Ac Mobil Mengeluarkan Hawa Panas

Beberapa Hal Yang Menjadi Penyebab Ac Mobil Mengeluarkan Hawa Panas

Ac Mobil Mengeluarkan Hawa Panas? Untuk anda yang hidup di kota padat penduduk misalnya di kota Jakarta. Ketika bepergian dengan menggunakan mobil tentunya tidak lengkap tanpa menyalakan AC. Terlebih lagi ketika cuaca sedang terik-teriknya dan mengharuskan anda menuju ke suatu tempat. Fungsi AC sendiri adalah untuk mendinginkan suhu yang ada di dalam kabin. Dengan begitu ketika anda berkendara akan lebih nyaman dan sejuk. Namun apa jadinya ketika ac mobil mengeluarkan hawa panas? Tentunya hal ini akan membuat anda kurang nyaman bukan? Apalagi anda bepergian bersama dengan anggota keluarga atau teman. Pastinya hal ini akan terasa kurang nyaman. Dan membuat anda bertanya-tanya mengapa AC mobil bisa mengeluarkan hawa panas?

Untuk orang yang sedikit mengerti mengenai mekanisme AC mobil tentu tidak akan kesulitan untuk mendeteksi terjadinya masalah. Lain hal dengan orang awam yang baru pertama kali memiliki mobil. Tentunya mereka akan bertanya-tanya, bagian mana yang rusak dan butuh perbaikan.

11 Hal Yang Menjadi Penyebab AC Mobil Mendadak Panas

Dan berikut beberapa hal yang menyebabkan ac mobil mengeluarkan udara panas. Dengan mengetahuinya maka anda bisa melakukan pencegahan supaya tidak merembet ke bagian lainnya.

  1. Magnetic clutch

Untuk gejala awal dari rusaknya magnetic clutch adalah ketika awal mobil berjalan akan terasa dingin. Namun ketika sudah dijalan yang macet atau padat, ac mobil akan mendadak mengeluarkan hawa panas. Dan ketika sudah di jalanan lenggang AC mobil akan terasa dingin kembali. Mengapa bisa terjadi hal demikian? Ini karena dioda pada magnet sudah melemah dan terkena hawa panas berlebih dari ruang mesin saat macet. Sehingga menyebabkan off untuk sementara waktu. Jika masih pada tahap awal kerusakan akan ON kembali saat mobil sudah jalan lancar. Sebab mobil yang bergerak atau jalan membuat angin lebih banyak bersirkulasi di ruang mesin.

  1. Cooling fan ac atau fan radiator mati

Apabila cooling fan atau extra fan ini mati. Maka akan membuat pembuangan panas di dalam kondensor tidak sempurna dan membuat tekanan menjadi kepanasan atau overheat. Dan imbasnya adalah menurunnya kinerja kompresor. Umumnya masalah ini akan terasa saat mobil macet atau berhenti.

  1. Freon berlebih atau kurang

Jika freon berlebih membuat tekanan tinggi (high pressure) menjadi overheat. Yang otomatis akan membuat kompresor kepanasan dan membuat performa dingin menurun. Dan jika terlalu overheat, kompresor akan menjadi cut/off. Untuk freon yang berlebihan ini dikarenakan human error dari bengkel. Pemilik mobil awam mengenai ac, biasanya akan membawa ke bengkel asal untuk menambah freon. Padahal belum tentu ac mobil keluar hawa panas ini dikarenakan kekurangan freon. Anda harus tahu bahwa freon di dalam sistem AC ini tidak bisa berkurang jika tidak terjadi kebocoran. Oleh sebab itulah jika memang kekurangan freon, maka sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu.

  1. Sistem AC mampat

Mampat-nya sistem AC biasanya terjadi di bagian dryer filter, kondensor dan ekspansi valve. Efek mampat ini akan membuat sirkulasi freon yang berada di dalam sistem AC terhambat. Sehingga membuat ac menjadi tidak dingin dan cenderung mengeluarkan hawa panas atau angin panas.

  1. Komponen kompresor yang aus

Hal ini merupakan hal umum dan memang harus dilakukan penggantian kompresor yang baru. Gejala yang bisa dilihat adalah adanya bunyi kasar dan sight glass terlihat menghitam. Dan hal ini pun menimbulkan dampak lain. Seperti tersumbatnya bagian dryer filter dan ekspansi valve.

  1. Evaporator yang kotor

Apabila komponen evaporator ini kotor, maka membuat aliran udara ke dalam mobil menjadi tersumbat. Dan hal ini membuat ac hanya mengeluarkan angin kecil, sehingga terasa panas di dalam kabin. Ini terjadi karena tersumbatnya bagian evaporator karena penumpukan debu dan kotoran. Oleh sebab itulah untuk mengatasi ac mobil mendadak panas karena kotornya evaporator. Maka sebaiknya memasang kabin filter, dengan begitu tidak akan membuat debu cepat masuk ke bagian evaporator. Dengan begitu komponen evaporator pun akan lebih awet.

  1. Kebocoran pada sistem AC

Biasanya hal ini terjadi karena kebocoran pada evaporator atau kondensor. Juga kebocoran pada sambungan seal O ring atau komponen lainnya. Dan hal ini bisa membuat ac mobil mendadak panas.

  1. Kelistrikan

Hampir sebagian besar komponen pada ac seperti fan, kompresor sampai blower ini hidup dengan aliran listrik. Jika jalur kelistrikan ini terganggu maka membuat salah satu dari komponen tersebut tidak bisa jalan. Sehingga membuat ac menjadi mengeluarkan hawa panas.

  1. Suhu mesin overheat

Thermostat rusak, radiator mampat, kebocoran air radiator, water pump rusak bahkan sampai silinder head mesin bisa membuat suhu mesin overheat. Dan efeknya berimbas pada ac mobil menjadi panas dan tidak dingin. Jika mesin overheat akan membuat tekanan freon menjadi overheat juga. Sehingga secara otomatis akan membuat kompresor menjadi cut atau off untuk sementara waktu.

  1. Fan belt putus

Sebagai komponen yang menyalurkan putaran mesin ke kompresor. Fan belt ini memiliki peran penting untuk kinerja AC mobil. Jadi ketika fan belt ini putus, otomatis membuat kompresor tidak bisa bekerja atau berputar. Dan hasilnya sudah jelas, tanpa adanya putaran pada kompresor. Tentu freon tidak akan bisa bersirkulasi dengan baik sehingga membuat kabin terasa panas.

  1. Kelebihan oli kompresor

Volume atau ruang yang ada di dalam kompresor ini untuk menampung oli sudah diukur sedemikian rupa dan tidak bisa berubah. Jadi saat oli kompresor berlebih, maka ruang bagi freon menjadi berkurang. Misalnya sebuah mobil memerlukan 0.5 kg freon untuk membuat AC mobil menjadi dingin. Karena ruang freon berkurang karena oli kompresor berlebih, maka freon kurang memadai untuk membuat kabin mobil menjadi dingin. Dan jika dipaksakan untuk memasukkan 0.5 kg freon, maka tekanan AC menjadi berlebihan. Sehingga membuat AC menjadi overheat dan justru membuat panas di dalam kabin.

Baca Juga : Ac Mobil Bau Udara Luar

Ac Mobil Mengeluarkan Hawa Panas

Cara Mengatasi AC Mobil Mengeluarkan Hawa Panas

Nah itulah beberapa penyebab ac keluar udara panas yang perlu diketahui terlebih dahulu. Dengan informasi diatas, semoga bisa menjadi panduan supaya berhati-hati dan bisa merawat AC mobil dengan baik. Dan untuk anda yang mengalami kendala ac mobil keluar udara panas, maka anda bisa datang ke Dokter Mobil. Bengkel terbaik yang ada di kota Jakarta ini sudah berpengalaman dan dipercaya oleh banyak pemilik mobil untuk memperbaiki kerusakan AC mobil. Dengan menggunakan teknik dan alat terbaik, serta ditenagai oleh teknisi andal membuat perbaikan AC mobil cepat selesai. Selain itu dari segi perbaikan pun benar-benar sempurna layaknya AC mobil baru. Oleh sebab itulah, akan lebih baik memilih Dokter mobil sebagai bengkel untuk memperbaiki udara ac mobil panas.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Ac Mobil Mengeluarkan Hawa Panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *