Jangka Waktu Ganti Freon Ac Mobil

Batas Jangka Waktu Ganti Freon Ac Mobil

Jangka Waktu Ganti Freon Ac Mobil? Salah satu dari kenyamanan memiliki mobil tentu nya salah satunya adalah bagian sistem pendingin atau air conditioner atau lebih sering kita dengar dengan sebutan AC, dengan itu apabila AC dari mobil tersebut berjalan dengan baik akan memberikan kenyamanan dari segi kesejukan di dalam mobil atau kabin. Hal ini juga sangat berharga sekali jika cuaca di siang hari sangat terik sekali.

Berbeda apabila jika AC didalam mobil tidak berjalan dengan baik, mungkin bagi pengemudi atau penumpang akan merasakan aroma bau yang tidak sedap, yang biasanya orang-orang akan berkata untuk menyarankan cepat-cepat mengganti isi freon tersebut.

Padahal hal tersebut atau AC tidak berjalan dengan baik biasanya harus di dahulukan pengecakan terlebih dahulu unutk memastikan apakah ada kerusakan atau tidak, tentu hal ini belum tentu juga harus menambah isi freon atau tidak, maka dari itu harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu, yang harus di cek biasanya seperti bagian filter kabin, apabila tidak ada filter kabin atau sudah kotor, maka itu debu akan cepat masuk kedalam evaporator blower atau bisa juga masuk melalui filter silika dari kondesor yang sudah kotor.

Kebanyakan yang mendapatkan kendala seperti ini justru dari mobil-mobil keluaran terbaru yang meskipun tidak semuanya dilengkapi dengan filter kabin, yang khususnya terdapat di mobil yang dijual dipasaran dengan tipe yang sangat standar, sehingga untuk mengantisipasi nya dapat juga ditambahkan filter kabin tentunya harus cocok dengan tempat yang sudah disediakan oleh pabrik mobil tersebut, yang biasanya bisa disimpan di belakang dashboard laci.

Kotoran yang masuk kedalam filter kabin atau blower sumbernya berasal dari debu karpet mobil atau juga bisa dari sepatu atau sandal atau juga barang lainnya yang kotor, untuk solusinya bisa di bersihkan atau diganti. Untuk isi atau penambahan freon juga tergantung kondisinya, biasanya tidak usah untuk mengganti atau mengisi lagi isi freon itu.

Jika diharuskan mengganti atau menambah isi freon atau juga penggantian filter harus diganti segera mungkin atau nanti akan mungkin bisa menambahkan dari kerusakan pendinginya dan apabila untuk kerusakan yang lebih parah jika AC nya tidak dingin sama sekali agar di anjurkan untuk service atau lebih sering disebut “turun dashboard”, jika saja terjadi seperti ini biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal lagi.

Untuk perawatan selanjutnya disarankan bagi pemilik mobil untuk mengecek secara berkala dari kebersihan dari filter kabin supaya hembusan angin nya selalu baik dan untuk menjaga juga kompresor agar lebih ringan lagi. Jangka waktu yang lebih baik pembersihan nya pun tergolong sangat lama yaitu delapan bulan sekali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar tidak ada kendala lebih baik lagi mengganti filter kabin yang kegunaannya untuk tidak “turun dashboard” dan akan dijamin umur nya akan panjang.

Jika tidak ada perawatan sama sekali tentu masalah nya akan lebih parah lagi dan akan terasa ketika 2 atau 3 tahun kedepannya, tentu bagi pemilik mobil tidak ingin seperti itu, yang perlu di ingatkan yaitu belum tentu kalian harus mengganti atau menambah isi freon jika AC mobil kalian tidak dingin, untuk mejaga nya perlu dilakukan pengecekan secara berkala dan sering melakukan pembersihakn di bagian filter mobil kalian.

Dan sudah menjadi hal yang wajar jiga dari pemilik mobil ini mengira jika AC mobil nya tidak dingin itu disebabkan oleh isi freon nya habis, kenapa begitu? Karena freon ini adalah cairan utama yang ada pada sistem AC yang mengubah gas melalui evaporator.

Jangka Waktu Ganti Freon Ac Mobil

 

Jangka Waktu Ganti Freon Ac Mobil

Sudah tidak heran lagi jika AC tidak dingin lagi maka freon lah yang dikira menjadi penyebabnya, padahal yang sebenarnya isi freon tidak bisa habis, melainkan seperti halnya tadi sudah disebutkan yaitu saluran nya tertutup oleh debu yang sudah mengendap terlalu banyak.

Ada juga penyebab apabila AC mobil tidak dingin yaitu terjadi kebocoran yang ada di sistem AC yang tentu faktor nya tidak jauh lagi yaitu umur dari AC itu sendiri, yang perlu kalian ketahui juga di dalam sistem AC ada beberapa komponen yang harus di perhatikan, karena sistem ini berkaitan satu dengan yang lainnya yang diantara nya yaitu kondesor, kompresor, evaporator dan receiver drier. Jika ada salah satu dari komponen itu rusak maka penyebabnya akan berdampak kepada dinginnya AC mobil tersebut.

Nah, jika evaporator yang ada di dalam dashboard itu menjadi bagian pendinginnya, jika evaporator ini rusak pasti disebabkan oleh faktor usia, karena bagian dari evaporator ini yang sering dilewati oleh freon maka lama kelamaan akan keropos yang mengakibatkan kebocoran, untuk umur dari evaporator ini pun sangat relatif karena tidak dapat di patokan dengan jarak tempuh mobil tersebut, jadi harus terhitung jiga dalam keadaan macet atau tidak yang dimana AC masih menyala, maka dengan normalnya tiga dari jarak tempuh dan itulah angka yang aktif dari AC bekerja.

Maka dari itu untuk jangka waktu isi freon itu sendiri tidak ada itungan angkanya, karena isi freon tidak bisa habis yang harus diperhatikan yaitu yang sudah kita bahas tadi yaitu bagian komponennya, jika semua aman maka kerja dari AC nya akan selalu maksimal. Untuk yang sangat maksimal tentu perawatannya pun harus semaksimal mungkin, tentu juga kalian tidak ingin berpanas-panasan kan di dalam mobil.

Dan untuk mengisi freon jika diperlukan juga tidak boleh terlalu penuh, jika kalian mengisi nya terlalu penuh maka tidak bagus juga, itu akan mengganggu kerja dari otomatisnya. Ketika isi dari freon masih cukup tetapi kalian tidak merasakan dingin atau AC tidak bisa mendinginkan kabin, maka yang harus segera di cek yaitu bagian dari komponen-komponennya, jangan langsung berfikiran bahwa isi freon habis.

Baca Juga : mesin mobil cepat panas

Untuk memeriksanya cukup mudah karena komponen-komponen nya sudah nampak sangat jelas dan untuk mengecek nya kalian cukup menggunakan air sabun untuk mengecek apakah ada kebocoran pada selang AC nya atau tidak, jika tidak ada kebocoran maka cek bagian komponen-komponen yang lainya.

Jika masih sulit untuk mengecek apakah komponen-komponen nya masih bekerja dengan baik atau tidak nya segeralah untuk mengecek ke bengkel-bengkel yang ahli pada bidang AC mobil, dan untuk menegaskan nya lagi bahwa isi freon tidak mungkin habis hanya saja itu anggapan kebanyakan orang yang mengganggap jika AC mobil tidak dingin, faktor utamanya yaitu isi freon habis, tentu itu salah besar sekali, maka dari itu coba untuk mengikuti langkah-langkah pengecekan yang sudah kami berikan kepada kalian yang tentunya ingin merawat mobil kesayangan kalian yang utama nya AC mobil atau pendingin kabin.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Ganti Freon Ac Mobil

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *