Penyebab Kompresor AC Mobil Avanza Berisik

Penyebab Kompresor AC Mobil Avanza Berisik

Penyebab Kompresor AC Mobil Avanza Berisik – Memilki mobil Toyota Avanza memang menjadi salah satu keuntungan bagi setiap orang. Kendaraan yang berasal dari pabrikan Toyota ini memang selalu digemari. Ini dikarenakan Toyota Avanza ini mempunyai beberapa kelebihan. Diantaranya adalah dari segi desain yang stylish dan simpel, irit konsumen BBM, perawatannya mudah dan murah. Serta masih banyak keuntungan lain yang akan didapatkan oleh pemilik Toyota Avanza ini. Mempunyai mobil tidak hanya menjadi status sosial saja, tetapi keberadaan mobil memang cukup penting.

Di zaman sekarang ini siapa yang tidak ingin memiliki mobil? Hampir semua orang menginginkan memiliki satu unit mobil di dalam garansi. Dengan memiliki mobil, maka bisa membawa anggota keluarga tanpa perlu kepanasan atau kehujanan. Salah satu keuntungan dari memiliki mobil adalah karena adanya AC. Karena dengan adanya AC maka penumpang dan pengendara bisa tetap merasakan sensasi dingin dan sejuk dibandingkan dengan udara luar.

Kompresor AC mobil menjadi salah satu bagian komponen AC mobil yang berperan saat proses pendinginan. Komponen kompresor AC mobil ini bekerja di awal siklus pendinginan. Dimana fungsinya menghisap freon dalam kondisi tekanan kabin rendah. Baru setelah freon menjadi gas tekanan tinggi, ia diubah menjadi bentuk cair oleh kondensor AC. Kondensor, kompresor AC dan freon merupakan salah satu bagian kesatuan yang tidak terpisahkan. Umumnya kompresor AC ini memiliki masa pakai sekitar 5 – 15 tahun saja.

Kompresor sendiri merupakan bagian mahal dan vital. Dan ketika komponen tersebut rusak, maka anda bisa mengeluarkan banyak anggaran. Selain itu juga bagian komponen lain yang berhubungan dengan kompresor akan terkena imbasnya. Apabila sudah rusak total dan tidak lagi bisa diperbaiki, maka hanya ada satu solusinya. Yakni membawa ke bengkel yang memiliki kompresor ac baru. Kabar baiknya bahwa 80% penyebab dari kompresor ac berisik ini bisa dicegah apabila masalahnya sudah mulai terlihat. Juga dilakukan service dalam waktu tepat. Masalah-masalah seperti ini bisa dideteksi dan diminimalkan selama masa perawatan AC mobil secara berkala.

Kenapa Kompresor AC Mobil Berisik?

Salah satu hal yang sering menjadi masalah dari kompresor AC mobil adalah bunyi berisik. Biasanya bunyi berisik muncul saat AC mulai bekerja dan kembali normal ketika AC mobil off. Lantas apa yang menyebabkan kompresor ac mobil berisik? Simak dibawah ini.

  1. Oli kompresor habis

Adanya oli kompresor yang digunakan sebagai pelumas kompresor AC ini dimaksudkan supaya tidak membuat cepat panas dan mengurangi gesekan. Apabila terjadi kekurangan atau kehabisan oli kompresor maka kinerja kompresor berat dan terjadi gesekan. Sehingga menimbulkan bunyi berisik pada kompresor AC ketika AC mobil dinyalakan. Kondisi kehabisan atau kekurangan oli ini perlu diwaspadai karena terjadi kebocoran. Dan kebocoran ini terjadi pada seal atau pipa.

  1. Silinder atau piston yang sudah aus

Apabila AC mobil anda terdengar suara berisik, bisa jadi piston atau silinder sudah aus. Sebaiknya anda segera mengganti kompresor AC mobil dengan yang baru. Piston atau silinder sudah aus ini dikarenakan faktor usia mobil yang sudah menua.

  1. Thrust bearing longgar

Jika thrust bearing longgar tentu membuat putaran mesin akan menjadi tidak stabil. Sehingga menimbulkan bunyi berisik saat AC mobil dinyalakan. Thrust bearing yang longgar ini umumnya dikarenakan posisi pemasangannya yang kurang tepat. Namun tidak perlu bingung-bingung, karena bisa diatasi dengan cepat dan seperti semula lagi.

  1. Noken as kompresor yang tidak presisi

Untuk tipe mobil tertentu seperti tipe ND, seringkali ditemukan kondisi noken as kompresor tidak presisi penempatan-nya. Sehingga tidak ada yang menjadi pembatas piston, yang mana piston bisa bergerak melebihi batas maksimal. Perlu diketahui bahwa gerakan piston yang tidak terkendali ini bisa memicu terjadinya benturan valve. Yang mana membuat kompresor ac mobil berisik.

  1. Adanya benda asing

Ketika ada benda asing yang masuk ke dalam mobil tentunya menjadi perhatian. Misalnya daun kering atau benda lain. Jika benda asing tersebut masuk ke dalam AC mobil, tentu akan menyebabkan bunyi cukup berisik. Dengan masuknya benda asing tentu menghambat kinerja mesin AC dan menyebabkan adanya gesekan antara benda asing serta mesin AC mobil. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda memastikan tidak adanya barang-barang yang masuk ke dalam mobil.

  1. Magnetic clutch mengalami masalah

Sebagai pemilik mobil, tentunya anda sudah tidak asing dengan yang namanya magnetic clutch bukan? Magnetic clutch ini adalah bagian paling penting pada AC mobil. Apabila magnetic clutch terjadi masalah, maka kinerja AC pun bisa bermasalah. Misalnya AC tidak dingin atau AC yang terdengar suara berisik. Terlebih lagi magnetic clutch ini merupakan penghubung antara mesin dengan kompresor.

Baca Juga :  lampu indikator ac mobil mati

  1. Terjadi kebocoran pada saluran AC mobil

Apabila saluran AC mobil mengalami kebocoran, maka pada bagian refrigerant akan terkuras dan membuat cepat habis. Oli yang ada pada bagian refrigerant pun akan semakin habis. Jika oli habis, maka terjadi gesekan antar piston. Dan seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa gesekan antar piston ini bisa membuat kompresor ac mobil berisik.

  1. Kompresi pada kompresor menghilang

Seperti yang diketahui bahwa kompresor Ac ini berguna untuk memompa udara dari bagian freon ke kondensor. Jadi apabila kinerja kompresor ini melemah, tentu udara yang dipompa ke kondensor akan ikut melemah. Oleh sebab itulah bunyi berisik akan terdengar. Dan juga membuat AC mobil menjadi tidak dingin.

Solusi Untuk Kompresor AC Mobil Berisik

Nah itulah beberapa penyebab terdengar suara berisik di dalam ac mobil. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut maka anda tidak akan lagi kesulitan ketika terjadi masalah pada kompresor ac. Untuk anda yang masih awam mengenai komponen ac mobil. Maka beberapa hal diatas bisa menjadi informasi terbaik untuk anda.

Dan untuk mengatasi kompresor ac mobil berisik. Maka salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan membawanya ke bengkel ac resmi untuk diperbaiki. Di zaman yang serba modern dan canggih ini untuk menemukan bengkel ac mobil bukan lagi hal sulit. Namun untuk menemukan yang benar-benar berpengalaman memang sedikit sulit. Oleh sebab itulah anda tidak bisa asal memilih bengkel ac untuk diajak kerja sama. Salah satu bengkel resmi yang sudah berpengalaman dan terpercaya di Jakarta adalah Dokter Mobil.

Bengkel ac terbaik ini bisa memperbaiki kompresor ac mobil anda yang berisik dengan baik dan seperti baru lagi. Proses pengerjaan perbaikan kompresor ac mobil ini dikerjakan oleh teknisi atau montir terbaik. Pun peralatan yang digunakan pun terbaik dan canggih, sehingga hasilnya benar-benar seperti baru lagi. Oleh sebab itulah banyak pelanggan yang mempercayakan perbaikan ac mobil di Dokter Mobil.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Kompresor AC Mobil Avanza Berisik

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *