ac mobil panas hanya keluar angin

Mengatasi Penyebab Ac Mobil Panas Hanya Keluar Angin

Siapa yang tidak ingin memiliki mobil di zaman dengan mobilitas tinggi ini? Adanya mobil bukan hanya untuk menampilkan kesan ‘wah’ atau prestisius saja. Namun dengan memiliki kendaraan roda empat ini akan memudahkan anda dan keluarga ketika bepergian. Bayangkan saja jika anda memiliki anggota keluarga berjumlah lima.

Menggunakan kendaraan lain seperti sepeda motor memang menjadi alternatif, namun masih kurang nyaman. Oleh sebab itulah anda membutuhkan mobil untuk melakukan banyak aktivitas. Dengan menggunakan mobil yang mampu menampung banyak orang ini. Maka aktivitas anda menjadi lebih mudah dan bisa tetap bersama-sama dalam satu waktu. Anak-anak pun bisa bergerak dengan lebih nyaman di dalam mobil daripada mengendarai sepeda motor.

Dengan memiliki mobil tentunya ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kendaraan roda dua alias motor. Memakai mobil pada siang hari di panas terik akan terasa nyaman ketika menyalakan AC. Lain hal jika anda bepergian dengan memakai motor.

Sudah hari panas, tentu anda akan semakin panas tentunya. Ditambah lagi keringat akan terus membanjiri wajah dan juga pakaian yang dikenakan. Oleh sebab itulah banyak orang lebih suka bepergian dengan menggunakan mobil ketimbang mobil. Namun apes-nya adalah ac mobil keluar angin panas. Tentu hal ini sama sekali tidak inginkan oleh semua orang, baik pengemudi atau penumpang. Karena jika hanya angin panas saja yang keluar, tentu tidak akan membuat sejuk kabin mobil. Tetapi malah akan semakin membuat gerah dan tidak nyaman.

Penyebab AC Mobil Panas Hanya Keluar Angin

Ada banyak sekali hal yang menjadi sumber dan penyebab ac mobil panas hanya keluar angin. Dimana hal ini membuat kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang.

ac mobil panas hanya keluar angin

  1. Magnetic clutch rusak
  2. Pulley kompresor pada ac tidak berputar karena belt putus atau karena macet pada bearing
  3. Freon habis karena terjadi kebocoran pada sistem ac
  4. Thermostat atau thermistor cooler ac rusak
  5. Celah center piece terlalu lebar dan membuat medan magnet kurang sanggup menarik center piece
  6. Pengatur suhu pada dashboard rusak
  7. Sekring putus karena terjadi short pada magnetic clutch
  8. Rusaknya relay magnetic
  9. Untuk mobil injeksi biasanya terjadi kerusakan pada throttle position sensor (TPS) yang mana menjadikan penyebab kompresor ac tidak bisa berputar.
  10. Terjadi kenaikan suhu mesin mobil. Sehingga membuat kompresor ac tidak bisa berputar dan ac menjadi panas. Juga tidak ac tidak terasa dingin dan hanya menghembuskan angin saja.

Mengatasi AC Mobil Panas Hanya Keluar Angin

  • Memeriksa evaporator AC mobil

Salah satu penyebab ac mobil panas hanya keluar angin adalah karena evaporator kotor atau debu yang menumpuk. Kotoran pada evaporator yang mengendap akan menimbulkan penyumbatan. Dan penyumbatan ini akan menghambat udara yang akan keluar dari blower. Terhambat-nya udara ini akan membuat sistem sirkulasi AC menjadi terganggu. Debu atau kotoran yang masuk ke evaporator ini lewat hisapan blower. Jadi saat ac mobil panas ketika siang hari, maka periksalah bagian evaporator. Akan lebih baik untuk memeriksa bagian evaporator. Caranya dengan memeriksa bagian selang gas tekanan rendah. Jika evaporator kotor maka segera bersihkan.

  • Mengganti extra fan ac mobil

Jika anda mengalami ac mobil panas hanya keluar angin, maka hal ini bisa disebabkan putaran extra fan tidak maksimal. Apabila putaran extra fan tidak maksimal, maka membuat proses kondensasi kondensor terhambat. Dan terganggunya proses kondensasi ini membuat ac mobil menjadi tidak dingin. Hal ini dikarenakan kurang maksimal proses kondensasi yang membuat tekanan freon naik. Jika freon naik tentu membuat freon terbuang karena pipa yang tidak kurang menahan tekanan tinggi. Bocornya freon ini akhirnya membuat AC mobil hanya keluar angin. Untuk mengatasinya bisa mengganti extra fan dan memeriksa freon serta pipa demi mencegah kebocoran karena tekanan tersebut.

  • Memeriksa kondisi film

Penyebab ac mobil panas hanya keluar angin juga bisa dikarenakan kondisi kaca film sudah lawas. Yang mana tidak bisa lagi menahan sinar ultra violet. Umumnya sering terjadi pada mobil lawas keluaran diatas tahun 2000-an. Karena kaca film mobil lawas kurang bisa menahan panas sinar matahari. Untuk mengatasinya, anda bisa mengganti kaca film berkualitas, anti panas dan anti sinar ultra violet. Sekarang ini sudah banyak yang menjual kaca film mobil berkualitas, sehingga anda tidak perlu susah mencari.

Sebelum anda membeli kaca film ini, sebaiknya ketahui beberapa hal berikut dengan baik. Dengan begitu anda bisa membeli kaca film yang sesuai kebutuhan.

  • Darkness atau intensitas kegelapan

Tentunya tiap-tiap kaca film mempunyai intensitas atau ketebalan gelap berbeda-beda. Mulai dari 20 – 80%. Dan untuk kaca depan mobil, akan lebih baik jika tidak memakai kaca film dengan intensitas lebih dari 40%. Karena hal ini akan membahayakan terutama saat malam hari. Ini dikarenakan bisa mengganggu pandangan.

  • UVR (Ultra Violet Rejected)

Adalah jumlah keseluruhan dari persentase sinar ultra violet yang mampu ditahan film. Semakin tinggi persentase, maka kualitasnya akan semakin baik. Dengan begitu sinar ultra violet bisa lebih banyak ditolak dan dipantulkan oleh kaca film. Sehingga tidak terjadi yang namanya ac mobil keluar angin panas.

  • TSER (Total Solar Energy Rejected)

Digunakan untuk melihat keseluruhan jumlah persentase energi sinar matahari yang ditolak kaca film. Cara kerjanya serupa dengan UVR. Kaca film TSER berkualitas bisa menghindarkan dari ac mobil yang hanya keluar angin.

  • IRR (Infra-Red Rejected)

Merupakan seluruh jumlah persentase sinar infra merah dari matahari yang bisa dipantulkan kaca film. Jika angka persentase IRR semakin tinggi, maka kaca film pun akan semakin berkualitas.

AC mobil hanya keluar angin bisa diperbaiki selama mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Untuk beberapa orang yang masih tergolong awam mengenai sistem AC tentu akan sedikit kesulitan mengetahui. Oleh sebab itulah semoga informasi ini bisa membantu anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab ac mobil panas hanya keluar angin.

Dan untuk AC mobil anda yang sudah terbilang rusak cukup parah dan membutuhkan bengkel ac mobil. Maka Dokter Mobil menjadi pilihan terbaik untuk anda. Ini dikarenakan bengkel ac mobil ini sudah berpengalaman dan memiliki montir terbaik.

Baca juga : AC mobil xenia panas

Perbaikan ac mobil anda akan dikerjakan oleh para montir terbaik dan menggunakan alat-alat canggih. Sehingga proses perbaikan bisa lebih cepat selesai dan hasilnya akan memuaskan. Sudah banyak pelanggan dari berbagai kalangan yang mempercayakan perbaikan ac mobil keluar angin panas di Dokter Mobil. Bahkan artis-artis terkenal pun sudah mempercayakan perbaikan ac mobil di bengkel Dokter Mobil. Oleh sebab itulah pastikan untuk memperbaiki AC mobil anda hanya di Dokter Mobil.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC MOBIL PANAS HANYA KELUAR ANGIN

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *