Penyebab Lampu Indikator Ac Mobil Mati

Hal Yang Menjadi Penyebab Lampu Indikator Ac Mobil Mati

Lampu Indikator Ac Mobil Mati? Sekarang ini berkendara di kota besar yang notabene jalanan serba macet dan panas, tidak afdol jika tidak menghidupkan AC. Karena dengan menghidupkan AC, maka suhu di dalam kabin mobil akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan suhu di luar mobil. Oleh sebab itulah kebanyakan pengendara akan menyalakan AC dan mengaturnya dalam kondisi yang cukup dingin. Dengan begitu selama perjalanan tidak akan merasa kepanasan. Selain adanya AC di dalam mobil, anda sebagai pengemudi maupun penumpang tidak akan terkena panas atau guyuran hujan. Maka dari itulah kebanyakan masyarakat kelas menengah ke atas lebih memilih menggunakan mobil sebagai kendaraan pribadi. Baik mobil sedan, MPV, dan jenis mobil lainnya.

Namun apa jadinya, jika lampu indikator ac mobil mati? Tentunya hal ini akan membuat anda sedikit resah bukan? Terlebih lagi anda tidak terlalu mahir atau mengetahui dengan baik komponen-komponen yang berada di dalam sistem AC tersebut. Maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan membawanya ke bengkel perbaikan AC mobil.

Hal Yang Menjadi Penyebab Lampu Indikator AC Mobil Mati

Saat lampu indikator ac mobil mati, pastinya ada komponen yang bermasalah. Dan jika tidak segera diperbaiki, maka bisa membuat komponen lain ikut bermasalah juga. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Dan berikut beberapa hal yang menyebabkan lampu indikator AC mobil mati.

  1. Thermistor rusak

Fungsi dari thermistor ini adalah sebagai sensor pada indoor, dimana berperan untuk mengatur kompresor secara otomatis lewat perubahan temperatur di thermistor. Prinsip kerja dari thermistor ini akan memutus arus yang menghubungkan ke unit outdoor jika dingin ruangan sudah mencapai suhu tertentu. Letak dari thermistor ini berada di unit indoor dna terkoneksi dengan PCB modul menggunakan socket. Lalu bagaimana untuk mengetahui thermistor ini rusak atau tidak? Pada dasarnya kita bisa menggunakan multi tester, namun akan sedikit sulit prosesnya. Jadi cara paling mudahnya adalah dengan mencoba dan langsung melakukan tes.

Kerusakan pada thermistor AC mobil ini bisa dikenali dengan beberapa ciri berikut ini:

  1. AC tidak dingin

Apabila anda sudah mengatur suhu AC mobil di paling suhu rendah, namun tetap tidak terasa dingin. Maka bisa jadi kompresor AC mobil sering mati hidup. Perlu diketahui bahwa thermistor ini sudah sensitif pada suhu dingin. Sehingga dengan cepat memutuskan arus. Sehingga suhu di dalam kabin mobil belum dingin, AC mobil sudah mati terlebih dahulu. Namun perlu diketahui juga, bahwa matinya harus bersamaan dengan kipas. Jika hanya kompresor-nya saja, maka bisa karena ampere kompresor sudah tinggi atau kapasitor tidak optimal.

  1. Terdengar bunyi berisik

Jika ketika anda menyalakan AC dan terdengar bunyi berisik, bisa dipastikan jika thermistor rusak. Oleh sebab itulah harus dilakukan pergantian thermistor baru.

  1. Motor fan tidak bekerja

Peran dari motor fan ini sendiri adalah untuk mengatur besar kecilnya hembusan udara dingin yang keluar dari AC mobil. Maka pastikan dengan baik bahwa motor fan ini bisa bekerja dengan baik. Karena jika sudah tidak mampu bekerja lagi, maka harus segera dilakukan penggantian. Sebab jika tidak segera dilakukan pengecekan, maka akan merembet ke masalah lain. Tidak hanya membuat lampu indikator ac mobil mati saja. Selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada bearing. Apakah seret atau tidak?

  1. Blower tidak bekerja

Fungsi dari blower AC ini adalah untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator. Apabila blower tidak mampu bekerja dengan baik, tentu akan memengaruhi kinerja AC mobil. Oleh sebab itulah sebaiknya segera cek kondisi blower AC mobil anda dengan mengukur kapasitor blower. Juga harus melakukan pengecekan pada bearing blower, baik itu seret atau tidak. Anda harus bisa memastikan bahwa semuanya dalam kondisi yang baik.

  1. Jalur PCB putus karena korosi

Putusnya jalur PCB pada modul AC juga bisa menjadi penyebab lampu ac berkedip dan penyebab lampu ac mobil mati. Maka dari itulah sebaiknya lakukan pengecekan modul AC dengan memakai multi tester.

  1. Kurang freon (refrigerant) pada AC Mobil

Jumlah freon yang berkurang tidak hanya membuat suhu di dalam kabin mobil kurang dingin, tetapi juga menyebabkan lampu panel ac mobil mati. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan pengecekan pada tekanan dan arus kerja AC mobil. Jika freon pada sistem kurang, maka bisa menambah freon sampai dengan tekanan standar dan arus kerja yang sesuai. Namun perlu diketahui dengan baik bahwa freon ini tidak akan bisa berkurang atau habis jika tidak terjadi kebocoran. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda mengecek apakah terjadi kebocoran pada sistem AC atau tidak.

  1. Kelistrikan yang tidak stabil

Beberapa komponen AC mobil bisa menyala karena aliran listrik. Jadi ketika jalur listrik ini terganggu, maka bisa membuat salah satu komponen menjadi tidak bisa berjalan. Sehingga membuat AC mobil menjadi panas dan menyebabkan lampu indikator menjadi mati.

Selain keenam hal tersebut, masih ada beberapa hal yang sekiranya bisa membuat lampu indikator AC mobil ini mati. Diantarnya adalah sebagai berikut ini.

  • Menghidupkan AC ketika mobil berjalan

Salah satu kesalahan yang cukup sering menjadi penyebab kenapa lampu ac mobil mati adalah ketika menghidupkan AC di saat putaran mesin tinggi. Karena hal ini akan merusak AC mobil dan menyebabkan kerusakan pada lampu indikator. Kenapa dikatakan salah, sebab ketika mobil melaju dan pedal gas diinjak. RPM mesin sudah tinggi sehingga tingkat kecepatan pulley juga ikut tinggi.

  • Tidak membuang udara di mobil

Kesalahan kedua adalah langsung menghidupkan AC mobil setelah berjalan tanpa membuka kaca jendela. Padahal dengan membuka jendela mobil sangat di sarankan. Karena jendela mobil yang dibuka ini akan membuang udara di kabin setelah di parkir. Terutama pada mobil yang diparkir pada ruangan terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga :  kompresor ac mobil avanza berisik

Penyebab Lampu Indikator Ac Mobil Mati

Cara Mengatasi Lampu Indikator AC mobil Mati

Nah itulah beberapa hal yang menyebabkan lampu indikator pada AC Mobil bisa mati. Dengan mengetahui beberapa poin diatas, maka anda bisa melakukan pencegahan dengan lebih baik. Akan tetapi jika anda kurang tahu mengenai sistem AC mobil. Dan ingin melakukan perbaikan segera karena takut jika dibiarkan lama akan membuat komponen lain terkena masalah. Solusi paling tepat untuk anda adalah dengan membawa mobil anda ke Dokter Mobil. Bengkel spesialis perbaikan AC ini sudah memperbaiki segala jenis mobil dengan baik. Bahkan para artis ibu kota sudah mempercayakan perbaikan AC ditempat kami. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika anda membawa mobil anda ke tempat kami untuk diperbaiki lampu indikator dan lainnya.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Lampu Indikator AC mobil Mati

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *