TUNE UP MOBIL

TUNE UP MOBIL

Setiap kendaraan yang umurnya sudah 1 tahun lebih akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan meskipun service bulanan tidak pernah telat.

Perlu diketahui bahwa performa mobil akan berpengaruh pada kenyamanan ketika mobil diajak berkendara

PILIH BENGKEL TUNE UP MOBIL TERBAIK

Mobil sendiri pada dasarnya adalah sebuah mesin. Dan ketika mesin ini terasa sudah tidak sebaik ketika digunakan pada saat pertama kali. Maka mobil membutuhkan perawatan supaya kinerja mesin menjadi lebih baik lagi. Dan salah satu hal yang bisa dilakukan ketika mobil turun mesin adalah melakukan tune up.

Tune up sendiri merupakan kegiatan merawat dan menjaga mobil yang dijadwalkan rutin. Biasanya satu tahun sekali. Melakukan tune up mobil ini sendiri akan memaksimalkan performa mesin supaya lebih optimal. Juga menghindari risiko kerusakan lebih parah. Serta memastikan kondisi komponen dan semua sistem baik. Setelah proses tune up selesai, maka mobil akan memiliki kondisi sama seperti sebelum di tune up.

 

Untuk tune up yang dilakukan oleh bengkel tradisional biasanya hanya membersihkan ruang pembakaran pada bagian atas. Yang mana tidak membersihkan carbon atau kotoran yang mengendap. Akibatnya setelah melakukan tune up, rasanya sama saja. Oleh sebab itulah anda membutuhkan bengkel terbaik yang mengadopsi tune up terbaik di kelasnya juga. Salah satunya adalah anda bisa melakukan tune up di Dokter Mobil, yang merupakan pelopor tune up tanpa bongkar pertama di Indonesia.

MENGAPA HARUS TUNE UP MOBIL?

Ada beberapa alasan mengapa anda harus melakukan tune up pada mobil kesayangan. Dan berikut beberapa alasan mengapa anda harus melakukan tune up mobil.

 

MOBIL MENGELUARKAN ASAP, TANDA HARUS DI TUNE UP

Ketika sebuah mobil mengeluarkan asap tentu akan menjadi tidak nyaman. Selain menjadikan salah satu faktor polusi udara, hal ini juga mengganggu kesehatan tentunya. Pastinya anda sudah sering menemukan kasus mobil berasap putih atau hitam yang keluar dari knalpot. Dan mungkin hal ini sedang terjadi pada kendaraan pribadi anda. Mobil yang berasap ini bisa dikarenakan beberapa hal seperti knalpot itu sendiri yang bermasalah, bagian filter udara, fuel filter dan pada bagian exhaust gas recirculation kotor. Untuk menanggulangi masalah tersebut, anda bisa melakukan tune up pada mobil kesayangan.

 

TUNE UP MOBIL ANDA JIKA MESIN CEPAT PANAS DAN SUSAH TURUN NYA.

Ketika anda berkendara dengan mobil yang memiliki kondisi mesin panas tentunya akan kurang menyenangkan bukan? Selain kurang menyenangkan, hal ini juga bisa menimbulkan rasa khawatir. Jikalau mobil mogok di tengah jalan dan anda tidak tahu mesin sama sekali. Mesin mobil yang panas ini dikarenakan terjadinya malfungsi dari sistem pendingin, akibatnya suhu mesin jadi cepat panas. Dampaknya komponen mesin akan rusak. Dan bisa jadi mesin mobil mati, bahkan klep atau katup mobil menjadi bengkok karena memuai. Untuk menghindari hal tersebut bisa dilakukan tune up supaya terhindar dari mesin mobil mati dan komponen rusak lainnya.

 

MOBIL YANG PERNAH OVERHEATING HARUS SEGERA DI TUNE UP AGAR KERUSAKAN TIDAK MERAMBAT.

Pemakaian pada di siang hari yang panas atau memaksa menerobos banjir akan membuat kinerja mobil bekerja lebih keras dari biasanya. Dan hal ini biasanya akan memunculkan tanda-tanda overheating. Biasanya untuk mencegah overheating dilakukan dengan rajin mengganti oli dan mengistirahatkan mobil ketika perjalanan jauh. Akan tetapi jika sering overheating, akan lebih baik anda membawa ke bengkel untuk melakukan tune up. Dengan begitu penyebab bisa ditemukan dan diatasi dengan lebih baik tentunya.

 

MOBIL TERASA NGELITIK SUDAH WAKTUNYA TUNE UP

Bunyi menggelitik atau tek-tek pada mobil biasanya dikarenakan kualitas bahan bakar yang digunakan berada di bawah oktan standar. Juga bisa disebabkan karena pompa bensin atau saringan bahan bakar kotor. Tekanan kompresi tinggi dan sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) yang lemah. Untuk memperbaikinya maka anda perlu melakukan tune up untuk mengembalikan mobil ke kondisi semula.

 

MOBIL BOROS DAN AGAR IRIT MUSTI DI TUNE UP

Semakin besar CC sebuah mobil, tentunya semakin besar penggunaan bahan bakarnya. Akan tetapi CC besar dari sebuah mobil tidak berarti penggunaan BBM menjadi boros. Jika anda menggunakan AC mobil dalam jangka waktu lama dan kebutuhan listrik yang semakin besar. Tentu saja kebutuhan bahan bakar akan menjadi lebih besar. Juga kerusakan komponen bisa membuat mobil menjadi lebih boros. Dengan melakukan tune up maka mobil boros bisa diatasi dan menjadi lebih irit pastinya.

 

TUNE UP MOBIL AGAR TIDAK KNOCKING

Terkadang usia mobil tidak menjadi patokan baik tidaknya kondisi mobil. Mobil dengan jarak tempuh sudah jauh pun belum tentu mengalami masalah ringan sampai masalah berat. Hal ini bergantung pada cara pemakaian mobil dan bagaimana merawat kondisi mobil itu sendiri. Mulai dari kaki-kaki, ruang mesin mobil, kabin sampai pada bagian bodi pun perlu perhatian khusus. Ada satu persoalan yang sering terjadi pada mobil, dimana masalah ini tidak bisa diprediksi sama sekali. Yakni gejala knocking. Gejala knocking ini sendiri bisa didengar karena ada bunyi-bunyi pada mesin seperti ketukan. Untuk gejala knocking ini biasanya terjadi karena komponen mesin bergesek atau terjadi benturan. Sehingga mesin tidak bisa bekerja secara optimal dan membuat kerusakan. Namun ada beberapa hal yang memang membuat mobil terjadi gejala knocking. Diantaranya karena bahan bakar yang digunakan memiliki kualitas rendah. Juga pada deposit dinding silinder tebal sehingga membuat kompresi dalam silinder menjadi meningkat. Serta salah dalam memilih busi mobil.

 

MOBIL KENA BANJIR SEGERA BAWA KE BENGKEL TUNE UP

Misalnya anda tinggal di kawasan yang rawan banjir atau malah sedang terkena banjir. Dan hal ini akan membuat terjadi water hammer, yang mana air banjir masuk ke ruang pembakaran di dalam mesin. Yang mana masuk dari saringan udara karena memang dekat dengan genangan air. Kerusakan karena water hammer ini diakibatkan dari bengkok-nya setang piston. Hal ini pun memiliki potensi untuk merusak komponen lainnya. Baik interior, eksterior dan mesin akan sangat merugikan saat terjadi banjir. Ketika mobil terkena banjir tentu akan membuat perbaikan menjadi lebih rumit daripada biasanya. Untuk membuat mobil dalam kondisi normal, maka anda bisa melakukan tune up. Dengan melakukan tune up ini akan membuat kondisi mobil menjadi lebih baik dan normal kembali. Anda bisa melakukan tune up ini di Dokter Mobil. Kami akan membuat mobil kembali ke kondisi semula dan lebih prima.

 

MOBIL TIDAK LANGSAM PERLU DI TUNE UP AGAR DI CEK

Mungkin anda pernah merasakan kondisi mobil tidak bisa langsam ketika akan menghidupkan saat mesin dingin atau pada pagi hari. Biasanya mobil akan bergetar atau tersengal ketika dihidupkan. Sehingga harus diinjak pedal gas terlebih dahulu supaya bisa langsam. Dan saat pedal gas diinjak, knalpot mengeluarkan suara brebet. Jika hal tersebut terus berulang kali terjadi dan tidak dilakukan perawatan, maka akan menyebabkan gangguan yang lebih parah. Hal ini biasanya dikarenakan dari bagian distributor, koil, busi sistem injeksi, karburator, setelan idle katup karburator. Sampai aki yang sudah aus. Untuk orang awam yang baru memiliki mobil tentu akan kesulitan memahami komponen mana yang rusak atau tidak. Oleh sebab itulah jika terjadi masalah tidak langsam pada mobil, maka sebaiknya harus segera diperbaiki. Salah satu caranya adalah dengan melakukan tune up untuk mengembalikan mobil menjadi langsam seperti sedia kala.

 

TUNE UP JIKA MOBIL TERASA NGEMPOS

Jika anda sudah akrab dengan mobil dan hampir setiap hari mengemudikan tentu tidak asing dengan gas mobil. Jika terjadi sesuatu, pastinya anda bisa dengan mudah mengetahui dan sudah bisa merasakannya. Perlu diketahui bahwa tenaga kendaraan bisa menyusut atau berkurang. Ini dikarenakan kinerja komponen lain yang ada dalam mobil berkurang juga tenaganya. Apalagi saat digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Terkadang mobil yang sering digunakan dan tidak dirawat dengan baik akan membuat tenaga mobil ngempos atau berkurang. Ada beberapa faktor yang bisa membuat mobil ini ngempos tenaganya. Diantaranya karena mobil overheating, terjadi masalah pada sistem pengapian mobil, filter udara yang kotor, dan busi kotor. Untuk menghindari mobil ngempos bisa dilakukan perawatan yang baik dan selalu masuk service berkala. Namun untuk mobil yang sudah terlanjur ngempos, maka bisa dilakukan tune up. Dengan melakukan tune up, maka kondisi mobil ngempos bisa dihilangkan. Sehingga mobil bisa kembali digunakan dengan baik seperti sedia kala.

 

MOBIL NDUT NDUTAN WAJIB KE BENGKEL TUNE UP

Mobil yang nyendat atau ndut-ndutan ketika dikendarai tentu akan membuat tidak nyaman untuk pengemudi dan penumpang. Hal ini biasanya karena mobil bekas yang umurnya sudah lumayan tua. Namun mobil ndut-ndutan ini pun tidak hanya berlaku pada mobil bekas saja, namun juga bisa terjadi pada mobil baru. Ada beberapa hal yang menyebabkan mobil menjadi ndut-nudutan. Diantaranya karena masalah pada saluran bahan bakar, kondisi sistem pembakaran serta kondisi mesin mobil yang memang tidak prima.

 

MOBIL PINCANG SEGERA TUNE UP AGAR TIDAK MEMBAHAYAKAN

Mesin mobil akan bisa bekerja dengan baik jika 2 komponen penting bahan bakar pengapian berfungsi sebagaimana mestinya. Jika dua hal tersebut tidak berfungsi dengan baik, maka akan membuat mobil tersebut menjadi pincang. Pincang yang dimaksud adalah perputaran mesin yang tidak normal dan tidak halus seperti pada umumnya. Perlu diketahui bahwa mesin pincang ini akan menghasilkan getaran lebih besar dan tenaga menjadi berkurang. Ada beberapa hal yang membuat mobil menjadi pincang. Diantaranya adalah mengenai busi mati atau kabel busi yang rusak. Selanjutnya dikarenakan sistem bahan bakar yang tidak. Untuk sistem bahan bakar pada mobil sendiri pun dibedakan menjadi dua, yakni konvensional dan injeksi. Demi menghindari mobil pincang dan membuat anda tidak nyaman selama berkendara. Akan lebih baik jika dan melakukan tune up, sehingga kondisi normal bisa dikembalikan dengan baik.

 

TARIKAN MOBIL BERAT TUNE UP SAJA!

Tarikan gas mobil yang lancar dan mulus akan membuat akselerasi menjadi nyaman tentunya. Namun apa jadinya ketika anda mengendarai mobil yang tarikannya berat? Tentu akan menjadi masalah ketika berkendara. Dan akan berimbas pada mobil yang terasa lama ketika melaju. Ada beberapa hal yang membuat tarikan pada mobil menjadi berat. Diantaranya adalah karena kampas kopling yang mulai tipis, sistem rem yang dikencangkan, dan bearing pada roda yang seret. Selain itu juga pada bagian turbo vane macet, sistem transmisi yang bermasalah dan catalytic converter mampat karena tidak dibersihkan. Dan meskipun bagian-bagian tersebut sudah dibersihkan tetapi masih membuat tarikan mobil berat. Maka langkah terbaik yang bisa anda lakukan adalah melakukan tune up pada mobil kesayangan anda. Dengan begitu tarikan mobil akan menjadi seperti semula, mulus dan lancar. Sehingga anda bisa berkendara dengan lebih nyaman dan cepat sampai tujuan.

 

LAMA TIDAK TUNE UP MOBIL BISA TERBAKAR

Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak kendaraan roda empat yang terbakar ketika dikendarai. Dan yang cukup mengkhawatirkan adalah mobil terbakar tersebut tergolong mobil baru yang baru digunakan beberapa tahun atau beberapa bulan saja. Kebanyakan mobil terbakar ini pun bahkan sampai tidak disadari oleh pengemudinya. Tiba-tiba api sudah membesar begitu cepat dan memakan seluruh badan mobil. Terjadinya mobil terbakar ini ada beberapa faktor, diantaranya adalah karena bahan bakar. Selanjutnya dari sistem kelistrikan dari mobil itu sendiri, pada sistem pembuangan (Exhaust), minyak, dan mesin yang kepanasan. Untuk menghindari terjadinya kebakaran pada mobil, anda perlu melakukan perawatan dengan baik. Salah satunya adalah dengan melakukan tune up. Di Dokter mobil anda bisa melakukan tune up untuk menghindari terjadinya kebakaran pada mobil yang membuat nyawa melayang.

 

MOBIL BOROS SEGERA TUNE UP AGAR LEBIH IRIT

Memiliki kendaraan irit bahan bakar tentunya menjadi idaman banyak orang. Kebanyakan orang berpikir bahwa jarang melajukan mobil dengan kecepatan kencang akan membuat lebih. Hal ini merupakan persepsi yang salah, karena terkadang tetap saja mobil boros. Seringnya mobil digunakan membuat semakin aus dan boros ketika memasuki usia tua. Dan hal ini tidak hanya menyangkut boros bensin saja. Bertambahnya usia mobil membuat mobil semakin aus dan boros. Ada beberapa hal yang membuat mobil ini menjadi boros. Diantaranya adalah karena rusaknya karburator pada mobil, kondisi klep yang terlalu rapat dan mampat-nya filter udara. Selain itu mobil boros ini pun juga bisa terjadi karena menggunakan velg yang terlalu besar dan pemakaian AC terlalu sering. Jika anda sudah menemukan tanda-tanda tersebut, maka sebaiknya membawanya ke bengkel dan melakukan tune up. Dengan bantuan tune up maka kondisi mobil yang boros akan teratasi dan anda bisa mendapatkan mobil dengan kondisi semula.

 

MOBIL YANG SUDAH TUNE UP TIDAK AKAN NYENDAT

Mempunyai mobil pastinya harus dirawat dengan baik supaya kondisinya tetap prima ketika digunakan. Jika anda tidak merawat mobil ini dengan baik, maka bisa menyebabkan masalah pada mesin dan komponen lainnya. Dan salah satu masalah yang timbul adalah tarikan mobil nyendat seperti akan mogok. Mengendarai mobil dengan kondisi tersebut tentu akan terasa kurang nyaman. Apalagi ketika anda menggunakan mobil ini saat perjalanan jauh. Umumnya mobil nyendat ini terjadi pada mobil yang sudah tua. Namun bukan tidak mungkin akan terjadi pada mobil baru. Kondisi ini tidak akan baik jika dibiarkan terus menerus. Ada beberapa hal yang membuat mobil nyendat. Diantaranya adalah bahan bakar yang akan habis, filter BBM bermasalah, mesin mobil panas, dan terjadinya masalah pada sistem pengapian. Jika belum terjadi mobil nyendat, maka harus dilakukan perawatan yang baik. Tetapi jika sudah nyendat, maka bisa dilakukan tune up untuk memperbaiki kondisi tersebut.

TUNE UP MOBIL

BENGKEL MOBIL TUNE UP

Mungkin anda sudah melakukan perbaikan pada masalah-masalah yang sering terjadi pada mobil. Namun hasilnya tetap sama saja dan bahkan mungkin menjadi lebih parah. Untuk menghindari kerusakan parah pada mobil kesayangan anda. Akan lebih baik jika anda segera melakukan tune up ke bengkel terbaik. Dokter Mobil menjadi pilihan terbaik untuk anda yang akan melakukan tune up.