📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

5 Jenis Kerusakan Relay AC Mobil Avanza, Harus Waspada!

5 Jenis Kerusakan Relay AC Mobil Avanza

Relay AC (Air Conditioner) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan mobil. Termasuk pada mobil Avanza yang membutuhkan kenyamanan ekstra sebagai mobil ‘andalan keluarga Indonesia’.

Relay ini berfungsi sebagai saklar elektronik yang mengontrol aliran listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan kompresor AC mobil.

Namun, seperti komponen elektronik lainnya, relay AC mobil Avanza dapat mengalami beberapa permasalahan yang perlu diidentifikasi dan diperbaiki agar sistem pendinginan AC mobil berfungsi dengan baik.

Jenis Permasalahan Relay AC Mobil Avanza

Agar masalah relay AC mobil Avanza ini bisa teratasi tanpa ganggu performa AC mobil Avanza Anda, berikut ini adalah beberapa jenis permasalahan umum yang dapat terjadi pada relay AC mobil Avanza:

  1. Relay AC Mobil Mati

Salah satu permasalahan yang umum terjadi pada relay AC mobil Avanza adalah ketika relay tersebut mati atau tidak berfungsi sama sekali.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti koneksi yang longgar antara relay dan komponen lainnya, kerusakan pada kabel atau terminal relay, atau komponen relay yang rusak.

Ketika relay mati, tidak ada arus listrik yang mengalir ke kompresor AC, sehingga AC mobil tidak akan mengeluarkan udara dingin.

  1. Kontak yang Terbakar atau Aus

Relay AC mobil Avanza memiliki kontak yang berfungsi sebagai penghubung antara sirkuit listrik. Kontak ini dapat mengalami masalah seperti terbakar atau aus akibat panas yang dihasilkan saat relay bekerja.

Kontak yang terbakar atau aus dapat mengakibatkan hilangnya kontak listrik yang stabil antara relay dan komponen lainnya dalam sistem AC mobil.

Hal ini dapat mengakibatkan AC mobil tidak berfungsi atau menyebabkan fluktuasi suhu yang tidak normal.

  1. Relay Macet

Salah satu masalah mekanis yang dapat terjadi pada relay AC mobil Avanza adalah saat relay macet atau terjepit.

Ini bisa terjadi akibat kotoran, debu, atau kerak yang menumpuk di dalam relay, atau bisa juga disebabkan oleh ausnya mekanisme internal relay itu sendiri.

Ketika relay macet, mekanisme penghubung yang seharusnya bergerak bebas menjadi terhambat. Akibatnya, sinyal listrik tidak dapat mengalir dengan benar, menyebabkan AC mobil tidak dapat beroperasi atau tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Kadang Nyala Kadang Mati

  1. Relay yang Terkunci atau Terjebak

Permasalahan lain yang mungkin terjadi pada relay AC mobil Avanza Anda adalah ketika relay terkunci atau terjebak dalam posisi tertentu.

Hal ini bisa terjadi akibat kerusakan pada mekanisme internal relay atau penggunaan yang berlebihan. Ketika relay terkunci, maka aliran listrik tidak dapat diatur dengan benar, sehingga mengganggu kinerja sistem pendinginan AC mobil.

Pada kondisi ini, perlu dilakukan penggantian relay yang baru agar fungsi pengontrolan aliran listrik dapat berjalan normal kembali.

  1. Relay yang Rusak secara Elektrik

Relay AC mobil Avanza juga dapat mengalami kerusakan secara elektrik. Hal ini dapat terjadi akibat lonjakan tegangan listrik yang tidak normal, arus yang berlebih, atau gangguan pada sistem listrik mobil secara keseluruhan.

Ketika relay mengalami kerusakan elektrik, fungsi pengontrolan aliran listrik terganggu, dan ini dapat menyebabkan AC mobil tidak berfungsi atau bekerja secara tidak normal.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pemeriksaan mendalam oleh ahli elektronik mobil yang berpengalaman dan melakukan penggantian relay jika diperlukan.

Penting untuk diingat bahwa dalam menghadapi permasalahan relay AC mobil, sebaiknya berkonsultasi dengan bengkel atau ahli AC mobil yang terpercaya.

Mereka memiliki pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk melakukan pemeriksaan mendalam, mengidentifikasi masalah, dan melakukan perbaikan yang tepat pada relay AC mobil.

Jika Anda ingin lakukan perawatan AC mobil Avanza dengan prima dengan harga yang bersahabat, Dokter Mobil bisa jadi pilihan tepat untuk Anda.

Dengan ragam keunggulan dan tawaran menariknya, Anda bisa langsung datang ke lokasi bengkel Dokter Mobil terdekat di:

Dokter Mobil Kelapa Gading
Lokasi: Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Dokter Mobil Kelapa Gading 2
Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua Ruko Gading Lavender No.88 D, Pegangsaan Dua, Jakarta, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena apapun masalah AC mobil Avanza Anda, percayakan pada Dokter Mobil pasti beres! Gak beres? GRATIS!

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi