📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Tips! 15 Cara Mudah Merawat Kompresor AC Mobil Kamu di Rumah

cara merawat kompresor AC mobil

Doktermobil.co.id Kali ini akan menjelaskan cara merawat kompresor AC mobil yang perlu Kamu ketahui nih. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya di bawah ini ya!

Dalam cuaca tropis seperti Indonesia, AC mobil menjadi teman setia dalam perjalanan. Namun, terkadang kita lupa betapa pentingnya menjaga kesehatan kompresor AC mobil kita.

Cara Merawat Kompresor AC Mobil

Seperti jantung bagi tubuh manusia, kompresor adalah jantung dari sistem pendinginan mobil Kamu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merawatnya dengan baik.

Berikut penjelasan bagaimana cara merawat kompresor AC mobil Kamu agar tetap berfungsi optimal dan tahan lama.

1. Membersihkan Filter Udara Secara Berkala

Seperti napas yang bersih untuk manusia, filter udara yang bersih juga penting bagi kompresor AC mobil. Debu dan kotoran dapat mengganggu kinerja kompresor, mengurangi efisiensi pendinginan, dan memaksa kompresor bekerja lebih keras.

Pastikan untuk membersihkan atau mengganti filter udara secara berkala agar aliran udara tetap lancar dan beban kerja kompresor tetap optimal.

 

2. Cek Kondisi Kompresor

Lakukan pemeriksaan visual pada kompresor secara teratur. Perhatikan apakah ada tanda-tanda kebocoran minyak atau pendingin.

Jika Kamu melihat tumpahan minyak atau jejak pendingin yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan mekanik terpercaya.

Mengatasi masalah kecil sebelum menjadi besar adalah kunci dalam merawat kompresor AC mobil Kamu.

3. Pastikan Tersedia Pelumas yang Cukup

Seperti mesin lainnya, kompresor AC juga membutuhkan pelumas untuk menjaga komponen internal tetap bekerja dengan lancar.

Periksa level pelumas secara berkala dan pastikan selalu dalam kondisi yang memadai.

Pelumas yang cukup akan membantu mengurangi gesekan, panas berlebih, dan menjaga kesehatan kompresor.

4. Jaga Suhu Mobil dalam Batas Normal

Suhu yang ekstrem dapat berdampak buruk pada kompresor AC mobil. Jika mobil terlalu panas atau terlalu dingin, kompresor bisa menjadi stres dan lebih cepat aus.

Usahakan menjaga suhu mobil dalam kisaran normal agar kompresor bekerja dengan efisien dan tahan lama.

Baca Juga: Kompresor AC Mobil Copotan, Yakin Aman untuk Digunakan?

5. Hindari Penggunaan Berlebihan

Menggunakan AC terus-menerus dengan suhu yang sangat rendah bisa memberi tekanan berlebih pada kompresor.

Gunakan AC sesuai kebutuhan dan hindari penggunaan berlebihan yang dapat mempercepat keausan kompresor.

6. Jalankan AC Secara Teratur

Meskipun terkadang Kamu tidak memerlukan pendinginan udara, tetaplah menjalankan AC dalam waktu yang wajar secara teratur.

Hal ini membantu menjaga kesehatan sistem dan mencegah kompresor dari kerusakan akibat kelangkaan penggunaan.

7. Cek Tekanan Refrigeran

Pastikan tekana refrigeran dalam kondisi optimal. Tekanan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat merusak kompresor dan sistem pendinginan secara keseluruhan. Cek secara berkala dan sesuaikan jika diperlukan.

8. Rutin Periksa Kondensor

Kondensor bertugas untuk membantu menghilangkan panas dari refrigeran. Pastikan kondensor bersih dari kotoran dan debu yang bisa menghambat transfer panas.

Membersihkan kondensor secara berkala akan membantu menjaga efisiensi sistem pendinginan.

9. Matikan AC Sebelum Mematikan Mesin

Kebiasaan mematikan mesin sebelum mematikan AC akan membantu mengurangi beban kerja kompresor.

Matikan AC beberapa menit sebelum mematikan mesin agar sisa panas yang masih ada dapat dihilangkan tanpa harus bekerja keras.

10. Gunakan Kembali AC secara Berkala

Meskipun mungkin terdengar aneh, tetapi menggunakan kembali AC yang sudah lama tidak digunakan dapat membantu menjaga kelembaban dalam sistem.

Ini dapat mencegah retaknya komponen karet dan menjaga fleksibilitas sistem.

11. Perhatikan Bunyi yang Tidak Biasa

Jika Kamu mendengar suara berisik atau tidak biasa saat AC dinyalakan, segera periksa oleh mekanik terpercaya. Bunyi-bunyi aneh bisa menjadi tanda awal masalah pada kompresor.

12. Lindungi Kompresor dari Paparan Langsung Matahari

Paparan langsung matahari dapat menyebabkan kompresor bekerja lebih keras dan mempercepat keausan. Parkir kendaraan di tempat yang teduh atau gunakan penutup jendela saat parkir.

13. Bersihkan Saluran Pembuangan Air

Air kondensasi yang tidak dapat mengalir dengan baik dapat menyebabkan kelembaban berlebih dalam sistem, memicu pertumbuhan jamur, dan merusak kompresor. Pastikan saluran pembuangan air tidak tersumbat atau terhambat.

14. Rutin Periksa Drive Belt

Drive belt yang kendur atau aus dapat mengganggu operasi kompresor. Periksa drive belt secara berkala dan pastikan kekencangannya sesuai rekomendasi pabrikan.

15. Jaga Kebersihan Interior Mobil

Debu dan kotoran dalam mobil dapat masuk ke sistem AC melalui ventilasi. Pastikan interior mobil tetap bersih untuk mengurangi risiko kontaminasi pada kompresor.

Mengingatkan kembali bahwa merawat kompresor AC mobil bukanlah tugas yang sulit, tetapi itu sangat penting. Dengan mengikuti tips di atas.

Kamu dapat menjaga kesehatan kompresor AC mobil Kamu dan memastikan perjalanan tetap nyaman dalam suhu yang menyenangkan.

Service AC Mobil Secara Berkala di Dokter Mobil

Bingung cari bengkel spesialis AC mobil untuk percayakan perawatan dan permasalahan AC mobil Kamu terkait cara merawat kompresor AC mobil?

Bengkel Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur bisa jadi pilihan tepat untuk Kamu tuju dan cari!

Tentunya dapat berkonsultasi terkait cara merawat kompresor AC mobil, dengan para teknisi yang berpengalaman.

Mereka dapat memberikan diagnosis yang akurat dan solusi yang tepat terkait cara merawat kompresor AC mobil Kamu.

Kualitas dan kredibilitas Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam menangani berbagai masalah perawatan dan perbaikan.

Berkat penggunaan peralatan canggih dan terkini serta ditangani langsung oleh teknisi AC mobil yang sudah sangat ahli.

Sehingga pelayanan seputar AC mobil begitu banyak dipercayakan oleh pengguna mobil di Indonesia, termasuk soal perawatan terkait mesin mobil mati tapi AC tetap nyala.

Semakin terjamin kualitasnya, layanan service AC di Dokter Mobil Kelapa Gading sudah sesuai standar internasional dengan mengantongi ISO 9001:2015 Quality Management System.

Membuktikan bahwa setiap layanan yang diberikan oleh Dokter Mobil Kelapa Gading memang sudah terjamin mutunya.

Ditambah kualitas layanan Service AC mobil sudah banyak direkomendasikan dengan kredibilitas kuat sejak tahun 2015 dan kini Dokter Mobil sudah tersebar di 28 titik daerah di Indonesia.

Langsung saja kunjungi Dokter Mobil Kelapa Gading dan Dokter Mobil Lontar Jawa Timur dalam perbaiki masalah AC mobil Kamu, terkait cara merawat kompresor AC mobil.

Berikut adalah titik-titik lokasi bengkel Dokter Mobil spesialis AC mobil yang bisa dengan mudah Kamu tuju:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil juga memiliki cabang lain di Dokter Mobil Kelapa Gading 2 yang dapat Kamu kunjungi, tentu dapat membantu permasalahan pada kendaraan mobil Kamu, terkait cara merawat kompresor AC mobil.

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkr Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil juga memiliki cabang di Dokter Mobil Lontar Jawa Timur, untuk Kamu disekitaran Jawa Timur bisa langsung kunjungi cabang ini ya.

Tentunya juga dapat membantu permasalahan pada kendaraan mobil Kamu, terkait cara merawat kompresor AC mobil.

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Pastikan untuk lakukan reservasi agar Kamu bisa langsung dapatkan penanganan tanpa harus menunggu antrean. Proses reservasinya pun sangat mudah, Kamu cukup menghubungi Dokter Mobil via WhatsApp (atau klik di sini).

Tim bengkel Dokter Mobil juga dapat membantu Kamu mengarahkan menuju lokasi cabang terdekat. Adapun Kamu juga bisa melakukan request penjemputan mobil oleh tim Dokter Mobil jika Kamu berhalangan untuk datang langsung ke lokasi bengkel.

Pastikan untuk reservasi terlebih dahulu via WhatsApp karena ada banyak promo-promo kejutan yang bisa Kamu manfaatkan!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru