.

Dari segi fitur hiburan pun sudah lengkap dan canggih sehingga membuat penumpang dan pengemudi jauh dari rasa kebosanan saat di perjalanan. Dan yang paling penting adalah All New Honda Jazz ini memang lebih nyaman dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini dikarenakan desain interior dari material terbaik dan berkualitas tentunya.

8 Faktor Ac Mobil Jazz Panas Yang Perlu Anda Ketahui

Ketika anda berkendara dengan menggunakan mobil Honda Jazz saat siang hari di kota besar dan panas tentu membutuhkan penetralisir bukan? Salah satunya adalah dengan menyalakan AC mobil Honda Jazz. Pada awal AC akan terasa dingin nan sejuk, namun lama-lama berubah panas. Tentu menjadi hal yang tidak mengenakan bukan? Kemudian anda akan bertanya-tanya kenapa ac mobil jazz panas seperti ini dan mengganggu pikiran ketika sedang berkendara.

Solusi yang paling umum dilakukan ketika ac mobil panas adalah dengan membuka jendela untuk mendapatkan udara segar. Namun sialnya lagi, suhu diluar mobil yang panas plus kemacetan membuat keringat mengucur deras. Dan hal ini terkadang membuat pikiran semakin panas dan emosi. Untuk anak-anak yang berada di kemacetan biasanya mereka akan menjadi rewel dan menangis.

Mungkin anda pernah mengalami hal seperti ini? Baik ketika macet, ac mobil hanya mengeluarkan udara panas saja atau tidak dingin sama sekali? Perjalanan yang seharusnya tidak dilalui dengan kekesalan berubah dalam sekejap. Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang membuat ac mobil jazz panas. Mulai dari bagian komponen yang sudah rusak atau hanya butuh dibersihkan saja. Oleh sebab itulah anda tidak perlu panik terlebih dahulu ketika ac mobil anda menjadi panas dan tidak dingin.

ac mobil jazz panas

Berikut akan dikupas mengenai faktor ac mobil jazz panas. Hal ini sangat penting untuk anda ketahui supaya bisa mengambil langkah yang tepat.

  1. Kurang atau habisnya freon

Bisa jadi ac mobil panas ini dikarenakan freon yang habis. Namun yang perlu anda ketahui dengan baik adalah bahwa freon ini tidak akan bisa habis atau hilang jika tidak ada kebocoran sistem ac. Biasanya terjadi pada sambungan pipa seal o ring yang getas termakan usia. Atau karena kerusakan pada bagian saft maupun relief valve kompresor. Hal lain yang menyebabkan kebocoran dari sistem ac adalah adanya lubang besar pada selang atau pipa. Lubang sebesar jarim saja sudah bisa membuat freon keluar dari jalur sirkulasi ac mobil.

  1. Drive belt atau fan belt putus

Fungsi dari fan belt ini adalah untuk menyalurkan putaran mesin ke kompresor, sehingga menjadi komponen vital untuk kinerja ac mobil. Jadi ketika fan belt ini putus, maka kompresor tidak bisa berputar atau bekerja sebagaimana mestinya. Dan tanpa putaran yang terjadi di kompresor, freon tidak bisa bersirkulasi. Sehingga membuat kabin di dalam mobil akan terasa semakin panas.

  1. Kondensor yang kotor

Akan lebih baik jika anda selalu memperhatikan kebersihan kondensor AC mobil Honda Jazz anda. Jangan sampai ada kotoran yang menumpuk dan menempel pada kondensor. Karena jika kondensor ini kotor atau berkarat membuat fungsi dari kondensor ini tidak maksimal dalam bekerja. Kondensor sendiri berfungsi membuang panas dari gas dengan tekanan tinggi yang dilepaskan oleh kompresor. Jika proses kondensasi kurang maksimal dari kondensor yang rusak atau kotor. Maka sudah jelas ac menjadi panas dan tidak dingin sama sekali.

  1. Mati atau lemahnya motor extra fan

Ketika ac mobil jazz panas, mungkin salah satu komponen mengalami kerusakan. Salah satunya adalah extra fan. Untuk mengetahui bahwa extra fan bekerja atau tidak pun bukan hal sulit. Anda bisa mengetahuinya ketika menyalakan AC mobil, dan melihat apakah extra fan yang letaknya di depan kondensor ini berputar atau tidak. Ketika extra fan ini tidak bekerja atau rusak, maka proses kondensasi di kondensor ini tidak bisa berjalan baik. Yang artinya tidak akan ada penurunan suhu di dalam kondensor. Sehingga hanya hawa panas yang akan terasa.

  1. Magnetic clutch rusak

Faktor lain yang membuat ac mobil jazz panas adalah kerusakan pada magnetic clutch. Hal ini bisa terjadi karena putus, mati atau terbakarnya spul hingga center piece tidak terhubung pada pulley kompresor. Sehingga membuat kompresor tidak bisa berputar mengikuti putaran mesin. Hal ini bisa dilihat dari AC mobil yang dinyalakan dan fan belt berputar tetapi kompresor tidak.

  1. Kompresor aus

Apabila kompresor sudah aus atau jebol tentu biasanya ditandai dengan tekanan pada AC menjadi tidak normal. Juga bisa dilihat dari segi sight glass yang menghitam. Juga menandakan receiver dryer atau expansion valve tersumbat kotoran.

  1. Evaporator kotor atau tersumbat

Debu memang menjadi salah satu utama masalah yang dialami oleh evaporator. Debu atau kotoran menempel ini hasil hisapan blower yang terhubung ke evaporator. Sehingga hal ini akan membuat aliran udara dari blower menjadi terhambat. Dan membuat sirkulasi ac menjadi kurang lancar. Bahkan bisa membuat ac menjadi panas dan tidak ada dingin-dinginnya sama sekali.

  1. Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat

Dan faktor lain ac mobil jazz panas bisa jadi karena saluran pembuangan air kondensasi tersumbat. Hal ini ditandai dengan adanya tetesan air di bawah dashboard. Atau juga bagian atas dashboard berembun saat ac dinyalakan. Ini dikarenakan box evaporator dipenuhi air karena tersumbatnya saluran air kondensasi tersebut.

Baca juga : ac mobil innova panas

Nah itulah beberapa faktor yang menyebabkan ac mobil jazz panas. Dengan mengetahui hal tersebut maka anda bisa melakukan tindakan-tindakan pencegahan. Sehingga ac mobil anda tidak akan rusak parah. Namun jika memang tidak bisa dicegah dan membutuhkan bengkel resmi untuk memperbaikinya. Maka anda bisa membawa ac mobil yang rusak ke bengkel Dokter Mobil. Bengkel resmi ini sudah berpengalaman dan menangani banyak masalah ac mobil panas.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC mobil jazz panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *