Freon Ac Mobil Cepat Habis

Penyebab Freon Ac Mobil Cepat Habis

Penyebab Freon Ac Mobil Cepat Habis? Ada beberapa penyebab AC mobil atau freon tidak dingin atau cepat habis, dikarenakan oleh radiator yang kotor atau tidak pernah di bersihkan, freon habis atau lupa mengisi isi dari freon atau adapun karena cooling fan motor yang mati. Hal tersebut menyebabkan ruang didalam kabin mobil, yang terutamanya pada siang hari saat matahari sedang bersinar dengan terik dan mengakibatkan mesin cepat panas.

Dan tentu saja untuk para pengendara mobil dengan penggunaan AC yang tidak begitu dingin akan membuat merasa tidak nyaman untuk yang berada didalam mobil tersebut. Dan adapun AC yang tidak dingin disebabkan juga karena muatan atau kondisi jumlah dari penumpang tersebut melebihi kapasitas dan tidak bisa menyalahkan beberapa dari penyebab AC tidak dingin.

Perlu juga kamu ketahui bahwa suhu didalam mobill biasanya akan lebih rendah 10 derajat celcius dibandingkan dengan suhu yang ada diluar kabin mobil tersebut.

Bagi kalian yang ingin lebih jauh mengetahui mengenai dari beberapa penyebab AC mobil tidak dingin, simak beberapa hal berikut ini, diantaranya :

  1. Karena isi dari Freon sudah mulai habis

Ketika sudah sering dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama yang terutamanya apabila kalian selalu berkendara dengan menghidupkan AC yang sangat lama, dengan kemungkinan besar nya freon akan cepat kering atau habis. Dan lebih lagi jika kalian berkendara dengan cara yang tidak teratur yang misalnya sering membuka tutup kaca jendela yang pada saat itu sedang menghidupkan AC dan inipun akan membuat AC semakin cepat rusak dan tidak akan tahan lama.

Isi dari freon yang habis selain disebabkan oleh waktu pemakaian yang slama juga bisa dikarenakan adanya kebocoran, yang bisa kalian cek dibagian beberapa sambungan pada pipa AC atau bisa disebut dengan sealt saft compressor.

Sebenarnya tidak begitu sulit untuk mengetahui atau membedakannya,  jika freon itu habis, walaupun dengan dalam keadaan on di setting dengan suhu rendah akan tetap menghasilkan suhu dingin, dan sedangkan apabila relief valve atau seal saft compressor nya rusak besar kemungkinan AC tidak bisa menghasilkan suhu dingin dan tidak bisa sesuai dengan suhu yang kalian inginkan.

  1. Apabila bagian pada Coil Rusak

Selanjutnya yang perlu kalian antisipasi adalah pada bagian di spul magnetic clutch yang rusak atau putus dibagian tersebut, apabila bagian ini rusak atau putus bisa juga menjadi penyebab AC yang tidak dingin.

Kalian bisa mengeceknya kondisi dari coil atapun spul disaat kalian akan menghidupkan mesin dan apabila kompresor AC nya tidak berputar sama sekali saat mesin sudah di hidupkan, ada kemungkinan hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri ada kerusakan di bagian spul atau coil.

  1. Apabila bagian pada Fan Belt AC Putus

Fan belt AC bisa dan sering disebut juga dengan istilah drive belt, dan apabila drive belt atau Fan belt ini rusak atau putus akan menyebabkan juga AC tidak akan dingin. Dari fungsinya Fan belt ini adalah untuk menyalurkan pada putaran mesin yang menuju kepada kompresor mesin.

4. Apabila Radiator Tidak Pernah Dibersihkan

Kotor dibagian Radiator juga bisa menjadi satu masalahyang seringkali menjadi penyebab pada kondisi pada mesin, yang akan mengakibatkan radiator dan kondesor kotor yang akan menghambat kinerja dari mesin itu sendiri.

Jika kotoran itu tidak segera dibersihkan maka akan menjadikan mesin AC akan cepat berkarat dan di pembuangan panas nya pun akan semakin tidak maksimal, sehingga freon yang di butuhkan sangat banyak yang sehingga kinerja pada kondesor nya pun tidak akan maksimal

5. Cooling Fan yang Bermasalah

Dari beberapa penyebab lain pada kabin mobil tidak dingin bisa dikarenakan cooling fan motor nya mati atau tidak berfungsi sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal, ataupun masih hidup maka perputarannya akan sangat lemah sekali dan semua itu akan menyebabkan mesin pada kondesor tidak mampu membuang panas dan udara dingin yang dikeluarkan nya pun akan tidak maksimal.

Freon Ac Mobil Cepat Habis

6. Overheat pada mesin AC

Kejadian overheat pada mesin AC bisa terjadi karena tekanan dalam AC sangat terlalu besar, tekanan inipun bisa menyebabkan putusnya magnetic clutch dan bisa juga mengakibatkan terputusnya arus listrik yang menuju ke field coil yang sehingga body kompresor akan bekerja tidak maksimal ataupun bisa saja mati.

7. Saluran Freon yang masuk ke AC Kurang

Dari beberapa mobil akan membutuhkan freon yang berbeda-beda, dan apabila ruang untuk isi freon tersebut terlalu kecil dan tidak cukup, maka hal inipun bisa menyebabkan tekanan yang berlebihan yang nantinya akan menyebabkan jumlah freon yang masuk kedalam AC akan berkurang.

Penyebab dari masalah ini adalah yang biasanya karena terlalu kelebihan oli kompresor, kelebihan olo pada kompresor pun ini akan mamakan banyak tempat yang sehingga ruangan untuk isi freon akan berkurang sekali.

8. Evaporator yang tidak pernah dibersihkan

Perlu diperhatikan juga pada blower yang ada di permukaan evaporator yang biasanya banyak sekali debu yang menumpuk dan terhisap sehingga akan menempel di permukaan blower tersebut, hal ini pun akan meyebabkan terputusnya aliran udara yang disebabkan oleh kotoran tersebut.

Jika terjadi sumbatan maka akan berefek kepada angin pada AC yang akan berkurang, dan untuk mengatasinya kalian cukup untuk membersihkan bagian dari evaporator agar kotoran dari debu yang menempel tidak menghambat saluran udara.

Baca Juga : isi freon ac mobil

9. Apabila Kompresor AC terkikis

Kalian juga harus mengimbangi lamanya masa penggunaan dengan service yang rutin, apabila terus digunakan, kompresor juga lama-lama akan terkikis atau bisa disebut halus. Dan hal inipun akan menyebabkan tekanan pada kompresor AC bekerja tidak maksimal dan akan menibulkan suara yang sangat berisik, berikut ini beberapa ciri yang harus kamu ketahui apabila kompresor AC sudah halus atau terkikis adalah

  • Jika katup pada ekspansi dan receiver dryer itu tersumbat
  • Jika sigh glass sudah tampak agak menghitam

10. Tingginya temperatur pada mesin

Dari penyebabkan lain AC yang tidak dingin juga bisa disebabkan oleh overheating yang terjadi pada mesin, temperatur yang sangat tinggi akan menyebabkan AC tidak akan dingin.

11. Saluran pada pembuangan tidak lancar

Di bagian saluran pembuangan air juga bisa membuat AC tidak dingin yang disebabkan oleh kotoran debu yang tersumbat, yang biasanya di tandai dengan tetesan air yang berada dibawah dashboard. Dan selain itupun kalian juga bisa mengetahui jika saluran pembuangan tidak lancar akan ada air di kondensasi yang akan memenuhi bagian evap.

12. Kelebihan Penumpang/muatan

Jika kelebihan penumpang ataupun muatan juga akan mempengaruhi terhadap dinginnya AC, karena disebabkan suhu yang panas di bagian ruangan dan tentu kompresor akan bekerja dengan sangat berlebih.

13. Jika cuaca sangat panas

Jika cuaca yang sangat panas yang terutamanya pada siang hari ini juga dapat menyebabkan AC tidak bisa bekerja dengan baik dan apalagi jika dengan penumpang atapun muatan yang berlebihan.

14. Karena thermostat rusak

Bagian inipun jangan dihiraukan, karena thermostat AC mobil juga harus rutin di cek dengan secara berkala, apalagi jika kondisi kabin sudah tidak berasa dingin saat pertama menghidupkan AC, hal inipun patut untuk di cek, jika sudah tidak berfungsi dengan baik maka dianjurkan untuk cepat di ganti.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Freon Ac Mobil Cepat Habis

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *