Ac Mobil Bau Udara Luar

Beberapa Hal Yang Membuat Ac Mobil Bau Udara Luar

Ac Mobil Bau Udara Luar? Berkendara di siang hari tidak afdol jika tidak menyalakan AC mobil. Dengan begitu udara sejuk bisa membuat anda tenang selama perjalanan jauh. Untuk anda yang tinggal di kota padat penduduk dan sering macet, tentunya tidak akan tenang berkendara tanpa AC. Karena dengan AC mobil maka penumpang dan pengemudi tidak akan merasa berkeringat atau kegerahan. Meskipun cuaca sedang terik sekalipun. Oleh sebab itulah banyak orang menyalakan AC mobil selama perjalanan dekat atau jauh. Fungi dari AC mobil sendiri adalah memberikan udara sejuk dan mendinginkan kabin mobil.

Namun, saat udara yang dihembuskan oleh blower AC malah tercium bau asap knalpot, bau asap atau bau udara dari luar. Hal ini membuat penumpang dan pengemudi menjadi kurang nyaman serta terganggu dengan bau tersebut. Biasanya AC mobil bau ini terjadi ketika pertama kali AC dinyalakan, kemudian bau tersebut akan menghilang. Pada kasus lain, bau tersebut akan tercium untuk waktu lama.

Baca Juga : Penyebab Ac Mobil Mengeluarkan Hawa Panas

Penyebab AC Mobil Bau Asap

Biasanya ac mobil bau asap knalpot atau ac mobil bau asap ini terjadi karena pemilik mobil menggunakan model fresh pada pengaturan AC mobil. Hal ini bisa kita jumpai pada mobil yang dilengkapi dengan sirkulasi udara luar. Sebagai contohnya asap knalpot dari mobil depan mobil anda akan masuk melewati sistem AC. Apabila terlalu lama mengaktifkan sirkulasi udara luar. Selain itu mode fresh air ini akan berpengaruh pada suhu udara di dalam kabin ketika AC dinyalakan. Terkadang bisa membuat AC menjadi kurang dingin. Pada sistem AC mobil ada akurator yang mampu memberikan pilihan untuk memakai sirkulasi udara luar atau sirkulasi udara di dalam kabin. Apabila memilih memakai sirkulasi udara luar, maka udara luar akan terhisap oleh blower dan masuk ke evaporator. Lalu keluar lewat grill AC di bagian dashboard. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua mobil mempunyai akurator untuk mode fresh air, mungkin dengan pertimbangan ukuran kabin. Misalnya pada mobil Avanza dan Xenia tidak memiliki sistem sirkulasi udara luar. Tetapi pada kebanyakan mobil sudah dilengkapi sirkulasi udara luar.

Berikut beberapa penyebab ac mobil bau udara luar yang perlu anda ketahui. Sehingga bisa melakukan pencegahan dini untuk menghindari hal-hal tersebut.

  1. Air duct flap rusak

Salah satu sumber utama terjadinya kebocoran udara luar masuk ke dalam kabin adalah dari komponen ini. Air duct flap menjadi pintu masuk udara luar yang masuk ke dalam kabin. Apabila pintu ini tidak rapat ketika ditutup, tidak heran apabila udara luar akan tetap masuk kabin. Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana komponen ini bisa rusak? Ternyata hal ini dikarenakan seal seperti busa yang ada di sekeliling flap. Faktor usia membuat busa mengempis dan bahkan bisa hancur menjadi serbuk. Dan jika busa ini sudah rusak, katup tidak akan bisa menutup secara maksimal meski sirkulasi udara tertutup sudah dipilih. Hasilnya ac mobil keluar bau dan membuat pengemudi serta penumpang kurang nyaman.

  1. Celah masuknya udara luar ke kabin

Udara luar bisa masuk ke dalam kabin adalah melewati ventilasi AC. Selain dari air duct flap yang bocor, ada hal lain yang menyebabkan udara luar berpotensi bocor ke dalam kabin. Meskipun sirkulasi tertutup sudah dipilih. Untuk contohnya, apabila mobil sudah mengalami kecelakaan dan pintu peyok. Maka bocor udara bisa terjadi dari bagian karet pintu yang tidak bisa merekat sempurna. Begitu juga pada bagian karet penutup lubang di bagian kolong mobil juga bisa menghadirkan udara dari luar ke dalam kabin. Sehingga membuat ac mobil bau dari luar. Khususnya untuk mobil yang memakai mesin di bawah kolong mobil misalnya Suzuki APV, ada sumber kebocoran yang lainnya.

Biasanya mesin dibawah kolong ini letak karet seal-nya terdapat pada bagian penumpang depan yang sudah mulai apkir. Yang mana bisa menjadi sumber udara luar masuk ke dalam kabin mobil. Sedangkan untuk hatchback, karet pintu bagasi bocor juga memiliki potensi untuk mengundang udara luar masuk ke mobil. Apabila karet pintu bagasi ini bocor maka bau asap knalpot akan tercium. Sehingga membuat ac mobil berasap dan bau. Umumnya sering terjadi pada mobil non sedan, terlebih lagi untuk tahun produksi yang sudah tua.

  1. Karet pintu yang rusak

Selain kedua hal diatas yang menjadi penyebab dari AC mengeluarkan bau udara luar. Ternyata karet pintu yang rusak ini juga bisa menjadi penyebab udara luar bisa masuk ke dalam kabin mobil.

Selain itu anda juga perlu memeriksa beberapa tempat atau lubang jika bau dari luar masuk ke dalam kabin mobil. Beberapa tempat atau lubang tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Lubang shaft sheer
  2. Lubang jalur kabel dari ruang mesin ke kabin
  3. Lubang pipa ac menuju evaporator atau pipa heater
  4. Lubang saluran buang air kondensasi

Untuk memperbaiki air duct flap yang bocor ini bisa dilakukan dengan cara berikut ini. Yakni dengan mendatangi bengkel AC untuk mengganti busa di sekeliling flap yang telah usang. Pertama blower housing akan dilepas dan pihak bengkel akan mencetak ulang busa yang perlu diganti tersebut. Untuk biaya penggantian busa flap bocor ini pun bervariasi, tergantung bagaimana konstruksi sistem AC. Apabila anda memilih bengkel resmi, maka penggantian busa flap ini biasanya termasuk ke dalam biaya jasa service AC. Tetapi jika karet pintu yang rusak, maka bisa mengganti dengan membeli karet genuine parts atau dengan sistem meteran. Sehingga harga yang didapatkan akan lebih terjangkau.

ac mobil bau udara luar

Cara Mengatasi AC Mobil Bau Udara Luar

Untuk anda yang sedang mencari bengkel mobil untuk mengatasi ac mobil bau asap knalpot atau bau asap lainnya. Maka anda tidak perlu kebingungan lagi, sekarang ini sudah banyak tersebar informasi di media internet mengenai bengkel perbaikan AC resmi yang bisa dipercaya. Selain itu anda juga bisa meminta rekomendasi kepada teman, kerabat atau kolega yang sudah pernah memperbaiki AC sebelumnya. Namun yang perlu anda perhatikan dengan baik adalah bahwa tidak semua bengkel bisa memberikan hasil terbaik. Jadi akan lebih baik jika anda tetap membuat pertimbangan sendiri supaya bisa mendapatkan bengkel terbaik dan berpengalaman. Salah satu bengkel terbaik yang ada di Jakarta dan bisa memperbaiki AC mobil dengan baik adalah Dokter Mobil. Bengkel resmi ini sudah berdiri selama bertahun-tahun dan siap membantu permasalahan AC mobil anda. Mulai dari ac mobil bau knalpot, ac mobil bau udara luar dan permasalahan AC lainnya. Dengan menggunakan alat canggih dan modern, serta ditenagai oleh ahlinya. Membuat perbaikan AC mobil anda bisa cepat dan hasilnya memuaskan.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Ac Mobil Bau Udara Luar

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *