📢 SELAMAT!! Promo Diskon Service Mobil di Dokter Mobil Berhasil Anda Dapat! Ambil Promo-nya Dengan Cara Klik Disini   📢UNTUNG BANYAK! Ambil Promo Special Service di Dokter Mobil dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek YouTube Dokter Mobil untuk Dapatkan Info Otomotif Terkini dengan Cara Klik Tombol Klik Disini

Tips! Mengenal Ciri Expansion Valve AC Mobil Rusak dan Solusinya

AC mobil adalah penyelamat di musim panas yang terik, tetapi ketika expansion valve-nya rusak, kesejukan di dalam mobil bisa hilang begitu saja.

Ciri Expansion Valve AC Mobil Rusak

Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri expansion valve AC mobil rusak, penyebabnya, serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi yuk mari simak pemaparan lengkapnya di bawah ini ya!

Kenali Tanda-tanda Awalnya

Berikut cara mengenali tanda-tanda awal kerusakan pada expansion valve AC mobil Anda:

  1. Udara Dingin Tidak Keluar

Salah satu tanda paling jelas dari expansion valve rusak adalah ketika udara dingin tidak keluar dari ventilasi AC meskipun mesin AC menyala.

Ini bisa menjadi masalah yang sangat tidak nyaman di tengah cuaca panas.

  1. Kompresor AC Berbunyi Kasar

Jika Anda mendengar suara berisik atau kasar dari kompresor AC saat dihidupkan, ini bisa menjadi indikasi bahwa expansion valve mengalami masalah.

Suara tersebut biasanya muncul karena tekanan tidak seimbang dalam sistem AC.

  1. Suhu Tidak Stabil

Sistem AC mobil yang sehat harus menjaga suhu di dalam kendaraan tetap stabil. Jika Anda merasa suhu berfluktuasi secara tak terduga, expansion valve bisa menjadi biang keladinya.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Kenapa Ac Mobil Hrv Panas

Mengapa Expansion Valve Rusak

Expansion valve AC mobil bisa rusak karena beberapa alasan. Beberapa alasan yang mungkin menyebabkan kerusakan pada expansion valve termasuk:

  1. Kondisi Umur AC

Salah satu penyebab umum dari rusaknya expansion valve adalah usia AC yang sudah tua. Seiring berjalannya waktu, komponen-komponen AC dapat mengalami keausan dan kebocoran.

  1. Kontaminasi Refrigeran

Kontaminasi refrigeran juga bisa menjadi penyebab expansion valve rusak. Partikel atau kotoran dalam sistem AC dapat merusak komponen ini dan menyebabkan gangguan.

  1. Overpressure

Jika tekanan dalam sistem AC melebihi batas yang aman, expansion valve bisa terlalu terbebani dan akhirnya rusak. Hal ini sering terjadi karena pengisian freon yang berlebihan.

ciri expansion valve ac mobil rusak

Penyebab Expansion Valve Tersumbat

Sekarang, mari kita lihat beberapa penyebab umum dari tersumbatnya expansion valve:

  1. Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu adalah salah satu penyebab utama tersumbatnya expansion valve.

Saat udara mengalir melalui sistem pendingin, partikel-partikel debu dan kotoran dapat terperangkap dalam refrigeran. Ini dapat mengendap dan menyumbat expansion valve.

  1. Refrigeran yang Tidak Tepat

Pemilihan refrigeran yang tidak sesuai dengan rekomendasi produsen AC juga dapat menyebabkan expansion valve tersumbat.

Refrigeran yang tidak sesuai dapat mengubah karakteristik aliran refrigeran dan menyebabkan masalah pada expansion valve.

  1. Karat dan Korosi

Jika ada kelembaban yang masuk ke dalam sistem pendingin AC, itu dapat menyebabkan karat dan korosi.

Karat dan korosi dapat merusak komponen dalam sistem, termasuk expansion valve, yang akhirnya dapat menyebabkannya tersumbat.

  1. Umur Pakai

Seperti semua komponen, expansion valve juga memiliki umur pakai.

Jika AC Anda sudah berusia cukup lama dan belum pernah diganti expansion valve-nya, maka kemungkinan besar komponen ini sudah aus dan perlu diganti.

Solusi untuk Masalah Expansion Valve Rusak

Jika Anda menghadapi masalah dengan expansion valve yang rusak pada sistem pendinginan, berikut beberapa solusi yang mungkin dapat membantu:

  1. Periksa dan Ganti Expansion Valve

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa expansion valve. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya minta bantuan dari teknisi AC terampil. Jika memang rusak, valve ini perlu diganti.

  1. Servis AC Secara Berkala

Untuk mencegah masalah expansion valve, lakukan servis AC secara berkala. Ini akan membantu menjaga sistem AC tetap dalam kondisi baik dan memperpanjang umur komponennya.

  1. Jaga Tekanan Refrigeran

Penting untuk selalu menjaga tekanan refrigeran dalam batas yang aman. Hindari pengisian freon berlebihan yang dapat merusak expansion valve.

ciri expansion valve AC mobil rusak

SHARE THIS POST​

Ingin Reservasi Sekarang?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Artikel Terbaru

5 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita

Sedang mencari Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Wanita, disini kami akan memberikan pilihannya kepada anda. Tentu saja kami memberikan daftar dengan harga yang terjangkau, serta

Waspada! Ini 4 Bahaya Mobil Terobos Banjir

Selain merusak infrastruktur dan tempat tinggal, banjir dapat membahayakan kendaraan bermotor, termasuk mobil. Terobosan mobil melalui banjir tidak hanya menghadirkan risiko nyata bagi keselamatan pengemudi