Penyebab Blower Ac Mobil

Penyebab Blower Ac Mobil Ini Perlu Anda Ketahui Dengan Baik

Penyebab Blower Ac Mobil – Salah satu keuntungan memiliki mobil adalah tetap bisa merasakan hawa dingin meskipun udara di luar terasa panas. Ini dikarenakan mobil memiliki fitur AC yang mampu membuat kabin mobil menjadi dingin. Sehingga membuat perjalanan menjadi lebih nyaman tentunya. Tetapi apa jadinya jika blower ac mobil mati hidup? Yang terjadi hanya Ac akan mengeluarkan hawa panas dan kurang dingin.

Blower pada ac mobil ini berfungsi menghembuskan (blowing) udara segar ke dalam kabin. Pada saat anda menghidupkan AC, udara yang keluar dari ventilasi AC. Dan yang menghembuskan udara tersebut adalah blower. Jadi ketika blower mati, tentu tidak akan ada angin yang akan keluar dari ventilasi. Sehingga membuat panas dan sirkulasi udara di dalam mobil akan macet. Yang mana membuat anda mau tidak mau harus membuka kaca jendela mobil agar udara bisa bersirkulasi lagi. Hampir semua orang tahu bahwa bagian di dalam mobil seperti blower ini bisa berpotensi rusak.

Kenapa Blower AC Mobil Mati?

Ada beberapa hal yang membuat motor blower ac mobil mati. Tetapi dari sekian banyak penyebab, tentunya tidak mesti cocok pada setiap jenis mobil. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Penyebab Blower Ac Mobil Ini Perlu Anda Ketahui Dengan Baik

Pada dasarnya blower adalah kipas elektrik, dimana digerakkan oleh dinamo untuk mengubah energi listrik menjadi energi putar. Yang mana melewati proses elektromagnetik. Jika dinamo rusak, maka membuat blower menjadi mati.

Berikut beberapa komponen yang ada di dalam blower yang bisa berpotensi rusak terlebih dahulu.

  1. Brush atau sikat: sikat tembaga ini berfungsi menyalurkan listrik dari sumber ke rotor dinamis (berputar). Rotor dan sikat terus bergesekan sehingga lama-lama membuat sikat aus. Sehingga membuat listrik dari sumber tidak bisa tersalurkan dengan baik.
  2. Sambungan lilitan yang putus: perlu diketahui bahwa di dalam dinamo ini ada beberapa lilitan tembaga yang satu sama lain terkoneksi. Jika koneksi antar lilitan ini putus, maka menyebabkan dinamo mati.
  3. Terbakarnya dinamo konektor: selain kedua hal diatas, ada juga kasus konektor kabel dinamo meleleh atau gosong. Hal ini karena dinamo yang bekerja bisa mengeluarkan panas. Dan ketika panas dinamo berlebihan, tentu bisa merusak komponen lain. Misalnya konektor dari bahan plastik.
  4. Rangkaian kelistrikan yang rusak

Untuk rangkaian kelistrikan, diantaranya dari sumber arus sampai ke beban. Dan dinamo blower berperan sebagai beban. Terdapat relay dan fuse atau sekring. Jika ada salah satu komponen yang putus, tentu listrik dari aki tidak bisa sampai ke beban. Sehingga menyebabkan ac mobil blower mati. Umumnya yang sering terjadi adalah bagian sekring putus. Perlu diketahui bahwa sekring yang putus ini tidak bisa dianggap sepele. Sekring sendiri berfungsi sebagai pemblokir arus yang berlebihan. Jadi saat fuse putus disebabkan adanya lonjakan arus berlebih yang melintas rangkaian kelistrikan. Hal tersebut menandakan terjadinya korsleting pada rangkaian blower ac mobil. Oleh sebab itulah anda harus waspada.

  1. Kerusakan pada switch atau saklar

Saklar dimanfaatkan sebagai alat untuk mengaktifkan serta mengatur kondisi AC mobil. Pada saklar blower terdapat tingkat speed-nya. Sehingga membedakan dengan saklar-saklar pada umumnya. Untuk cara kerja saklar ini memanfaatkan variable resistor yang mempunyai hambatan berbeda di setiap speed-nya. Speed 1 mempunyai nilai hambatan paling besar supaya tegangan ke dinamo menjadi paling kecil. Jika tegangan yang masuk ke motor blower kecil, maka putaran kipas pun akan menjadi rendah. Semakin tinggi speed-nya, nilai hambatan menjadi semakin kecil. Sehingga putaran kipas juga akan semakin bertambah. Masalah yang sering muncul dari variabel resistor ini adalah mudah putus. Terbilang cukup wajar karena faktor pemakaian. Anda bisa memperhatikan dalam satu kali perjalanan, berapa kali mengatur saklar blower.

Setiap kali mengatur, baik mengecilkan speed atau menambah speed blower. Maka variabel resistor tersebut akan bekerja. Dan ketika sering digunakan maka akan semakin rusak tentunya.

  1. Kondisi freon tidak sehat

Ada beberapa tanda-tanda yang bisa membuat freon tidak bisa bekerja dengan baik. Diantaranya adalah freon membeku, oli freon menipis atau habis, dan tersumbat. Sementara freon sendiri memiliki fungsi memberikan udara dingin ke seluruh bagian dalam kabin. Untuk mengembalikan kondisi freon ini bisa ditangani dengan beberapa cara berikut.

  1. Melakukan pengecekan dimana letak kebocoran pada sistem AC.
  2. Mengisi ulang oli pada freon dalam sistem AC mobil.
  3. Mengganti freon lama dengan freon baru.
  4. V belt putus

Fungsi dari v belt ini adalah sebagai penghubung antara kompresor dengan putaran mesin. Hal ini dikarenakan v belt putus, sehingga AC mobil tidak bekerja dengan baik. Sehingga temperature yang ada di dalam kabin terasa panas. Dan v belt putus ini pun bisa menjadi salah satu tanda ac mobil mati blower hidup.

  1. Motor cooling fan tidak bisa bekerja

Salah satu kipas blower ac mobil mati adalah cooling fan tidak bekerja. Motor cooling fan ini berguna untuk membuang panas dari kondensor. Ketika cooling fan tidak bekerja dengan baik, maka suhu di dalam kabin mobil akan berubah. Dari dingin menjadi kurang dingin, bahkan bisa panas. Juga AC mobil ini bisa mengalami overheating dan menimbulkan kerusakan yang cukup parah nantinya.

Baca Juga :  ac mobil tidak bisa mati otomatis

  1. Kompresor ac macet

Komponen penting lainnya dalam AC adalah kompresor AC. Jika kompresor ac kinerjanya lambat, bisa jadi karena kehabisan oli. Juga bisa karena kurang perawatan. Misalnya kurang sering mengganti filter atau faktor lain seperti terjadi kebocoran freon pada sistem ac. Yang mana tidak segera diperbaiki dan dibiarkan berlarut-larut. Seperti hanya dilakukan pengisian freon tetapi oli kompresor tidak diganti atau ditambah. Sehingga hal ini membuat kompresor menjadi semakin rusak.

  1. Evaporator kotor

Untuk bagian evaporator ini sendiri tugasnya menyaring udara yang berhembus. Jadi ketika evaporator ini kotor, maka komponen ini tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Sebab udara yang dihembuskan oleh AC akan tertahan kotoran atau debu pada evaporator.

Penyebab Blower Ac Mobil

Solusi Motor Blower AC Mobil Mati

Jika anda mengalami kerusakan atau tanda-tanda seperti diatas, maka sebaiknya cepat untuk bertindak. Anda bisa membawa mobil ke bengkel, dengan begitu bagian yang mengalami kerusakan akan segera diperbaiki. Apabila anda belum menemukan bengkel terbaik dan berpengalaman untuk memperbaiki blower ac mobil mati dimana. Maka Dokter Mobil bisa menjadi pilihan paling tepat untuk anda. Bengkel terbaik dan terpercaya di Jakarta ini sudah berpengalaman dalam memperbaiki kerusakan pada AC. Dan sudah banyak pelanggan yang mempercayakan perbaikan AC mobil di bengkel ini. Proses perbaikan ac mobil ini pun hanya menggunakan alat terbaik dan modern, serta ditenagai oleh teknisi andal. Oleh sebab itulah, pastikan untuk memperbaiki kipas blower ac mobil mati hanya di Dokter Mobil.

KUNJUNGI BENGKEL MOBIL TERDEKAT KAMI

Penyebab Blower Ac Mobil

KELAPA GADING Jl. Boulevard Raya, Blok Qj1 No.17
kelapa Gading, Jakarta Utara
087880884576, 082122780482
SERPONG Jl. CBD Ruko Paramount DotCom
Blok Orange No.5 Gading Serpong Kota Tanggerang
081319912289
BEKASI Jl. Kalimalang Raya Blog G9 No.8C
Dekat Pintu Tol BECAKAYU
02122845887
CIBUBUR CIBUBUR
Jl. Alternatif Cibubur Km.4
Kawasan Niaga Citra Gran Blok R6 No.6
085817653292
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *