Solusi Ac Mobil Xenia Panas Ini Perlu Anda Ketahui

Daihatsu Xenia merupakan MPV yang dibuat oleh pabrikan mobil Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Dimana pada tahun 2003 pertama kali masuk produksi dan menjadi generasi pertama sampai tahun 2011. Untuk Xenia generasi pertama diproduksi dalam 3 tipe. Yakni Daihatsu Xenia MI, Daihatsu Xenia Li dan Daihatsu Xenia Xi. Varian dari Daihatsu Xenia Mi dan Li ini dirancang memakai mesin dengan kapasitas 1.0L. Sedangkan untuk Daihatsu Xenia Xi memakai kapasitas mesin 1.3L. Dan memilki perbedaan tidak adanya power steering pada Daihatsu Xenia Mi dan Li. Dan tipe Mi sendiri merupakan varian terendah dari generasi pertama Daihatsu ini.

Sebagai generasi pertama, Daihatsu mempunyai desain eksterior cukup modern. Hal ini ditunjukkan dari peminat dari kendaraan roda empat yang masih cukup banyak. Meskipun fitur yang disematkan pada Daihatsu Xenia generasi pertama terbilang cukup minim, bahkan tidak ada fitur canggih. Misalnya tidak adanya lampu turning pada spion, pada headlamp tidak ada lampu LED dan desain headlamp terasa biasa saja. Namun hal ini tidak membuat peminat Daihatsu Xenia semakin surut. Pada bagian interior pun tidak ketinggalan zaman dengan kabin luas, sehingga para penumpang dan pengemudi semakin terasa nyaman. Daihatsu Xenia ini memiliki fitur AC yang memberikan kesejukan ketika berkendara.

Kenapa AC Mobil Xenia Panas Di Siang Hari?

Berkendara dengan menggunakan kendaraan roda empat di siang hari di jalanan padat terkadang membuat penumpang maupun pengendara merasa gerah. Sehingga membuat para pengendara mulai menyalakan AC untuk membuat udara panas yang ada di dalam kabin menjadi lebih dingin. Namun sayangnya, AC mobil xenia panas ketika dihidupkan. Padahal ketika malam hari terasa dingin. Dan hal ini hanya terjadi pada siang hari saja. Seolah AC yang sudah menyala ini tidak bisa meredam suhu panas yang ada di dalam kabin. Terlebih ketika terjebak macet, tambah tidak bisa dingin AC mobil tersebut.

Ada baiknya jika sebelum membawa ke bengkel AC mobil, anda mengecek suhu di dalam kabin saat AC dinyalakan. Perlu diketahui bahwa suhu di luar kabin dan di dalam ini berbeda sekitar 10˚C. Jadi misalnya di luar kabin Mobil Daihatsu Xenia 30˚. Maka di dalam kabin mobil sekitar 18 – 20 ˚C ketika AC dinyalakan. Apabila perbedaan suhu terbilang masih normal, maka bisa melanjutkan pemeriksaan ke komponen lainnya.

Biasanya AC mobil xenia panas di siang haru ini karena extra fan berputar secara tidak maksimal. Dimana putaran extra fan melemah sehingga proses kondensasi pada kondensor kurang optimal. Sehingga tekanan freon menjadi lebih tinggi. Dan ketika hal ini dibiarkan berlarut, maka freon akan terbuang sedikit demi sedikit lewat sil sambungan pipa atau selang. Yang mana sil sambungan pipa atau selang tersebut tidak mampu menahan tekanan gas freon.

Baca juga : ac mobil panas hanya keluar angin

Jika extra fan sudah tidak bisa bekerja secara maksimal, maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengganti extra fan tersebut. Juga jangan lupa untuk mengecek kondisi freon, karena bisa saja terjadi kebocoran yang mengakibatkan kerusakan pada extra fan. Apabila extra fan ini dibiarkan terlalu lama rusak dan tidak diganti. Hal ini akan membuat tekanan overheat dan komponen ac menjadi bocor.

AC mobil xenia panas

Ac mobil xenia panas pun tidak terhindarkan akhirnya. Selanjutnya bisa juga karena kondisi evaporator yang sudah kotor. Biasanya hal ini dirasakan ketika angin yang keluar dari AC kecil meski sudah dalam kondisi maksimal. Juga bisa karena filter AC terdapat kotoran menumpuk.

Kondisi pada evaporator yang kotor bisa dilihat dari selang gas bertekanan rendah. Apabila selang gas tekanan rendah terdapat embut ketika ac dinyalakan tetapi kabin tidak sejuk. Hal tersebut menjadi salah satu indikasi jika evaporator perlu dibersihkan. Dengan kondisi extra fan dan evaporator normal serta bersih. Maka tidak mungkin AC tetap panas ketika siang hari.

  • Memeriksa Kondisi Kaca Film

Untuk anda kebetulan memiliki mobil lawas seperti Daihatsu Xenia generasi pertama, cobalah untuk memeriksa kaca film. Saat ac mobil xenia panas dan tidak dingin seperti biasanya ketika di siang hari dan malam hari. Maka ada kemungkinan, kaca film mobil tidak mampu menahan sinar ultra violet dari matahari. Bisa jadi kaca film mobil Daihatsu Xenia anda perlu di-upgrade. Biasanya kaca film dari mobil lawas belum mempunyai teknologi untuk memantulkan sinar panas. Dimana hanya membuat ruang kain terlihat gelap. Sehingga saat matahari bersinar terik, tidak ada lapisan yang menahan atau mengurangi intensitas cahaya masuk ke kabin.

Mayoritas dari kaca mobil sekarang ini dibekali teknologi anti-UV dan anti panas. Juga mampu meredam sinar matahari yang masuk ke kabin. Oleh sebab itulah anda harus mengganti kaca film mobil dengan yang berkualitas baik. Sehingga AC mobil bisa kembali terasa dingin ketika berkendara di siang hari. Ada banyak varian dan merek kaca film yang bisa dibeli. Sebelum menentukan pilihan kaca film seperti apa yang akan dibeli. Ada baiknya mengetahui kaca film seperti apa yang dibutuhkan.

Berikut beberapa istilah yang perlu anda ketahui sebelum membeli kaca film untuk mobil Daihatsu Xenia anda.

  1. Darkness (intensitas kegelapan)

Merupakan kadar ketebalan kaca film yang mampu ditembus oleh cahaya. Biasanya diukur berdasar persentase. Mulai dari 20 – 80%. Untuk kaca depan mobil tidak dianjurkan lebih dari 40%. Hal ini adalah standar keamanan untuk berkendara, sebab jika lebih bisa berbahaya. Khususnya saat berkendara di malam hari.

  1. UVR (Ultra Violet Rejected)

Adalah jumlah persentase dari sinar ultraviolet yang ditolak oleh kaca film. Jika semakin tinggi angka tersebut, maka kualitasnya akan semakin baik. Dan semakin banyak sinar ultraviolet yang dipantulkan.

  1. TSER (total solar energi rejected)

Istilah ini digunakan untuk mengetahui jumlah persentase total energi matahari yang mampu ditolak oleh kaca film. Sama seperti halnya UVR, jika angkanya semakin besar maka kualitasnya semakin baik.

  1. IRR (Infra-Red Rejected)

Maksudnya jumlah sinar infra merah yang bisa ditolak oleh kaca film. Hal ini masih sama dengan UVR dab TSER, jika angkanya semakin besar tentu kualitasnya juga semakin bagus.

Nah itulah beberapa solusi yang bisa anda jadikan alternatif sebelum ke bengkel ac mobil. Akan tetapi jika memang sudah tidak bisa ditanggulangi dengan beberapa cara diatas. Maka anda bisa membawa ke bengkel ac mobil yang sudah berpengalaman untuk memperbaiki ac mobil xenia panas. Anda bisa membawa mobil anda ke bengkel Dokter Mobil. Sudah banyak pelanggan yang mempercayakan perbaikan ac mobil ke bengkel tersebut. Bahkan beberapa artis pun sudah percaya dengan kemampuan mekanik dari bengkel Dokter Mobil. Jadi jangan menunggu sampai ac mobil anda benar-benar rusak. Segera bawa ke bengkel Dokter Mobil untuk diperbaiki.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC mobil xenia panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *