Kompresor Ac Mobil Yang Bocor

Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Yang Bocor

Awal dari gejala kompresor AC mobil yang bermasalah

Kompresor Ac Mobil Bocor? Tentu saja kita tidak ingin menghadapi musim kemarau dengan jalanan yang sudah macet seperti sekarang ini tanpa ada AC mobil yang dingin di mobil kita tentunya. Ketika kita sedang menyalakan AC mobil tiba-tiba saja sadar ada hal yang tidak biasa di dalam sistem AC mobil kita, entah itu ada suara yang berisik atau getaran yang aneh.

Ketika di hidupkan AC bukannya mendapatkan udara yang dingin malah udara yang panas, seperti AC tersumbat atupun malah tidak bisa menyala sama sekali. Yang pasti nya ada yang harus diperbaiki dan membawa mobil kita ke bengkel yang selalu di beritahukan apabila masalah nya selalu ada pada kompresor AC.

Bagian AC ini sangat biasa sekali mengalami satu masalah namun untuk kompresor AC ini sendiri bisa memiliki masa pemakaian yang sangat lama sekitar 5 sampai 15 tahun lamanya. Nah kenapa AC mobil kita sering mengalami masalah seperti ini?

Dan belum lagi untuk biaya servis dan kompresor AC nya pun sama sekali tidak bisa dibilang dengan harga yang murah, harga nya pun bisa dibilang lumayan mahal.

Ada beberapa hal atau masalah yang bisa menyebabkan air conditioner pada sistem AC mobil kita ini berhenti atau mati, tapi untungnya untuk memperbaiki AC mobil yang rusak tidak membutuhkan biaya yang cukup besar. Biasanya masalahnya terdapat di bagian selang udara yang mungkin longgar atau pun terlepas yang menyebabkan power blower AC mobil kita terlalu kecil. Atau mungkin juga bisa saja ada sumbatan yang terdapat di bagian filter kabin yang tertutup debu atau mampet dan yang hasilnya akan menyumbat aliran udara didalam sistem AC mobil.

Untuk hal yang buruknya, ketika bagian kompresor AC dan sistem AC lainnya juga rusak, kemungkinan besar nya untuk segera servis besar dan tentu saja akan mengeluarkan banyak sekali biaya untuk hal ini.

Untuk kompresor nya adalah satu komponen yang mahal dan sangat vital, jika saja dibagian ini ada kerusakan yang berat tentu saja harus mengeluarkan biaya tambahan untuk satu harga kompresor yang baru tapi juga ada beberapa jika komponen AC lainnya yang saling menghubungkan dengan kompresor ini juga rusak. Apabila kerusakannya berat dan tidak memungkinkan untuk diperbaiki lagi, supaya segera mencari bengkel yang menjual kompresor AC mobil yang tentunya baru.

Ada kabar baiknya juga, 85% banyaknya penyebab dari kegagalan atau kerusakan pada kompresor dapat juga di cegah jika saja masalah dari kerusakannya sudah mulai kelihatan atau dirasakan sudah bermasalah, asal saja tentunya dengan servis yang rutin dan jangan menunda-nunda ketika sudah merasakan jika AC pada mobil kita sudah tidak nyaman untuk servis. Dengan ini tentu saja kita bisa mengantisipasi dengan baik lagi dan selalu mencegah kerusakan pada AC mobil kita sendiri.

Maka dari itu mari kita bersama-sama kenali lebih dekat lagi mengapa kompresor AC mobil ini bisa bermasalah, sebelum AC mobil kita benar-benar rusak yang tentunya juga tidak mau berpanas-panasan didalam mobil. Mari kita simak beberapa apa saja penyebabnya dan bagaimana saja cara untuk memperbaikinya.

Baca Juga :  ac mobil tidak dingin rpm tinggi

Sebelumnya kita harus tahu dulu, apa sebenarnya kompresor itu?

Kompresor AC mobil kita ini juga sering disebut jantung nya bagi keseluruhan yang ada pada bagian sistem AC mobil kita. Dan berikut inilah beberapa alasan mengapa bisa disebut sebagai jantungnya dari sistem AC mobil:

  • Kompresor ini layaknya seperti jantung manusia yang memompa dara ke seluruh tubuh dan sama juga seperti kompresor ini memiliki tugas yang sama yaitu menekan gas refrigrant atau yang lebih kita kenal sebagai freon ke seluruh bagian sistem AC mobil, yang sehingga kompresor ini dapat membuang udara panas mampun kelembaban yang terdapat didalam kabin.
  • Untuk harga dari kompresor sendiri inipun berharga mahal, bisa juga rusak dan bisa diperbaiki ada juga yang rusak tidak bisa untuk diperbaiki lagi.
  • Untuk kebanyakan pada umumnya kompresor ini mempunyai umur yang cukup panjang dan bertahan lama, meskipun ada yang rusak belum tentu tidak bisa diperbaiki, mungkin saja ada kerusakan pada bagian sistem lainnya dan kemungkinan besar dapat di cegah.
  • Kompresor adalah kunci dari semua komponen untuk bisa menjalan sistem AC secara keseluruhan untuk bisa membuat sistem pada AC ini bekerja dengan baik.

 

Nah sekarang kita sudah mengetahui betapa sangat pentingnya untuk selalu menjaga kompresor tetap dalam kondisi yang baik, untuk selanjutnya kita akan memberikan juga gejala-gejala awal kompresor mobil yang bermasalah dan beberapa hal yang bisa saja menyebabkan kegagalan di bagian kompresor AC dan serta apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa memperbaiki nya.

 

Awal-awal gejala pada kompresor AC mobil jika bermasalah

Ketika kita merasakan ada gejala-gejala atau sudah mendapati masalah dibagian AC mobil kita, yang semisalnya ada hembusan panas ketika posisi mobil berada di kecepatan rendah yang ataupun mendengar suara berisik. Maka mungkin saja ini menjadi gejala awal masalah pada kompresor mobil kita.

Mari kita simak beberapa ciri awal yang harus kita waspadai, supaya kompresor AC mobil kita ini bisa dengan segera mendapatkan pertolongan dan tentu saja supaya tidak merembet ke bagian lainnya yang bisa saja merusak pada bagian lain yang mengakibatkan kompresornya harus diganti dengan yang baru:

 

  • Ada masalah pada bagian magnetic clutch atau bisa disebut sebagai magnet kopling, nah kasus seperti ini banyak sekali terjadi jika ketika kita sedang berada di jalan yang macet atau dengan kecepatan rendah. Udara yang didalam kabin yang tadinya dingin mungkin bisa saja tiba-tiba menjadi panas atau tidak dingin sama sekali. Namun jika dimatikan untuk beberapa saat dan saat dihidupkan kembali, AC ini akan normal kembali yang biasanya setelah kecepatan kendaraan di pacu diatas 1000 rpm.
  • Terjadi kebocoran, jika saja bocornya semakin besar maka dari itu freon akan cepat habisa atau terbuang dan AC pun akan akan terasa semakin tidak dingin. Rata-rata dari kebocoran ini untuk bisa mengahbiskan freon ini bisa berlangsung selama 6 minggu dan itupun freon sudah kosong. Apabila ini terjadi untuk bisa segera dibawa ke bengkel karena mungkin jika di diamkan akan memilik efek samping yang fatal.
  • Ada tekanan juga di bagian kompresor yang berkurang. Diawali dengan hembusan udara dari AC yang terasa kurang dingin ketika injakan rpm mesin dalam kecepatan rendah, namun ketika mobil sudah mulai di kecepatan tinggi hembusan udara dingin ini pun akan terasa.
  • Mendengar suara yang kasar ketika tombol AC ini dipindahkan ke posisi 1-2-3 yang sudah mengindikasikan kalau AC sudah bekerja. Dan untuk kompresor yang bermasalah akan mengeluarkan seperti suara gesekan yang sangat menganggu, namun jika tombol AC ini di mattikan maka suara tersebut pun akan menghilang.

 

Jika kita mendapatkan persis masalah seperti yang diatas tadi, untuk dianjurkan segera membawa mobil ke bengkel yang memang sudah menjadi langganan ataupun bengkel yang sudah terpercaya yang khususnya untuk memperbaiki bagian AC mobil. Jangan sampai menunda atau dibiarkan dan dianggap hal yang sepele, mungkin saja hal ini dapat merembet ke bagian komponen yang lainnya dan bisa berujung kerusakan yang lebih parah lagi. Apalagi untuk kompresor ini tentunya harga nya yang lumayan mahal sekali.

 

Penyebab dari kompresor AC yang bermasalah

Seperti hal yang nya dikatakan sebelumnya, ketika terjadi kerusakan di bagian kompresor dan seringnya itu ditimbulkan oleh masalah yang tersembunyi yang tidak terlihat sehingga menyebabkan sistem pada AC terlalu banyak tekanan.

 

Maka dari itu, selain karena harga dari kompresor ini tidaklah murah, penting juga bagi kita untuk bisa mengetahuinya :

 

  • Untuk mencegah kegagalan pada kompresor ini kita harus bisa mendeteksinya dan memperbaiki masalah yang banyak tidak nampak tersebut.
  • Apabila kita hanya mengganti kompresor yang bermasalah tadi tanpa memperbaiki masalah yang itu, maka kemungkinan besar juga kompresor yan gbaru akan mengalami kerusakan yang sama.

Kompresor Ac Mobil Yang Bocor

Berikut ini adalah beberapa masalah yang menyebabkan kerusakan pada kompresor AC :

 

  1. Bagian Fan lemat atau mati

Apabila dibagian fan AC ini mati atau bisa fan dari radiator mati atau lemah akan membuat satu tekanan ke freon pada jalur high press yang akan meningkat dan menimbulkan overheat dan otomatis ini akan membuat kompresor akan cepat panas dan juga akan berpotensi membuat kompresor ini memuncul suara kasar atau terdapat kebocoran.

  1. Freon yang terlalu sedikit

Apabila di bagian selang freon AC terdapat lubang atapun terdapat retakan maka AC akan cepat mengalami kebocoran. Setelah beberapa saat mungkin freon akan cepat habis dan kompresor akan bekerja lebih keras untuk bisa memompa freon untuk bisa mendinginkan kabin.

  1. Freon yang terisi berlebihan

Dan jika AC mobil kita terlalu banyak diisi freon ini pun tidak baik, hal tersebut ini akan mengakibatkan atau berefek kompresor akan langsung mati.

  1. Mampet

Sistem AC pada dasarnya ialah sirkulasi untuk freon yang secara terus-menerus didalam sistemnya, jika saja aliran sirkulasi ini terhambat atau mampet ini membuat kerja dari kompresor semakin berat tapi sirkulasi nya tidak normal dan kemungkinan besar kompresor akan jebol.

  1. Oli pelumas sangat kurang

Jika oli pelumas ini tidak cukup atau kurang, maka sistem tidak dapat bekerja dengan baik dan masalah yang lainnya akan muncul yang termasuk juga kerusakan pada kompresor. Dan bagian ini juga sangat perlu diperhatikan ketika kita servis di bengkel supaya mengecek oli pelumas ini.

  1. Usia pemakaiannya

Lebih baiknya mengikuti perawatan dan prosedur pemakaiannya yang rutin yang tentunya bisa memperpanjang usia dari komponen kompresornya.

Beberapa cara memperbaiki kompresor AC mobil

Memperbaiki kompresor AC yang sudah rusak tergantung pada jenis kerusakannya dan di bagian mana saja kerusakannya, karena itu harga jual dari kompresor AC mbil dijual dengan harga yang lumayan mahal dan tidak ada yang menjual komponennya saja.

Sebelum memperbaikinya maka dari itu kenali dulu masalah dari kompresor AC nya sebelum mengganti kompresor.

  1. Kendala pada kompresor yang macet

Untuk kendala ini biasa nya disebabkan oleh karat yang terdapat di bagian shaft kompresor dengan bearing bambu dan tidak bisa berputar, untuk bagian ini sebenarnya tidak perlu diganti dengan yang baru, cukup sahja membersihkan karatnya saja.

Untuk membersihkannya bisa membongkar kompresornya kemudian di bersihkan dengan cairan anti karat atau bisa mengamplas nya dengan amplas yang halus, dan lupa juga untuk mengganti oli kompresor nya dengan yang baru.

Perlu di perhatikan juga tidak ada cacat atau goresan seperti piston, dinding silinder atapun bisa klep yang patah, jika klep sampai patah tentu saja harus mengganti nya dengan kompresor yang baru.

  1. Kendala kompresor yang berisik

Untuk kompresor yang berisik, yang pertama kita harus langsung melihat oli dari kompresor tersebut gunanya untuk mengurangi gesekan dan yang terpenting untuk mencegah kompresor tidak cepat panas atau bisa saja ada kesalahan pada pengisian oli pelumas atapun ada kebocoran.

Dan periksa juga dibagian pistonya jika telah aus, hal ini bisa terjadi terhadap mobil yang sudah berumur atau yang jarang sekali men servis nya. Bagian piston yang aus adalah salah satu penyebab dari suara berisik itu. Jika ini sudah terjadi maka kompresor sudah saat nya di ganti.

Selain itupun kita harus memeriksa thrust bearing, jika bagian ini sudah longgar dan biasanya di sebabkan oleh pemasangan yang tidak benar, maka bunyi berisik tadi dapat diselesaikan.

  1. Kompresor macet

Apabila bagian kompresor AC macet, biasanya ini disebabkan kompresor yang terus dipaksa kerja ketika mengalami kerusakan tanpa ada perbaikan, yang ditakutkan adalah kompresor bisa terbakar.

Ketika kita merawat bagian kompresor AC mobil ini dengan baik dan sangat rutin yang tentunya di tangani dengan yang ahli nya, maka kompresor akan berumur panjang. Di anjurkan untuk men servis setidaknya 2 kali dalam kurun waktu 1 tahun ke bengkel yang betul-betul ahli di bidang AC mobil.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *