Mesin Mobil Cepat Panas

Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat Ac Hidup

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat Ac Hidup – Memiliki mobil sendiri tentunya menjadi salah satu impian dari setiap orang. Karena dengan memiliki mobil maka bisa membawa lebih banyak orang dalam satu kendaraan. Beda dengan mengendarai motor yang hanya bisa muat dua orang saja. Selain itu memiliki mobil ini juga memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Yakni pemilik mobil tidak akan merasakan kepanasan saat matahari sudah tinggi. Juga tidak akan terkena guyuran hujan ketika hujan datang. Serta serentetan keuntungan lain yang siap menanti anda ketika memiliki satu unit mobil di garasi rumah. AC mobil menjadi salah satu kelebihan yang akan didapatkan oleh pemilik mobil. Karena dengan menyalakan AC, maka suhu panas di dalam kabin bisa diminimalkan.

Akan tetapi apa jadinya jika ketika AC dinyalakan yang ada hanya hembusan angin panas dari blower AC. Tentu hal ini akan terasa menyebalkan bukan? Ada beberapa spekulasi yang mengatakan bahwa mobil menjadi cepat panas karena AC yang dihidupkan terlalu lama. Benarkah spekulasi tersebut? Atau ternyata memang ada banyak faktor yang menjadi penyebab mesin mobil panas jika ac dinyalakan?

Saat mobil dihidupkan, maka mesin-mesin akan bekerja sesuai fungsinya. Dan juga otomatis efek sampingnya adalah suhu mesin memanas dan merembet ke dalam mobil. Namun saat mesin tersebut bekerja terlalu keras, maka bisa menyebabkan overheat. Terlebih lagi ketika AC mobil dinyalakan, maka beban mesin pun mengalami peningkatan. Untuk membantu kinerja mesin, pembakaran BBM pun naik sehingga membuat suhu di dalam mobil juga cepat naik. Meskipun salah satu penyebab utama mesin mobil memanas karena AC. Namun masih ada banyak hal yang menyebabkan AC mobil panas.

Baca Juga :  jangka waktu ganti freon ac mobil

Mesin Mobil Cepat Panas

8 Penyebab AC Mobil Menjadi Panas Ketika Dinyalakan

Untuk anda yang memiliki mobil dan tergolong pemilik baru. Mungkin akan sedikit panik ketika mendapati AC mobil yang mengeluarkan hawa panas. Pun mungkin anda akan bertanya-tanya ‘ac mobil panas apa penyebabnya?’. Berikut beberapa penyebab yang membuat AC mobil anda terasa panas ketika dinyalakan.

  1. Magnetic clutch

Gejala awal yang bisa dirasakan jika magnetic clutch bermasalah adalah dari AC yang awalnya terasa dingin di jalan lenggang. Tetapi saat sudah masuk jalan padat atau macet, maka AC mobil akan tiba-tiba terasa panas. Dan saat kondisi jalan sudah lenggang, maka AC mobil akan terasa dingin kembali.

  1. Fan radiator atau cooling fan ac mati

Apabila cooling fan atau extra fan ini mati, maka pembuangan di dalam kondensor tidak akan sempurna. Sehingga membuat tekanan kondensor kepanasan atau overheat. Sehingga bisa membuat kinerja kompresor menurun, biasanya hal ini akan terasa saat mobil macet atau berhenti.

  1. Kelebihan freon

Beberapa orang awam menjadikan penyebab ac panas pada mobil adalah kekurangan freon. Sehingga pemilik mobil akan membawa ke bengkel abal-abal dan mengisinya dengan freon. Perlu digarisbawahi bahwa freon di dalam sistem AC ini tidak bisa berkurang jika tidak terjadi kebocoran. Oleh sebab itulah jika terjadi kekurangan freon, akan lebih baik jika melakukan pengecekan terlebih dahulu. Karena bisa saja terjadi kebocoran freon entah di bagian mana. Dan perlu diketahui juga bahwa freon yang berlebih membuat tekanan menjadi tinggi dan overheat. Yang secara otomatis membuat kompresor menjadi panas dan membuat turun performa dinginnya. Bahkan overheat kompresor ini akan membuat cut atau off.

  1. Sistem AC mampat

Biasanya terjadi pada dryer filter, kondensor dan ekspansi valve. Dan efek mampat ini membuat sirkulasi ac menjadi terhambat dan membuat AC tidak konstan dinginnya.

  1. Kompresor aus

Biasanya kompresor aus ini karena pemakaian yang sudah lama dan perlu diganti. Gejalanya bisa ditemukan pada sight glass menghitam dan adanya bunyi berisik. Jadi akan membuat hal lain terjadi, yakni tersumbatnya bagian dryer filter dan juga ekspansi valve.

  1. Kotornya evaporator

Penyebab ac mobil cepat panas lainnya adalah karena komponen evaporator yang kotor. Sehingga membuat aliran udara yang masuk ke dalam mobil tersumbat dan membuat angin blower kecil. Kotoran ini biasanya dikarenakan debu menumpuk pada bagian evaporator. Untuk menanggulanginya bisa dipasang kabin filter supaya debu tidak mudah masuk ke bagian evaporator.

  1. Sistem AC bocor

Hal lain yang menjadi penyebab ac mobil jadi panas adalah karena terjadi kebocoran pada sistem ac. Seperti kebocoran pada kondensor atau evaporator. Yang mana biasa terjadi pada Seal O Rung atau komponen yang lainnya.

  1. Suhu mesin overheat

Saat radiator mampat, thermostat rusak, air radiator bocor, water pump rusak sampai silinder head mesin bisa membuat suhu mesin overheat. Sehingga menimbulkan ac mobil menjadi tidak dingin alias terasa panas. Apabila mesin overheat, maka tekanan freon juga overheat. Sehingga membuat kompresor kepanasan dan membuatnya cut/off untuk sementara.

  1. Kelistrikan

Beberapa bagian AC bisa hidup karena adanya aliran listrik. Dan ketika jalur listrik tersebut terganggu. Maka bisa dipastikan bisa membuat salah satu atau salah dua komponen tidak bisa berfungsi dengan baik. Sehingga menjadi penyebab ac mobil panas dan tidak dingin lagi.

  1. Fan belt putus

Sebab ac mobil panas lainnya adalah karena fan belt atau drive belt yang putus. Fungsi dari fan belt ini untuk menyalurkan putaran mesin ke kompresor. Jadi saat fan belt ini putus, maka kompresor tentu tidak akan bisa berjalan dengan baik. Dan ketika kompresor tidak bisa bekerja dengan normal, membuat aliran freon tidak mampu bersirkulasi. Sehingga membuat ac mobil menjadi panas dan hanya mengeluarkan angin kurang dingin saja.

Mengatasi Penyebab AC Mobil Terasa Panas

Lewat uraian diatas, penyebab ac mobil tidak panas adalah karena banyak hal. Sehingga sebagai pengguna mobil, sebaiknya menganalisis dengan baik apa penyebabnya. Apabila bukan karena bagian yang menunjang sistem, bisa melakukan pengecekan pada mesin. Apakah terjadi overheat atau tidak. Sebab jika mesin overheat maka akan membuat kompresor menjadi tidak bisa bekerja.

 

Dan untuk mengatasi penyebab AC mobil terasa panas ini bisa dilakukan beberapa cara. Misalnya mencuci AC mobil, jika anda mencuci AC mobil. Maka kotoran pada ac mobil akan menghilang dan membuat hawa dingin bisa memenuhi kabin mobil dengan baik. Biasanya dashboard ac mobil, kipas ac mobil dan evaporator menjadi sarang kotoran. Selain itu anda juga bisa melakukan flushing AC mobil atau mengganti spare part yang bermasalah. Bagi anda yang memiliki keluhan mengenai AC yang sudah panas, maka Dokter Mobil bisa menjadi solusi terbaik untuk anda. Karena bengkel resmi Ac mobil ini bisa menemukan apa penyebab ac mobil panas dan memperbaikinya dengan baik. Hal ini dikarenakan Dokter Mobil memiliki teknisi terbaik dan kompeten, sehingga perbaikan bisa cepat selesai dengan baik.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Mesin Mobil Cepat Panas

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *