penyebab ac mobil panas di siang hari

Ketahui 11 Penyebab Ac Mobil Panas Di Siang Hari

AC atau air conditioning menjadi salah satu bagian cukup penting untuk sebuah kendaraan roda empat seperti mobil. Karena AC ini berguna untuk membuat ruangan di dalam kabin menjadi lebih sejuk dibandingkan dengan udara panas di luar. Perlu diketahui bahwa suhu di luar mobil lebih panas dibandingkan dengan suhu di dalam kain dengan AC menyala. Adanya hawa dingin dari AC ketika berkendara tentu akan membuat pengendara dan penumpang menjadi lebih nyaman. Melakukan aktivitas seperti mengobrol pun akan lebih nyaman karena udara di dalam mobil sangat sejuk.

Namun yang tidak disangka oleh pemilik mobil adalah ketika menyalakan ac mobil pada siang hari malah terasa panas. AC mobil panas di siang hari ini tentunya membuat tidak nyaman, baik penumpang maupun pengemudi. Pasalnya, ketika AC dinyalakan saat malam hari tidak panas sama sekali. Tentunya hal ini membuat anda bertanya-tanya bukan? Apa yang membuat ac mobil panas saat siang?

ac mobil panas siang hari

11 Penyebab AC Mobil Panas Di Siang Hari

Sebenarnya ac mobil panas pada siang hari ini dikarenakan beberapa hal. Berikut 11 penyebab ac mobil panas di siang hari:

  1. Temperatur mesin panas

Terlalu besarnya tekanan yang terjadi pada sistem AC maka akan membuat overheat. Dan tekanan besar ini pun akan menyebabkan magnetic clutch putus. Juga bisa membuat arus listrik yang menuju field coil putus. Sehingga membuat body kompresor tidak mampu bekerja secara maksimal.

  1. Lemahnya kompresi di kompresor

Fungsi dari kompresi yang terjadi di kompresor adalah untuk mendistribusikan freon. Kompresor yang masih dalam keadaan sehat bisa mendistribusikan freon sampai evaporator. Beda dengan kompresor yang sudah drop. Apabila kinerja kompresor bekerja berat ditambah dengan udara panas saat siang hari. Tentu akan membuat kinerja kompresor menjadi turun. Sehingga membuat ac mobil panas saat siang.

  1. Fan radiator tidak berputar kencang

Untuk fungsi dari fan radiator adalah membuang udara panas yang ada di kondensor. Jika putaran fan menjadi lemah. Maka terjadi peningkatan suhu di dalam mesin.

  1. Terjadi kebocoran freon

Salah satu hal membuat ac mobil panas ketika siang hari adalah permasalahan satu dengan lain yang saling terkait. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa putaran kipas radiator kurang kencang membuat tekanan freon tinggi karena suhu tidak stabil. Juga hal ini membuat freon akan terbuang sedikit demi sedikit lewat seal pembuangan antar pipa. Atau lewat seal shaft pada kompresor. Dan perlu digaris bawahi bahwa freon habis ini karena terjadi kebocoran, bukan dari efek sirkulasi freon di dalam ac.

  1. Evaporator yang kotor

Komponen evaporator yang berada di dalam sistem AC mobil ini berguna untuk mendistribusikan udara dingin ke kabin mobil. Untuk cara kerjanya hampir mirip seperti paru-paru yang menganar udara sehat untuk tubuh. Jadi ketika evaporator kotor atau tersumbat tentu membuat udara dingin kurang sejuk dan cenderung panas. Dan di perparah oleh kondisi panas ketika siang hari. Apabila udara dari AC kurang sejuk, hal ini bisa dikarenakan evaporator yang mulai drop. Sehingga kurang mampu menyeimbangkan udara yang berada di dalam kabin. Untuk menyeimbangkan sudah terlalu berat, apalagi untuk membuat udara di dalam kabin sejuk. Oleh sebab itulah untuk mengatasi ac mobil panas di siang hari adalah dengan membersihkan evaporator ini.

  1. Filter kabin yang kotor

Untuk filter ini berguna untuk menyaring udara, apabila filter ini kotor tentu membuat sirkulasi udara tidak bisa lancar. Ibaratkan filter ini adalah ventilasi rumah. Ketika ventilasi udara ini kotor atau tersumbat, tentu udara yang masuk akan terhalang. Biasanya udara pada saat siang hari akan minim angin. Sehingga akan memperburuk keadaan, belum lagi jika terjebak macet. Kebanyakan jalan perkotaan, sebut saja Kota Jakarta, sudah udara siang panas pun macet terjadi dimana-mana.

  1. Lemahnya extra fan

Extra fan ini berguna untuk mempercepat pendinginan gas freon. Dan jika komponen satu ini lemah, maka proses kondensasi pada freon akan menjadi terganggu. Jarak extra fan yang dekat dengan radiator. Jadi ketika extra fan ini lemah atau mati, maka panas pada radiator akan diserap kondensor. Hal inilah yang membuat keseluruhan mesin akan terpengaruh dan terjadilah overheating.

  1. Berlebihan-nya tekanan pada sistem AC

Dan hal ini pun bisa terjadi apabila oli kompresor berlebihan sehingga menyebabkan tekanan freon meningkat. Tekanan berlebihan ini langsung membuat kompresor ikut memanas. Jika hal ini sampai terjadi, maka kondensor akan sulit melakukan proses kondensasi. Sehingga membuat udara yang dikeluarkan oleh AC menjadi tidak maksimal.

  1. Tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi

Jika air kondensasi tersumbat biasanya karena kotoran yang ikut terserap blower atau evaporator kotor. Yang mana membuat lendir dan menyumbat saluran buang. Hal ini bisa dilihat pada bawah dashboard yang meneteskan air.

  1. Perjalanan macet

AC mobil panas di siang hari juga bisa disebabkan karena jalan yang macet. Ketika jalan macet, sirkulasi atau distribusi freon Ac menjadi tidak optimal. Ini disebabkan kinerja kompresor tidak optimal, meski kompresor sudah bekerja normal. Biasanya jalanan perkotaan besar seperti kota Jakarta pada siang hari yang macet dimana-mana. Tentu hal ini membuat mesin mobil semakin panas.

  1. Kelebihan penumpang

Hal seperti penumpang yang berlebih ini akan membuat udara di dalam kabin sedikit sulit bersirkulasi. Untuk AC mobil kelebihan penumpang ini membuat penyesuaian suhu semakin berat. Namun hal ini bisa diatasi dengan memakai AC double blower. Tetapi sayangnya di beberapa mobil belum terpasang AC double blower sehingga membutuhkan penambahan-nya. AC mobil membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk mendinginkan kabin jika memarkir dibawah terik matahari langsung. Ini dikarenakan udara terperangkap di dalam bain tidak bisa bersirkulasi.

Baca juga : Mengatasi AC Mobil Lama Dinginnya

Cara Mengatasi AC Mobil Panas Di Siang Hari

Nah itulah beberapa hal yang membuat ac mobil panas pada siang hari. Jika anda rajin untuk melakukan pengecekan pada beberapa komponen diatas. Maka tidak akan sampai terjadi AC panas ketika siang hari. Namun jika ac mobil anda sudah terlalu parah dalam mengeluarkan hawa panas.

Maka satu-satunya solusinya cara adalah dengan membawa mobil ke bengkel resmi. Dengan membawanya ke bengkel resmi, maka akan diperbaiki oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Salah satu bengkel ac mobil resmi yang sudah berpengalaman adalah Dokter Mobil.

Bengkel ac mobil di Jakarta ini sudah memuaskan ratusan sampai ribuan pelanggan yang mengeluhkan AC mobil panas. Teknisi yang mengerjakan perbaikan ac mobil ini sudah berpengalaman di bidangnya. Alat-alat yang digunakan pun canggih dan modern, sehingga semakin membuat perbaikan rapi dan aman. Oleh sebab itulah sebaiknya anda memperbaiki ac mobil panas saat siang hanya di Dokter Mobil.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

AC mobil panas siang hari

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *